Sukses

Tingkatkan Kemampuan Wirausaha, Bukalapak dan Facebook Gelar Pelatihan Komunitas Digital

Bukalapak dan Facebook mengadakan program pelatihan untuk para pelaku UMKM

Liputan6.com, Jakarta Bukalapak dan Facebook mengadakan program pelatihan untuk para pelaku UMKM yang bertajuk Facebook Community Manager Certification Programme.

Program pelatihan ini digelar bagi sejumlah pelapak di Bukalapak dan bertujuan untuk meningkatkan kompetensi manajemen komunitas berbasis online terutama melalui platform Facebook Group.

Dengan kesamaan misi Bukalapak dan Facebook dalam memberikan dampak positif terhadap perkembangan pelaku usaha kecil dan menengah serta memberdayakan UMKM di Indonesia, program pelatihan ini juga diharapkan dapat bermanfaat bagi pelaku usaha dalam mengembangkan keterampilan mengelola bisnisnya.

Facebook Community Manager Certification Programme adalah sebuah inisiatif dari Facebook yang tidak hanya ditujukan bagi pelaku UMKM, namun juga bagi para pemimpin komunitas, baik yang ada di organisasi non-pemerintahan dan non-profil.

Program ini diharapkan dapat bermanfaat untuk meningkatkan keterampilan para peserta dalam memberdayakan dan menghubungkan komunitas online agar semakin diakui dan tervalidasi sebagai pengelola komunitas dari Facebook.

Sebanyak kurang lebih 200 Ranger atau local leaders Komunitas Bukalapak yang aktif di berbagai kota di seluruh Indonesia berkesempatan mengikuti program pelatihan ini pada 9 April 2021. Setelah mengikuti program pelatihan ini, para Ranger terpilih dapat mengikuti ujian untuk mendapatkan sertifikasi sebagai Facebook Community Manager secara gratis.

“Meskipun kita masih di dalam situasi pandemi, Bukalapak terus berupaya membantu para pelaku UMKM lokal agar dapat menjaga ketahanan bisnisnya, salah satunya melalui program-program edukasi dan pemberdayaan agar mereka bisa terus berkembang dalam menjalankan usahanya. Semoga setelah mengikuti program pelatihan ini, para pelapakdapat juga menjadi perpanjangan tangan dari Bukalapak dalam mengatur dinamika di komunitas kotanya masing-masing dengan baik,” ujar Ian Agisti Dewi Rani, Merchant Community & Engagement Lead Bukalapak.

“Memberikan kemampuan bagi orang-orang untuk membangun komunitas adalah misi penting kami di Facebook. Di Indonesia, Facebook hadir untuk mendukung komunitas dan bisnis di Indonesia baik besar maupun kecil untuk menggunakan teknologi digital dan memberikan dampak ekonomi dan sosial bagi masyarakat, salah satunya denganmemberikan program Facebook Community Manager Certification. Melalui program ini, kami berharap para pelapak di Bukalapak bisa mendapatkan keahlian untuk membangun dan mempertahankan komunitas, memperluas koneksi serta mencapai tujuan komunitas,” tambah Grace Clapham, Director of Community Partnerships Facebook menuturkan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bukalapak Siap Dampingi Alumni Kartu Prakerja untuk Berbisnis Online

Bukalapak baru saja meluncurkan Kartu Pekerja Business Hub untuk memfasilitasi para alumni program Kartu Prakerja. Inisiatif ini nantinya akan mendampingi para alumni Kartu Prakerja memulai bisnis digital dengan bergabung di ekosistem Bukalapak.

Kehadiran inisiatif ini diharapkan dapat pula menumbuhkan para wirausaha baru sekaligus meningkatkan kesejahteraan peserta program Kartu Prakerja.

Nantinya, para alumni akan mendapat pendampingan Bukalapak mulai dari tahap profiling, sesi edukasi lewat Bincang Inspirasi, mempertemukan peserta dengan top seller/brands yang membuka jasa reseller, hingga proses onboarding untuk berjualan di platform marketplace dan mitra Bukalapak.

"Kolaborasi yang baik ini dapat memfasilitasi para alumni Kartu Prakerja menjadi reseller, sekaligus juga menjadi wirausaha yang menciptakan produk dengan brand untuk mendukung kampanye Bangga Buatan Indonesia," tutur Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto.

Dalam keterangan resmi yang diterima, Selasa (6/4/2021), CEO Bukalapak Rachmat Kaimuddin menuturkan kehadiran inisiatif ini tidak lepas dari program Kartu Prakerja yang telah mendigitalisasi jutaan orang sekaligus membawa mereka mendapatkan pengalaman transaksi secara digital.

Di samping itu, jumlah peserta yang mengambil kelas digital marketing juga terbilang tinggi. Kondisi itu lantas dianggap menunjukkan adanya animo besar dari masyarakat untuk berjualan online, sehingga Bukalapak menghadirkan inisiatif ini.

"Akhirnya kami terinspirasi dan terdorong untuk membuat Kartu Prakerja Business Hub ini. Diharapkan dengan hadirnya inisiatif dari kami ini, semakin banyak wirausahawan online baru yang lahir di Indonesia dan semoga menjadi entrepreneur sukses," tutur Rachmat.

VP of Marketplace Bukalapak, Kurnia Sofia Rasyada juga mengatakan alumni Kartu Prakerja yang bergabung dalam inisiatif ini akan mendapat sejumlah keuntungan, seperti fee termurah, fitur berjualan yang lengkap, bergabung dengan komunitas pelapak dan mengikuti program pengembangan berkelanjutan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.