Buktikan Punya 'Peta Jalan' Layanan Digital Ecosystem, Telkom Ikut Pameran Bergengsi Hannover Messe 2021

Oleh stella maris pada 14 Apr 2021, 18:21 WIB
Diperbarui 14 Apr 2021, 18:22 WIB
PT Telkom
Perbesar
PT Telkom.

Liputan6.com, Jakarta PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk Telkom fokus bertransformasi menjadi perusahaan telekomunikasi digital. Untuk mencapai hal tersebut, Telkom pun fokus pada tiga domain bisnis digital dengan memboyong beberapa solusi digital meliputi digital connectivity, digital platform, dan digital  service untuk ditampilkan pada pameran yang digelar secara virtual pada 12-16 April 2021. 

Ya, pameran virtual itu merupakan pameran teknologi industri terbesar di dunia, yaitu Hannover Messe. Pameran ini sebenarnya berlangsung sejak 74 tahun lalu. Namun pandemi Covid-19 membuat pameran ini diselenggarakan secara virtual. 

Meski harus menghadapi kondisi seperti sekarang ini, tentu tidak menjadi halangan ataupun mengurangi antusiasme para pemain teknologi industri, untuk turut serta pada pameran internasional ini, termasuk Telkom. 

Untuk diketahui, Hannover Messe memfokuskan pada beragam isu terkini dalam teknologi dan solusi industri manufaktur,  termasuk penerapan teknologi pada revolusi industri 4.0. Pameran ini mengambil tema Industrial  Transformation, dan paviliun indonesia sebagai partner country melengkapinya dengan tema Making  Indonesia 4.0 serta didukung dengan tagline Connect to Accelerate. 

Dengan tema ini Telkom dapat  menunjukkan kepada dunia bahwa Telkom telah memiliki solusi untuk Indonesia mengimplementasikan strategi dan peta jalan untuk bersama revolusi industri ke-4 . 

Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah mengatakan, keikutsertaan Telkom dalam Hannover Messe  merupakan upaya untuk memperkenalkan Telkom sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di  Indonesia yang bergerak di sektor telekomunikasi dengan beragam portofolio produk unggulan, terutama  produk digital yang tengah digaungkan. 

“Suatu kebanggaan tersendiri bagi Telkom dapat berpartisipasi dalam kegiatan pameran internasional ini.  Dalam kegiatan ini, kami memperkenalkan berbagai inovasi produk dan layanan berupa teknologi digital  yang sejalan dengan revolusi industri 4.0,” ujar Ririek di Jakarta, Rabu (14/4). “Kehadiran Telkom pada pameran ini mempertegas dukungan Telkom dan BUMN terhadap transformasi industri 4.0 dengan  mempercepat agenda transformasi digital di Indonesia” tambahnya. 

Ada beberapa produk unggulan yang ditampilkan Telkom, seperti layanan fixed broadband IndiHome,  platform big data BigBox, solusi layanan IoT, layanan satelit Telkomsat dan solusi digital bagi berbagai  ekosistem, mulai dari Wonderin untuk ekosistem pariwisata hingga Pasar Digital (PaDi) UMKM sebagai  platform aplikasi aggregator e-commerce bagi UMKM. 

Industri saat ini menghadapi berbagai tantangan. Tidak hanya disrupsi karena perkembangan teknologi  tapi juga adanya pandemi Covid-19. Kondisi ini memberikan pengaruh yang sangat besar bagi kehidupan  masyarakat dan beragam sektor industri. Pola hidup dan kebutuhan masyarakat berubah. Pembatasan  aktivitas fisik mengakibatkan adopsi digital masyarakat meningkat lebih cepat. 

Dapat dikatakan, pandemi  Covid-19 telah mengakselerasi transformasi digital dalam berbagai aspek kehidupan. Telkom meyakini  bahwa digitalisasi di satu sisi telah mendisrupsi berbagai bidang dan sektor usaha. Namun di sisi lain,  digitalisasi juga memberikan peluang yang sangat besar bagi bangsa ini untuk dapat meningkatkan daya  saing secara cepat dan efisien. 

Pada akhirnya, Indonesia akan dapat melompat atau leapfrog untuk sejajar dengan negara maju dunia lainnya dalam waktu singkat. 

“Melalui pameran ini, Telkom ini memperlihatkan kesiapan dan komitmen kami untuk mengakselerasi  terwujudnya digitalisasi Indonesia. Kami meyakini dengan adanya digital dapat memberikan banyak  manfaat serta menjadikan Indonesia lebih baik dan sejajar dengan negara maju lainnya,” tutup Ririek. 

 

(*)