Sukses

Harga Minyak Melonjak Hampir 5 Persen Didorong Sinyal Lonjakan Konsumsi BBM

Harga minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) AS ditutup USD 2,97 atau 4,94 persen lebih tinggi pada USD 63,15 per barel.

Liputan6.com, Jakarta - Harga minyak melonjak lebih dari 4 persen pada perdagangan Rabu (Kamis waktu Jakarta), setelah laporan dari Badan Energi Internasional, diikuti oleh data inventaris AS meningkatkan optimisme tentang kembalinya permintaan minyak mentah.

Dikutip dari CNBC, Kamis (15/4/2021), harga minyak mentah berjangka Brent naik USD 2,91 atau 4,57 persen menjadi USD 66,58 per barel. Harga minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) AS ditutup USD 2,97 atau 4,94 persen lebih tinggi pada USD 63,15 per barel.

Persediaan minyak mentah AS turun 5,9 juta barel pekan lalu, kata Administrasi Informasi Energi (EIA) melebihi perkiraan analis untuk penurunan 2,9 juta barel. Stok minyak mentah Pantai Timur mencapai rekor terendah.

Laporan EIA menunjukkan, pasokan bensin pada minggu terakhir, menunjukkan konsumsi bahan bakar AS, naik menjadi 8,9 juta barel per hari, tertinggi sejak Agustus.

Stok bensin naik tipis 309.000 barel, kurang dari ekspektasi kenaikan 786.000 barel. Stok distilasi turun 2,1 juta barel dalam seminggu, dibandingkan ekspektasi kenaikan 971.000 barel.

"Secara keseluruhan, itu adalah laporan yang sangat mendukung," kata Phil Flynn, Analis Senior di Price Futures Group di Chicago.

“Tampaknya kami benar-benar mendapatkan pengembalian ke beberapa jumlah permintaan yang lebih solid dan itu akan membuat kami terus maju," lanjut dia.

Di awal sesi, harga minyak naik karena laporan dari Badan Energi Internasional yang memperkirakan permintaan dan pasokan minyak global akan menyeimbangkan kembali pada paruh kedua tahun ini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tambahan Produksi

Ia menambahkan bahwa produsen mungkin perlu memompa tambahan 2 juta barel per hari untuk memenuhi permintaan yang diharapkan.

“Laporan IEA tersebut adalah salah satu laporan terbaik yang kami lihat mereka publikasikan beberapa waktu kemudian dalam hal optimis tentang berlanjutnya rebound permintaan,” kata John Kilduff, Partner di Again Capital di New York.

Demikian pula, Organisasi Negara Pengekspor Minyak pada Selasa menaikkan perkiraan permintaan globalnya sebesar 70.000 barel per hari dari perkiraan bulan lalu dan sekarang memperkirakan permintaan global akan meningkat sebesar 5,95 juta barel per hari pada tahun 2021.

Tanda-tanda pemulihan ekonomi yang kuat di China dan Amerika Serikat telah mendukung kenaikan harga baru-baru ini, tetapi peluncuran vaksin yang terhenti di seluruh dunia dan melonjaknya kasus COVID-19 di India dan Brasil telah memperlambat kemajuan pasar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.