Sukses

Dukung Pemulihan Pasca New Normal, Kebutuhan Pembiayaan Korporasi Meningkat

Penambahan pembiayaan melalui perbankan yang dilakukan oleh rumah tangga pada Maret 2021 masih terbatas.

Liputan6.com, Jakarta - Hasil survei Bank Indonesia (BI) mencatat kebutuhan pembiayaan korporasi pada Maret 2021 terindikasi meningkat. Saldo Bersih Tertimbang (SBT) kebutuhan pembiayaan korporasi pada Maret 2021 sebesar 16,6 persen, meningkat dibandingkan SBT pada Februari 2021 yakni 8,2 persen.

"Peningkatan kebutuhan pembiayaan terutama disampaikan oleh responden pada sektor Industri Pengolahan, Perdagangan, Pertanian, Perikanan dan Kehutanan, Konstruksi, serta Reparasi Mobil dan Motor," ungkap Kepala Departemen Komunikasi BI, Erwin Haryono, dalam keterangannya pada Jumat (16/4/2021).

Berdasarkan survei permintaan dan penawaran pembiayaan perbankan Maret 2021 BI, kebutuhan tersebut digunakan untuk mendukung aktivitas operasional, membayar kewajiban yang jatuh tempo, dan mendukung pemulihan pasca-new normal.

Pemenuhan kebutuhan pembiayaan didominasi oleh dana sendiri yang meningkat dengan porsi 51,6 persen, sementara porsi pinjaman perbankan dalam negeri dan pinjaman dari perusahaan induk terindikasi menurun dibandingkan dengan periode sebelumnya.

Kebutuhan pembiayaan korporasi pada tiga bulan yang akan datang (Juni 2021) diperkirakan meningkat dibandingkan bulan sebelumnya. Terindikasi dari SBT sebesar 28,5 persen, sedikit meningkat dari SBT 26,5 persen pada bulan sebelumnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pembiayaan Rumah Tangga

Sementara itu, penambahan pembiayaan melalui perbankan yang dilakukan oleh rumah tangga pada Maret 2021 masih terbatas. Pengajuan pembiayaan oleh rumah tangga tersebut terutama diperoleh dari Bank Umum, dengan jenis pembiayaan yang diajukan mayoritas berupa Kredit Multi Guna (KMG).

Dari sisi penawaran perbankan, penyaluran kredit baru pada Maret 2021 terindikasi lebih tinggi dibandingkan Februari 2021. Berdasarkan kelompok bank, meningkatnya penyaluran kredit baru pada Maret 2021 diperkirakan terjadi pada seluruh kategori bank dan untuk seluruh jenis kredit.

Dari perkembangan tersebut, penyaluran kredit baru diperkirakan tumbuh positif untuk keseluruhan triwulan I 2021, terindikasi dari SBT perkiraan penyaluran kredit baru sebesar 52,9 persen.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.