Sukses

Penting! Ini Niat Puasa Ramadan dan Doa Berbuka Lengkap dengan Artinya

Niat puasa Ramadan dan doa berbuka beserta artinya penting untuk dihafalkan.

Liputan6.com, Jakarta - Sebagai salah satu rukun Islam, berpuasa di bulan Ramadan menjadi hal yang wajib dilakukan oleh setiap umat muslim.

Agar bisa menjalankan puasa dengan khusyu dan mendatangkan pahala di bulan Ramadan, maka harus diawali dengan niat dan diakhir dengan doa berbuka puasa yang benar.

Niat puasa Ramadan dan doa berbuka beserta artinya penting juga untuk dihafalkan. Bahkan, niat puasa Ramadan adalah hal yang wajib dilakukan, sehingga jika kamu tidak berniat maka puasa Ramadan tidak akan sah.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber tentang niat puasa Ramadan dan doa berbuka, seperti dikutip Selasa (13/4/2021).

Niat puasa Ramadan bisa diucapkan menggunakan bahasa Arab ataupun bahasa Indonesia. Bagi kamu yang mungkin sudah lupa atau untuk anak-anak yang baru mulai puasa pada tahun ini, bisa melihat niat puasa Ramadan di bawah ini.

Nawaitu shouma ghodin ‘an adaa-i fardhisy syahri romadhoona hadzihis sanati lillaahi ta’aala.

Artinya: “Aku niat berpuasa esok hari untuk menunaikan kewajiban di bulan ramadan karena Allah Ta’ala.”

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Doa Buka Puasa Ramadan

Ada dua versi doa puasa Ramadan untuk berbuka puasa. Salah satunya mungkin yang sering kamu gunakan dan sering didengar di televisi saat datangnya waktu berbuka puasa, yaitu:

Allahumma lakasumtu wabika aamantu wa’alaa rizqika afthortu birohmatika yaa arhamar roohimiin

Artinya: “Ya Allah karenaMu aku berpuasa, denganMu aku beriman, kepadaMu aku berserah dan dengan rezekiMu aku berbuka (puasa), dengan rahmat Mu, wahai Allah Tuhan Maha Pengasih.”

Sedangkan doa berbuka puasa yang kedua bersumber dari salah satu hadis Rasulullah SAW yang berbunyi:

Dzahabazh zhoma’u wabtallatil ‘uruqu wa tsabatal ajru insya Allah.

Artinya: “Telah hilanglah dahaga, telah basahlah kerongkongan, semoga ada pahala yang ditetapkan, jika Allah menghendaki.” (Hadits shahih, Riwayat Abu Daud)

Kamu tidak harus mengucapkan kedua doa puasa ramadan tersebut saat akan berbuka puasa. Kamu hanya perlu melafadzkan salah satunya dan bisa langsung makan setelah itu. Tapi ingat, jangan makan terlalu berlebihan.

Dengan mengenal doa-doa yang harus diketahui selama bulan ramadan ini, kamu bisa melakukan ibadah puasa dengan lebih khusyuk dan baik. Semoga amal ibadah kita di bulan ramadan diterima oleh Allah SWT.  

3 dari 3 halaman

Infografis Jadwal Imsakiah Ramadan 1441 Hijriah Wilayah DKI Jakarta

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.