Sederet Ucapan Unik Sambut Ramadhan dari Menteri Jokowi, Ada Doa hingga Pantun

Oleh Tira Santia pada 13 Apr 2021, 16:10 WIB
Diperbarui 13 Apr 2021, 16:10 WIB
Ilustrasi Ramadan
Perbesar
Ilustrasi Ramadan (sumber: iStockphoto)

Liputan6.com, Jakarta - Tidak terasa bulan suci Ramadhan telah tiba. Tahun ini merupakan tahun ke-2 dimana seluruh umat muslim di dunia berpuasa di tengah pandemi covid-19 yang masih belum hilang.

Kendati masih adanya wabah pandemi covid-19, tidak menjadi kendala bagi semua umat muslim untuk menjalankan ibadah puasa. Bahkan banyak masyarakat yang antusias menyambut hari raya Ramadhan 1442 Hijriyah, termasuk beberapa menteri-menteri Kabinet Indonesia maju yang turut mengucapkan di media sosialnya masing-masing.

Berikut ucapan-ucapannya, yang telah dirangkum oleh Liputan6.com, Selasa (13/4/2021).

1. Menteri BUMN Erick Thohir

Dalam media sosial pribadinya, Menteri Erick Thohir  menggunggah sebuah foto yang bertuliskan Marhaban ya Ramadhan yang berlatarkan gambar Masjid.

 “Alhamdulillah, Ramadhan telah tiba. Bulan yang penuh nikmat, berkah, dan ampunan. Mari tingkatkan keimanan dan takwa. Semoga diampunkan segala dosa dan Ramadhan menjadikan kita pribadi yang lebih baik. Marhaban ya Ramadhan. Selamat menunaikan ibadah puasa,” tulis keterangan foto yang diunggah Erick.

2 dari 6 halaman

2. Menteri Keuangan Sri Mulyani

Gaya Menteri Keuangan Sri Mulyani tampil berjilbab di Aceh (Foto: Kementerian Keuangan Republik Indonesia)
Perbesar
Gaya Menteri Keuangan Sri Mulyani tampil berjilbab di Aceh (Foto: Kementerian Keuangan Republik Indonesia)

Serupa dengan Menteri BUMN, Menteri Keuangan Sri Mulyani juga mengunggah gambar masjid istiqlal yang ditambahkan ucapan “Selamat Menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan 1442 H.”

“Alhamdulillah. Allah Maha Besar telah mempertemukan lagi kita dengan bulan Ramadhan, yaitu bulan suci yang sangat istimewa bagi seluruh umat muslim. Bulan penuh rahmat, bulan untuk berbagi, dan bulan yang penuh ampunan dari Allah SWT,” tulis keterangan foto yang diunggah Sri Mulyani.

Disisi lain, Bendahara Negara itu juga mengajak masyarakat agar berdoa dan berikhtiar agar seluruh umat diberikan kemudahan dalam menjalankan ibadah puasa di tengah suasana pandemi Covid-19 yang masih menyelimuti keseharian kita dan di tengah musibah bencana alam yang dialami saudara lainnya.

Selain itu, Sri Mulyani juga mengingatkan agar seluruh umat muslim menjalankan ibadah puasa dengan tetap mematuhi dan menerapkan 3M (Memakai masker, Mencuci tangan, dan Menjaga jarak).

 

3 dari 6 halaman

3. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto

FOTO: Kemristek Beri GeNose C19 kepada Kemenko Perekonomian untuk Deteksi COVID-19
Perbesar
Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyampaikan keterangan saat menerima GeNose C19 dari Menristek Bambang Brodjonegoro di Gedung Kemenko Perekonomian, Jakarta, Senin (22/3/2021). GeNose C19 diharapkan dapat semakin dikenal dan dimanfaatkan secara lebih masif. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sama halnya dengan Menteri Keuangan, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto juga mengingatkan agar semua umat muslim tetap menjaga daya tahan tubuh, serta tetap menerapkan protokol kesehatan, dan disiplin dalam menjalankan 3M.

“Di tengah pandemi Covid-19 ini, jangan lupa untuk tetap menjaga daya tahan tubuh, serta tetap menerapkan protokol kesehatan, dan disiplin dalam menjalankan 3M. Kita berdoa Bulan Ramadhan ini membawa ampunan, keselamatan, ketaqwaan dan berkah untuk kita semua, negara dan bangsa Indonesia. Aamiin YRA,” tulis keterangannya.

4 dari 6 halaman

4. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno

sandiaga uno di bali
Perbesar
sandiaga uno di bali

Berbeda dengan Menteri-menteri sebelumnya, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno memiliki cara yang unik dalam menyampaikan ucapan selamat berpuasa kepada followersnya, yakni dengan berpantun.

“Mencukur rambut gaya Shahrukh Khan (tapi ketutupan peci). Potongannya rapih, tidak berantakan. Selamat menyambut bulan Ramadhan, Salah dan khilaf mohon dimaafkan,” tulis pantun Sandiaga Uno.

Diakhir keterangan, Sandiaga Uno menantang followersnya untuk membuat pantun serupa. “Alhamdulillah kita segera berjumpa dengan bulan suci Ramadhan, bulan yang penuh keberkahan. Mudah-mudahan puasa kita semuanya lancar dan diterima oleh Allah SWT. Yang punya pantun Ramadhan yang lebih keren, saya tunggu balasannya,” ujarnya.

 

5 dari 6 halaman

5. Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki

Menkop UKM Dorong Pelaku UMKM Terus Berinovasi Menangkap Peluang Saat Pandemi
Perbesar
Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki.

Tak ketinggalan, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki juga turut mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa 1442 H kepada followersnya di akun Instagram resminya @tetenmasduki_.

“Memasuki bulan Ramadhan yang suci ini, pertama-tama, saya mengucapkan mohon maaf lahir dan batin. Di bulan yang penuh berkah ini, semoga kita bisa kembali mengasah jiwa, ketajaman pikiran, dan kejernihan hati, agar bisa menjadi pribadi yang lebih baik lagi di kemudian hari,” tulis captionnya.

Demikian Menteri Teten sekaligus mendoakan agar berkah Ramadhan juga memberi rahmat bagi kita semuanya, terutama bagi para pelaku UKM dan Koperasi agar selalu diberikan berkah kesehatan dan semangat di tengah upaya pemulihan kesehatan dan ekonomi negeri ini.

6 dari 6 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓