BRI Ajak Para Pekerja Peduli Terhadap Isu Lingkungan, Sosial dan Tata Kelola

Oleh Reza pada 14 Apr 2021, 18:58 WIB
Diperbarui 14 Apr 2021, 18:58 WIB
Bank BRI
Perbesar
Lingkungan, sosial dan tata kelola (LST) merupakan salah satu cara untuk mencapai value bagi setiap perusahaan.

Liputan6.com, Jakarta Lingkungan, sosial dan tata kelola (LST) merupakan salah satu cara untuk mencapai value bagi setiap perusahaan. LSt yang disebut juga environmental, social and governance (ESG) untuk aktivitas bisnis, seperti yang dijalankan oleh Bank BRI kepada seluruh pekerja BRI yang berjumlah tak kurang dari 124 ribu orang di seluruh Indonesia.

Mengutip Sustainability Report BRI 2020, perseroan terus meningkatkan kesadaran dan komitmen pekerjanya terhadap praktik LST melalui tiga cara. Pertama, BRI menggelar Sustainable Finance Award yang diberikan kepada pekerja yang paling inovatif dan mampu menciptakan serta melaksanakan kegiatan terkait keuangan berkelanjutan.

Kedua, perseroan menggelar festival governance, risk and compliance secara periodik sebagai bagian dari transformasi culture yang sedang berlangsung. Dan yang terakhir cara ketiga, BRI secara aktif menggelar pendidikan secara online atau e-learning melalui aplikasi BRISMART untuk meningkatkan kesadaran pekerja mengenai masalah dan risiko ESG. Beberapa materi yang diajarkan diantaranya yakni strategi anti fraud, anti suap, anti pencucian uang dan pendanaan terorisme serta tata kelola teknologi informasi dan keamanan data.

Corporate Secretary BRI Aestika Oryza Gunarto menyampaikan bahwa upaya perseroan tersebut diatas merupakan bentuk komitmen BRI sebagai first mover on sustainable banking di Indonesia.

“Pengembangan kompetensi staf pada pemahaman kebijakan serta prosedur sosial dan lingkunganserta penerapannya dalam setiap kegiatan usaha yang dijalankan BRI merupakan salah satu faktor kunci dalam implementasi strategi keberlanjutan (sustainability) BRI,” ujarnya.

Upaya yang dilakukan oleh BRI pun membuahkan hasil. Sepanjang tahun 2020 terhitung terdapat 17 penghargaan bergengsi dari dalam dan luar negeri yang diraih BRI karena dinilai berhasil menjaga komitmen penerapan kerja berbasis prinsip ESG. Belasan penghargaan ini juga diterima BRI karena perusahaan mampu menjalani perannya sebagai lembaga keuangan untuk membentuk ekosistem keuangan berkelanjutan bagi masyarakat.

Beberapa apresiasi yang diterima BRI sepanjang tahun lalu terkait penerapan nilai-nilai ESG adalah penghargaan sebagai Best Issuer for Sustainable Finance dan Best Sustainability Bond dari The Asset Hongkong. Ada pula penghargaan Innovative Company For Embracing Strat-up Collaboration For Digital Ecosystem dari Digital Innovation Award 2020.

BRI juga masuk daftar Top 1000 World Banks: BRI ranked 1st in Indonesia rilisan The Banker. Tak hanya itu, perusahaan mendapat penghargaan sebagai BUMN dengan Penerapan GCG Terbaik dari BUMN Track, dan Keterbukaan ESG Emiten Sektor Perbankan Terbaik serta Keterbukaan ESG Bank Kategori Buku IV Terbaik dari Beritasatu.

Pada penghujung tahun lalu, BRI kembali mendapat penghargaan sebagai Bank Pendukung UMKM Terbaik (Bank BUKU 3 & 4) dan Bank Pengelola Kas Titipan Terbaik di Daerah Terdepan, Terluar, dan Terpencil (3T) dari Bank Indonesia, serta masuk dalam daftar Forbes Best of The Best 50 High Performing Public Listed Company yang diterbitkan Forbes Indonesia.

 

(*)