Harga Minyak Naik ke Posisi Tertinggi Baru dalam 4 Pekan

Oleh Tira Santia pada 16 Apr 2021, 08:40 WIB
Diperbarui 16 Apr 2021, 09:00 WIB
Ilustrasi Harga Minyak Naik
Perbesar
Ilustrasi Harga Minyak Naik (Liputan6.com/Sangaji)

Liputan6.com, Jakarta Harga minyak mentah dunia mencapai posisi tertinggi dalam empat minggu terakhir. Pemicunya, laporan data ekonomi AS yang positif dan perkiraan permintaan yang lebih tinggi dari Badan Energi Internasional (IEA) dan OPEC ketika negara-negara mulai pulih dari pandemi COVID-19.

Melansir laman Financialpost, Jumat (16/4/2021), usai naik hampir 5 persen pada Rabu, kontrak harga minyak berjangka Brent naik 36 sen, atau 0,5 persen menjadi USD 66,94 per barel. Sementara harga minyak mentah AS West Texas Intermediate (WTI) naik 31 sen, atau 0,5 persen menjadi USD 63,46 per barel.

Posisi harga ini merupakan penutupan tertinggi untuk kedua benchmark tersebut sejak 17 Maret, untuk hari kedua berturut-turut.

Ini menempatkan harga kedua kontrak minyak itu naik untuk hari keempat berturut-turut untuk pertama kalinya sejak Februari.

"Minyak mulai terhubung kembali dengan ekuitas yang kuat dengan bantuan lebih lanjut dari melemahnya dolar," kata Jim Ritterbusch, presiden Ritterbusch and Associates di Galena, Illinois.

 

Ilustrasi Harga Minyak Naik
Perbesar
Ilustrasi Harga Minyak Naik (Liputan6.com/Sangaji)

Tercatat jika penjualan ritel AS rebound lebih dari yang diharapkan pada Maret karena orang Amerika menerima pemeriksaan bantuan pandemi tambahan. Dan karena vaksinasi COVID-19 memungkinkan keterlibatan kembali ekonomi yang lebih luas.

Laporan data dan optimis perihal pendapatan dari beberapa perusahaan membantu mendorong indeks S&P 500 dan Dow Jones ke rekor tertinggi, mendukung harapan rebound ekonomi yang lebih luas.

Dolar AS berada di jalur untuk jatuh ke level terendah empat minggu terhadap sekeranjang mata uang.

Dolar yang lebih lemah membuat minyak lebih murah bagi pemegang mata uang lainnya, yang menurut para pedagang membantu mendukung harga minyak mentah.

2 dari 2 halaman

Saksikan Video Ini

Lanjutkan Membaca ↓