BI Minta Perbankan Turunkan Bunga Kredit untuk Dukung UMKM

Oleh Dian Tami Kosasih pada 15 Apr 2021, 18:57 WIB
Diperbarui 15 Apr 2021, 18:57 WIB
BI Kembali Pertahankan Suku Bunga Acuan di 5 Persen
Perbesar
Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo menyampaikan hasil Rapat Dewan Gubernur (RGD) Bank Indonesia di Jakarta, Kamis (19/12/2019). RDG tersebut, BI memutuskan untuk tetap mempertahankan suku bunga acuan 7 Days Reverse Repo Rate (7DRRR) sebesar 5 persen. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Liputan6.com, Jakarta - Membantu pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), Gubernur Bank Indonesia (BI), Perry Warjiyo tengah terus mengimbau penurunan bunga kredit, sehingga pemulihan ekonomi dapat berjalan maksimal.

Memaksimalkan upaya ini, terdapat beragam arahan yang akan diberikan BI khusus meningkatkan kinerja UMKM.

"Pertama kita harus bersinergi bersama-sama mendorong dunia usaha melalui kredit, khususnya kepada UMKM. BI telah menurunkan suku bunga kebijakannya menjadi 3,5 persen terendah sepanjang sejarah. Sudah saat perbankan mengikuti ajakan kami dengan menurunkan suku bunga kredit," kata Perry, secara virtual, Kamis (15/4/2021).

Tak hanya itu, Perry juga berharap bila upaya dan pembinaan pelaku UMKM bisa dilakukan berbagai pihak terkait. Hal ini diharapkan mampu meningkatkan kinerja UMKM lebih maksimal.

"Kami berharap terdapat dorongan dari perbankan untuk dunia usaha, baik dari produksi dan SDM, sehingga UMKM bisa tumbuh berdaya saing," ujarnya.

2 dari 3 halaman

Harapan BI

BI Tahan Suku Bunga Acuan 6 Persen
Perbesar
Gubernur BI Perry Warjiyo memberikan penjelasan kepada wartawan di Jakarta, Kamis (20/6/2019). RDG Bank Indonesia 19-20 Juni 2019 memutuskan untuk mempertahankan BI7DRR sebesar 6,00%, suku bunga Deposit Facility sebesar 5,25%, dan suku bunga Lending Facility sebesar 6,75%.(Liputan6.com/Angga Yuniar)

Selanjutnya Perry juga berharap sistem digitalisasi mampu semakin berkembang, baik dari sisi pembayaran, digitalisasi perbankan hingga digitalisasi UMKM.

"Sehingga UMKM bisa memasarkan produknya melalui platform-platform digital. Insyaallah 12 juta merchantkhususnya UMKM tersambung secara nasional," tuturnya.

Hal terakhir yang ditekankan Perry ialah komitmen dari seluruh pihak untuk mendukung program Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI).

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Lanjutkan Membaca ↓