Bea Cukai Tingkatkan Sinergi dan Koordinasi untuk Memperkuat Pengawasan Dari Segala Lini

Oleh Liputan6.com pada 18 Apr 2021, 17:07 WIB
Diperbarui 18 Apr 2021, 17:09 WIB
Bea Cukai Tingkatkan Sinergi dan Koordinasi untuk Memperkuat Pengawasan Dari Segala Lini
Perbesar
(Foto:Dok.Bea Cukai)

Liputan6.com, Jakarta Bea Cukai di berbagai wilayah kembali melaksanakan sinergi dan koordinasi dengan berbagai instansi. Hal ini dilakukan dalam rangka memperkuat pengawasan dari segala lini.

Plt. Kepala Subdirektorat Komunikasi dan Publikasi Bea Cukai, Hatta Wardhana mengatakan bahwa kegiatan sinergi dan koordinasi merupakan salah satu keharusan bagi setiap unit Bea Cukai dengan instansi lainnya dalam berkolaborasi menjalankan tugas negara.

“Dalam pengawasan, kami menyadari bahwa tidak bisa bekerja sendiri, sinergi sangat diperlukan. Kolaborasi diharapkan mampu mempermudah kerja sama dan komunikasi yang efektif saat kami melakukan pengawasan,” kata Hatta.

Beberapa kantor yang kali ini melakukan sinergi diantaranya Bea Cukai Tanjung Emas, Bea Cukai Pasar Baru, Bea Cukai Merauke, Bea Cukai Bengkalis, dan Bea Cukai Jayapura di masing-masing wilayah pengawasan bersama aparat penegak hukum dan instansi lainnya.

Bea Cukai Tanjung Emas melakukan kunjungan kerja ke Polda Jawa Tengah untuk menjamin kelancaran pelaksanaan tugas terutama dalam rangka penegakan hukum terkait peredaran narkoba.

Kegiatan serupa juga dilakukan Bea Cukai Kantor Pos Pasar Baru dengan Polda Metro Jaya yang bekerja sama dalam pencegahan penyelundupan gelap narkotika melalui barang kiriman pos. Direktur Reserse Narkoba Polda Metro Jaya sekaligus memberikan piagam penghargaan kepada Bea Cukai sebagai bentuk apresiasi atas berbagai penindakan terhadap narkotika yang telah dilakukan bersama.

Menurut Hatta, dukungan dari Polri terutama saat pengawasan dan penegakan hukum sangat Bea Cukai perlukan, agar pelaksanaan tugas dapat berjalan optimal. Kedepannya diharapkan kedua instansi saling bahu membahu dalam menciptakan pengawasan yang optimal.

“Penegak hukum yang solid dan kompak dapat mencerminkan citra positif kepada masyarakat, sehingga diharapkan dapat mengedukasi masyarakat agar tidak melakukan pelanggaran hukum terutama yang terkait dengan kepabeanan dan cukai,” imbuh Hatta.

Kemudian, kata Hatta, kerja sama juga dilakukan Bea Cukai Bengkalis dengan melakukan kunjungan koordinasi ke Kantor Pengadilan Negeri Kelas II Bengkalis membahas terkait upaya penegakan hukum khususnya di bidang kepabeanan dan cukai di Kabupaten Bengkalis.

Sementara itu dari wilayah Papua, sinergi dilakukan oleh Bea Cukai Merauke bersama Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pertahanan mengenai dinamika yang terjadi di batas-batas wilayah pengawasan Bea Cukai Merauke. Dengan adanya acara ini diharapkan keputusan-keputusan mengenai geopolitik Indonesia dapat dianalisis dengan akurat sehingga mencegah serangan dari luar baik secara langsung maupun tidak.

Bea Cukai Jayapura juga bersinergi dengan instansi-instansi di wilayah Papua dalam rangka menjaga keamanan serta pengawasan orang asing di masa pandemi, bersama Tim Pengawasan Orang Asing (TIMPORA) dengan melaksanakan Operasi Gabungan Tingkat Provinsi Papua Tahun 2021.

“Kolaborasi diharapkan mampu mempermudah kerja sama dan komunikasi yang efektif saat kami melakukan pengawasan,” harap Hatta.

 

(*)

Tag Terkait