Terapkan 7 Kebiasaan Atur Uang biar Isi Tabungan Penuh

Oleh Helena Yupita pada 15 Apr 2021, 07:00 WIB
Diperbarui 15 Apr 2021, 07:00 WIB
Ilustrasi keuangan
Perbesar
Mulai menabung dan kumpulkan dana darurat dengan cara efektif yang bisa dilakukan di tengah pandemi virus corona yang melanda. (Foto: Unsplash)

Liputan6.com, Jakarta Menabung memang tidak akan mudah. ​​Anda harus menghentikan kebiasaan buruk dan mempelajari beberapa strategi baru. Kebanyakan dari orang akan sederhana tetapi perlu fokus dan disiplin.

Pertama-tama, perjelas mengapa Anda ingin mulai menabung. Kebanyakan orang berfikir untuk masa pensiun. Namun ada juga yang berfikir untuk berlibur atau membeli suatu hal.

Seperti yang sudah diketahui, menabung itu tidak mudah, maka Anda harus mengubah perspektif jika ingin menabung lebih banyak.

Bersikaplah sengaja dan pikirkan apa yang akan dihasilkan jika memiliki banyak uang bagi. Gunakan alasan ini sebagai awalan, jika dikemudian hari tergoda untuk menghabiskan uang, ingatlah mengapa Anda menabung sejak awal.

Melansir dari laman lifehack, Kamis (15/4/2021), berikut beberapa kebiasaan dalam mengatur keuangan yang lebih baik untuk membantu meningkatkan tabungan pribadi.

1. Jujurlah Tentang Kebiasaan Buruk Anda

Kebiasaan terpenting yang bisa dipelajari adalah menghadapi kenyataan. Alasan mengapa tidak bisa menabung untuk waktu yang lama adalah karena menunda. 

Tidak mudah untuk menabung sebanyak yang seharusnya. Lebih mudah untuk mengabaikan dan membelanjakan uang yang seharusnya ditabung.

Akui pada diri sendiri bahwa Anda telah membohongi diri selama beberapa waktu. Ini bukan untuk membuat diri merasa buruk. Sebaliknya, banggalah pada diri sendiri karena jujur ​​dan tunjukkan kasih sayang pada diri sendiri. 

Sekarang Anda sadar bahwa membawa kebiasaan buruk dan inilah waktunya untuk mulai berubah.

2. Tentukan Kebutuhan dan Keinginan

Seperti yang dinyatakan Paula Pant, "Anda mampu membeli apa pun, tetapi tidak semuanya". Inilah mengapa perlu membedakan kebutuhan dan keinginan.

Buat daftar barang yang benar-benar dibutuhkan. Kemudian, buat daftar keinginan untuk barang-barang seperti sepatu. smartphone terbaru, dan lainnya.

Anda tidak harus membeli semuanya dari daftar keinginan. Sebaliknya, pilih satu dan buat anggaran untuk itu. Simpan uang terlebih dahulu dan hadiahi diri Anda dengan salah satu barang dari daftar 'keinginan' tersebut setelah Anda mencapai tujuan menabung.

 

2 dari 4 halaman

3. Selalu Lacak Pengeluaran

Paradigma Menabung itu Merepotkan
Perbesar
Ilustrasi Menabung Credit: unsplash.com/Annie

Jika tidak dapat mengelola uang dengan baik, maka akan selalu membelanjakannya dengan buruk. Anda harus menjaga pengeluaran serendah mungkin sambil memiliki penghasilan tinggi. 

Masalahnya adalah mungkin Anda tidak meninjau keuangan secara teratur. Karena itu, mungkin akan boros dengan membayar lebih untuk layanan.

Sekali lagi, lacak pengeluaran menggunakan aplikasi pelacakan uang, untuk menunjukkan jumlah yang dibelanjakan setiap bulan.

4. Beralih Tanpa Kartu Kredit

Utang sering kali menjadi alasan terbanyak dari kita tidak bisa menabung. Anda mungkin memperoleh penghasilan yang layak, tetapi begitu memperhitungkan sewa, catatan mobil, dan kartu kredit, maka hanya memiliki sedikit uang.

Biasanya, utang kartu kreditlah yang menjadi penghambat tidak dapat mebaung. Cara terbaik untuk menghindari utang kartu kredit adalah dengan berhenti menggunakannya sama sekali.

Lupakan tentang mendapatkan poin. Tinggalkan kartu kredit mulai sekarang.

 

3 dari 4 halaman

5. Mengadopsi Aturan 30-Hari

Ilustrasi keuangan
Perbesar
Mulai menabung dan kumpulkan dana darurat dengan cara efektif yang bisa dilakukan di tengah pandemi virus corona yang melanda. (Foto: Unsplash)

Pernahkah Anda membeli sesuatu hanya untuk menyesali penjualan beberapa hari kemudian?

Jika demikian, aturan 30 hari tepat untuk Anda. Setiap kali akan melakukan pembelian baru, sisihkan beberapa uang selama 30 hari. 

Jika setelah 30 hari masih ingin membeli barang tersebut, lakukan saja. Ini tidak akan menghentikan semua pembelian yang buruk tetapi akan memotong yang paling tidak rasional.

6. Dapatkan Edukasi Di Mana Pun

Anda dapat mempelajari lebih lanjut dari pakar di podcast. Temukan beberapa podcast teratas yang memiliki tema bisnis, uang, dan bidang penting lainnya.

Dengarkan mereka secara rutin untuk menambah ilmu Anda dalam mengelola keuangan. Sedikit demi sedikit Anda akan mempelajari hal-hal baru dan terapkanlah itu.

7. Menyimpan Secara Otomatis

Berhenti mempercayai diri sendiri untuk menghemat uang. Tapi, janganlah merasa buruk, kita semua manusia dan rentan terhadap kesalahan. 

Sebaliknya, buat anggaran otomatis. Minta uang Anda ditransfer secara otomatis ke akun yang berbeda. Ambil langkah lebih jauh dan buka rekening tabungan eksternal. 

Dengan cara ini akan membuatnya lebih menantang untuk menarik uang pada rekening tabungan. Sekarang ketika hari gajian tiba, uang secara otomatis disimpan.

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Ini

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by