Sukses

4 Langkah untuk Mulai Bisnis Kuliner Bagi Pemula

Meningkatnya kebutuhan masyarakat untuk memperoleh makanan, menjadikan peluang bagi sebagian orang untuk memulai bisnis kuliner.

Liputan6.com, Jakarta Meningkatnya kebutuhan masyarakat untuk memperoleh makanan, menjadikan peluang bagi sebagian orang untuk memulai bisnis kuliner. Bisnis ini terbilang menjanjikan saat pandemi, pasalnya dengan imbauan agar tidak keluar rumah, banyak orang memanfaatkan beli makanan secara online. 

Sebagai pemula yang ingin terjun ke bisnis ini, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Dilansir liputan6, berikut kiat memulai bisnis kuliner. 

Pilih bisnis kuliner

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah menentukan bisnis yang diinginkan. Untuk kuliner, kamu perlu tahu jenis makanan apa yang ingin kamu jual. Kamu bisa mengikuti tren kuliner saat ini, seperti ayam geprek, soto atau minuman kekinian. 

Kamu bisa memulai usaha kuliner dengan ketertarikan dan juga kemampuan yang dimiliki. Selain itu, memulai usaha kuliner dengan usaha sesuai dengan ketertarikan sendiri bisa lebih niat dan juga berkomitmen dengan usaha yang kamu rintis tersebut.

Survey 

Saat menetapkan bisnis kuliner yang akan kamu jalani, alangkah baiknya kamu survey seluk beluk tentang bisnis tersebut. Mulai dari harga, persaingan, sampai pasar untuk bahan-bahan kuliner tersebut. 

Perlu diketahui, melakukan sebuah survey ini cukup penting untuk dilakukan dan jangan disepelekan. Pasalnya, dari survey inilah kamu bisa mengetahui bagaimana perkiraan daya beli masyarakat terhadap usaha kuliner kamu.

Modal awal

Setelah itu, kamu bisa menghitung modal awal untuk memulai bisnis kuliner tersebut. Jika memiliki modal yang kecil, kamu bisa berjualan secara online. Jangan takut, sudah banyak kok bisnis kuliner yang dimulai dari online. 

Berbeda jika kamu memiliki modal yang besar. Kamu bisa langsung bisa menyiapkan segala keperluan usaha kuliner dengan memiliki lokasi penjualan. 

Kulkas

Kulkas menjadi hal penting ketika kamu ingin bisnis kuliner. Pasalnya, bahan – bahan makanan bisa kamu simpan di dalam kulkas agar lebih awet dan tetap segar. 

Banyak orang yang masih ragu bagaimana cara membeli kulkas yang awet dan sesuai dengan kebutuhan. Pada akhirnya, banyak yang malah salah pilih dan mendapatkan kulkas yang tidak sesuai dengan kebutuhan karena tidak memikirkannya dengan matang terlebih dahulu. 

Tips membeli kulkas yang awet dan sesuai kebutuhan bisa diikuti agar tidak salah dalam memilih. Apalagi dengan berbagai bentuk dan kemudahan yang ditawarkan oleh banyak merek kulkas sekarang ini tentunya membuat kamu kebingungan dalam menentukan pilihan.

Sebelum membeli kulkas, tentukan terlebih dahulu berapa kapasitas kulkas yang kamu butuhkan. Dengan menjalankan bisnis kuliner, tentu kamu perlu kulkas yang besar yang bisa menampung bahan-bahan masakan.

Kulkas yang tepat untuk kebutuhan ini adalah Polytron Belleza Jumbo dan Belleza Jumbo Inverter. Untuk Belleza Jumbo, kamu bisa miliki tiga macam ukuran, 220 liter, 240 liter atau 260 liter, dengan kapasitas rak lebih lebar hingga 58 cm. Selain itu, kulkas ini memiliki Adjustable Tempered Glass Rack yang dapat dipindahkan sesuai kebutuhan.

Tak hanya itu, kulkas Belleza Jumbo memiliki fitur Removable Ice Twist Tray yaitu kompartemen es batu dapat dipindahkan dan Hybrid Deodorizer yang mampu menghilangkan bau tidak sedap.

Hampir sama dengan kulkas Belleza Jumbo, Belleza Jumbo Inverter juga memiliki keunggulan untuk menunjang bisnis kulinermu, akan tetapi kulkas ini dilengkapi dengan kompresor inverter yang mampu menghemat listrik sampai 20%. 

Dengan harga 2 jutaan, kamu sudah bisa memiliki kulkas dengan kapasitas yang besar serta keunggulan lainnya. Dengan begitu, bisnis kulinermu akan berjalan dengan lancar menggunakan kulkas dari Polytron. 

Coba deh!

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini