Hanya Digaji USD 1, Bos Facebook Mark Zuckerberg Habiskan Rp 341 Miliar Biaya Bodyguard

Oleh Liputan6.com pada 13 Apr 2021, 21:00 WIB
Diperbarui 13 Apr 2021, 21:00 WIB
Mark Zuckerberg
Perbesar
Mark Zuckerberg, Founder sekaligus CEO Facebook. (Doc: Wired)
Liputan6.com, Jakarta Meningkatnya sentimen negatif terhadap Facebook sepanjang tahun lalu, membuat perusahaan harus merogoh kocek lebih dalam untuk melindungi sang bos, Mark Zuckerberg.
 
Laporan terbaru menyebutkan jika biaya perlindungan terhadap Mark Zuckerberg tahun 2020 sekitar USD 23,4 juta atau lebih dari Rp 341 miliar (kurs USD 1 = Rp 14.600)
 
Dikutip dari Fox Business, Selasa (13/4/2021) biaya keamanan Zuckerberg naik tipis dari 2019. Dari sekitar USD 20,4 juta menjadi USD 23,4 juta tahun lalu.
 
Facebook menghabiskan USD 13,4 juta atau lebih dari Rp 195 juta untuk keamanan rumah serta selama perjalanan pribadinya. Juga USD 10 juta atau lebih dari Rp 146 miliar untuk keamanan tambahan bagi keluarga Zuckerberg.
 
"Peningkatan biaya pada tahun 2020 terutama disebabkan oleh perjalanan pribadi secara teratur, biaya yang berkaitan dengan protokol keamanan selama pandemi COVID-19, peningkatan cakupan keamanan selama pemilu AS 2020 dan periode lain dengan peningkatan risiko keamanan, dan peningkatan biaya personel keamanan," tulis dalam laporan perusahaan.
 
Peningkatan keamanan lebih ketat ini dilakukan usai pejabat keamanan perusahaan menyebut telah mengidentifikasi adanya ancaman khusus yang dialamatkan kepada Mark Zuckerberg.
 
Zuckerberg diketahui hanya memiliki gaji USD 1 atau kurang dari Rp 15.000 dalam setahun. Sebagai orang nomor satu perusahaan, Facebook juga menyebut Zuckerberg tidak mengambil bonusnya sebagai eksekutif.
 
Meski begitu, secara keseluruhan Mark Zuckerberg menghabiskan lebih dari USD 25 juta atau hampir Rp 370 miliar untuk kompensasinya.
 
Ini termasuk USD 23,4 juta biaya keamanan yang sudah disebutkan sebelumnya, serta tambahan USD 1,8 juta atau sekitar Rp 26 miliar untuk biaya pesawat pribadinya.
 
2 dari 3 halaman

Biaya Mahal Keamanan CEO Teknologi

Kantor Amazon Dihebohkan Ancaman Bom
Perbesar
Jeff Bezos, sang CEO Amazon juga sedang berada di dalam gedung saat itu.
Bersamaan dengan resiko tinggi jabatannya sebagai orang penting perusahaan, serta berbagai persoalan yang menyeret Facebook dalam beberapa tahun terakhir, tidak mengherankan kalau Zuckerberg punya biaya perlindungan selangit.
 
Tapi Zuckerberg sebenarnya tidak sendirian. Meski terbilang jauh lebih kecil dari biaya yang dikeluarkan Facebook untuk Zuckerberg, beberapa petingi perusahaan teknologi raksasa lainnya juga punya biaya keamanan yang tidak kalah fantastis.
 
Seperti dikutip dari Business Insider, masih dari satu perusahaan yang sama, salah satu eksekutif Facebook yang menjabat sebagai COO perusahaan, Shreyl Sandberg diketahui pada tahun 2019 menghabiskan biaya USD 4,3 miliar untuk biaya keamanannya.
 
Ada juga nama salah satu pendiri Oracle, Larry Page yang diketahui setiap tahunnya menghabiskan USD 1,6 miliar untuk menjaga keamannya. 
 
Selain itu, sebagai orang terkaya di dunia, Jeff Bezos juga tidak luput dari daftar miliarder dengan biaya keamanan termahal. Bezos diperkirakan menggelontorkan USD 1,6 miliar tiap tahun untuk memproteksi keamanannya.
 
Kebutuhan untuk meningkatkan keamanan Bezos ini ditengarai buntut dari skandal penyadapan ponselnya beberapa tahun silam.
 
Begitupun dengan CEO dari Alphabet induk dari Google, Sundar Pichai yang diketahui punya biaya keamanan USD 1,2 juta per tahun pada tahun 2018. Perusahaan menaikkan nilainya hampir dua kali lipat dari tahun sebelumnya beberapa bulan pasca adanya serangan penembakan di kantor Youtube.
 
 
Reporter: Abdul Azis Said
 
 
 
 
 
3 dari 3 halaman

Saksikan Video Ini

Lanjutkan Membaca ↓