6 Cara Mudah Punya Tabungan Gendut, Salah Satu Kuncinya Ya Konsisten!

Oleh Helena Yupita pada 16 Apr 2021, 06:00 WIB
Diperbarui 16 Apr 2021, 06:00 WIB
Menabung. Unsplash/Angie J
Perbesar
Menabung. Unsplash/Angie J

Liputan6.com, Jakarta Konsisten untuk menyimpan tabungan atau menabung memang bukan hal yang mudah bagi semua orang. Proses seseorang beralih dari yang awalnya tidak punya uang menjadi memiliki dan dapat digunakan untuk melunasi utang, membeli rumah, atau menabung untuk masa pensiun, semuanya membutuhkan kerja keras, perencanaan, dan disiplin.

Penting untuk membiasakan diri menabung secara teratur. Tabungan akan menjadi bantalan bagi Anda jika memiliki pengeluaran tak terduga yang muncul dalam anggaran atau jika tiba-tiba kehilangan pekerjaan atau musibah. 

Memiliki tabungan juga akan mempermudah untuk mencapai tujuan finansial Anda. Jika belum menabung secara teratur, tidak masalah. Ini belum terlambat!

Melansir dari laman the balance, Jumat (15/4/2021), inilah rencana yang dapat membantu Anda dari rekening kosong menjadi yang memiliki tabungan sehat. Serta bisa mengubah cara Anda menangani uang dengan lebih baik.

1. Membuat Anggaran

Anggaran berfungsi untuk membantu mendiagnosis masalah pada tabungan. Anda mungkin memiliki masalah pendapatan di mana tidak memiliki cukup uang untuk menutupi kebutuhan dasar.

Atau mungkin memiliki masalah pada pengeluaran, yang mana Anda terlalu banyak mengeluarkan uang dalam kategori tertentu atau secara keseluruhan. 

Dengan membuat anggaran maka dapat membantu mengidentifikasi masalah keuangan sehingga Anda dapat menemukan strategi agar menabung lebih mudah.

2. Mulai Dana Darurat

Sebuah dana darurat akan melindungi tabungan karena itu adalah uang yang disisihkan untuk menutupi tagihan dan biaya tak terduga. Jika masih memiliki utang, maka perlu memiliki sekitar satu bulan pengeluaran dalam dana darurat.

Jika ini terasa berlebihan, cobalah untuk menyisihkan sedikit demi sedikit uang untuk memulainya. Ini akan mempermudah untuk fokus pada tujuan yang lain karena setidaknya Anda telah memiliki simpanan pada dana darurat walaupun belum banyak. 

Jika tidak memiliki dana darurat, membangunnya harus menjadi prioritas utama sebelum Anda secara agresif membayar utang atau membeli barang lainnya.

2 dari 4 halaman

3. Terbebas dari Utang

Ilustrasi keuangan
Perbesar
Mulai menabung dan kumpulkan dana darurat dengan cara efektif yang bisa dilakukan di tengah pandemi virus corona yang melanda. (Foto: Unsplash)

Setelah berada di jalur yang benar dengan dana darurat, buatlah rencana pembayaran utang untuk melihat berapa banyak yang Anda hasilkan dalam pembayaran setiap bulan dan kemudian pikirkan tentang seberapa cepat hal itu akan berlalu.

Lakukan pengorbanan dalam anggaran sehingga Anda memiliki lebih banyak uang untuk digunakan pada utang setiap bulan. 

Kemungkinannya adalah Anda akan membayar lebih banyak utang dengan bunga daripada yang dihasilkan dari tabungan yang dimiliki saat ini. Namun, hal itu tidak masalah, tetaplah konsisten menabung dan segera lunasi semua utang.

4. Temukan Cara Menabung Setiap Hari

Ketika ingin menghemat uang, Anda harus berhemat. Temukan cara untuk menghemat pengeluaran pada toko bahan makanan, keperluan pribadi, dan tagihan bulanan. 

Pilih opsi yang lebih murah untuk menghemat semua pengeluaran Anda. Batasi jumlah yang dibelanjakan untuk hiburan sehingga hanya membelanjakan untuk hal yang paling penting. Buat sasaran untuk mengurangi beberapa pengeluaran dan jadikan itu sebagai rutinitas bulanan. 

Penting untuk diperhatikan bahwa saat menjalani proses ini, pastikan Anda masih mengizinkan diri sendiri mendapatkan uang saku dan sejumlah uang untuk dibelanjakan untuk berbagai hal sehingga Anda tidak merasa kekurangan dan kesal saat mencoba menabung.

3 dari 4 halaman

5. Prioritaskan Tabungan

Paradigma Menabung itu Merepotkan
Perbesar
Ilustrasi Menabung Credit: unsplash.com/Annie

Setelah keluar dari utang dan menabung, penting untuk memiliki tujuan yang jelas untuk tabungan tersebut. Anda mungkin ingin membeli rumah, melakukan liburan, atau membeli mobil. 

Akhirnya, sebagian dari tabungan mungkin dialokasikan untuk membangun kekayaan, membeli properti investasi, atau berinvestasi di pasar saham. 

Singkatnya, mengetahui apa tujuan tabungan Anda, akan sangat membantu untuk tetap termotivasi dalam mencapai tujuan tabungan tersebut.

6. Jadikan Menabung sebagai Kebiasaan

Jika menjadikan menabung sebagai kebiasaan seumur hidup, ini dapat membantu menghilangkan stres dalam mengelola uang. Saat memprioritaskan menabung, Anda akan mulai mencari tau harga secara otomatis sebelum pergi ke toko. Ini akan membantu menghentikan pembelian impulsif dan membuat lebih sadar akan apa yang dibelanjakan. 

Anda juga dapat membangun tabungan secara otomatis dengan transfer bulanan dari jumlah yang ingin ditabung. Yang penting adalah memulai dari yang kecil dan memasukkan kebiasaan ini ke dalam kehidupan sehari-hari. 

Anda tidak dapat mengharapkan situasi keuangan berubah sampai menjadikan kegiatan menabung sebagai prioritas.

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Ini

Lanjutkan Membaca ↓