Diingat Lagi, Alur Penerimaan Pendaftaran Sekolah Kedinasan 2021

Oleh Andina Librianty pada 12 Apr 2021, 15:00 WIB
Diperbarui 12 Apr 2021, 15:01 WIB
Sekolah Kedinasan
Perbesar
Ilustrasi Sekolah Kedinasan. Dok https://dikdin.bkn.go.id/

Liputan6.com, Jakarta Pendaftaran sekolah kedinasan 2021 resmi dibuka sejak Jumat 9 April 2021. Sebanyak 29 sekolah kedinasan dari delapan instansi membuka 6.464 formasi calon peserta ajar untuk jadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) hingga 30 April 2021.

Penerimaan atau pendaftaran sekolah kedinasan merupakan bagian dari seleksi CASN 2021. Diawal sekolah kedinasan, kemudian berlanjut dengan penerimaan CPNS dan PPPK.

Menteri Pendayagunaan dan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Tjahjo Kumolo, menegaskan bahwa proses seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN), dimulai dengan sekolah kedinasan 2021, tidak dipungut biaya. Oleh sebab itu, ia meminta masyarakat untuk berhati-hati agar tidak tertipu.

"Ini tidak dipungut biaya. Untuk semua yang mau daftar, pendaftaran ini tidak dipungut biaya," kata Tjahjo dalam konferensi pers pada Jumat (9/4/2021).

Buat yang minat ikut pendaftaran sekolah kedinasan 2021, disimak dulu jadwal penerimaannnya, seperti melansir laman https://dikdin.bkn.go.id/:

1. Pengumuman

Pengumuman Pendaftaran Sekolah Kedinasan mulai tanggal 1 - 8 April 2021 menyesuaikan status tanggap darurat Non Bencana Pandemi Covid-19

2. Pendaftaran Peserta

Pendaftaran Sekolah Kedinasan dibuka tanggal 9 - 30 April 2021 menyesuaikan status tanggap darurat Non Bencana Pandemi Covid-19

3. Ujian SKD

Pelaksanaan Ujian SKD (Seleksi Kompetensi Dasar) dilaksanakan pada bulan Mei - Juni 2021 (tentative) menyesuaikan status tanggap darurat Non Bencana Pandemi Covid-19

4. Seleksi Lanjutan

Pelaksanaan Seleksi Lanjutan diatur oleh masing-masing Sekolah Kedinasan, jadwal dan format ujian menyesuaikan status tanggap darurat Non Bencana Pandemi Covid-19

 

 

Yuk Daftar, 6.464 Formasi CPNS Sekolah Kedinasan Buka sampai 30 April 2021

Ilustrasi Sekolah Kedinasan. Dok https://dikdin.bkn.go.id/
Perbesar
Ilustrasi Sekolah Kedinasan. Dok https://dikdin.bkn.go.id/

Pendaftaran sekolah kedinasan 2021 resmi dibuka sejak Jumat (9/4/2021) kemarin. Sebanyak 29 sekolah kedinasan dari delapan instansi membuka 6.464 formasi calon peserta ajar untuk jadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) hingga 30 April 2021.

Proses pendaftaran sekolah kedinasan dilakukan melalui Sistem Seleksi Calon ASN (SSCASN) Badan Kepegawaian Negara (BKN) pada laman dikdin.bkn.go.id. Untuk lokasi seleksi akan dilakukan di Kantor Pusat BKN, Kanreg dan UPT BKN, serta lokasi mandiri yang diselenggarakan oleh masing-masing sekolah kedinasan.

Plt Deputi bidang SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Teguh Widjinarko, menjelaskan alokasi siswa untuk sekolah kedinasan tersebut merupakan upaya pemerintah untuk membentuk CPNS di bidang teknis.

"Melalui sekolah kedinasan ini, kita mencari lulusan yang spesifik. Sehingga sesuai dengan arahan Bapak Presiden bahwa memperbanyak tenaga teknis," ujarnya, seperti dikutip Sabtu (10/4/2021)

Pendaftaran sekolah kedinasan sendiri dibuka pada 9-30 April 2021. Dalam memilih sekolah kedinasan, Teguh menyarankan calon pelamar harus yakin dengan pilihannya karena hanya dapat memilih satu sekolah kedinasan.

Dia juga menjelaskan berkas-berkas yang diperlukan untuk daftar jadi CPNS sekolah kedinasan. Beberapa berkas tersebut adalah pas foto, KTP atau surat keterangan, Kartu Keluarga, ijazah atau surat keterangan lulus, rapor SMA/sederajat, serta dokumen lain yang diatur masing-masing instansi.

Saksikan Video Ini

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by