Sukses

Wamendag: Sektor Jasa Punya Peran Penting Pulihkan Ekonomi

Selama pandemi covid-19 terdapat sektor jasa yang terdampak kuat dengan adanya pandemi seperti jasa pariwisata, transportasi dan distribusi.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga mengatakan, terdapat 3 sektor perdagangan jasa yang sangat berperan penting dalam pemulihan ekonomi Indonesia dampak pandemi covid-19. Salah satunya jasa telekomunikasi.

Hal itu disampaikan sosialisasi persetujuan kerangka kerja Asean di bidang jasa ASEAN Framework Agreement on Services (AFAS) dan persetujuan perdagangan jasa ASEAN Trade on Services (ATISA), di Bekasi, Senin (12/4/2021).

Memang selama pandemi covid-19 terdapat sektor-sektor jasa yang terdampak kuat dengan adanya pandemi seperti jasa pariwisata, transportasi dan distribusi.

“Sektor jasa yang berperan penting untuk recovery ekonomi yaitu jasa telekomunikasi, komputer dan jasa infrastruktur seperti jasa keuangan, transportasi, distribusi dan logistik,” kata Wamendag.

Menurutnya, moda perdagangan jasa yang paling terdampak adalah yang melibatkan interaksi langsung atau fisik antara penyedia jasa dan konsumen, yaitu moda 2 (consumption abroad) dan moda 4 (movement of natural persons).

“Kondisi tersebut mendorong penyediaan secara moda 1 (cross-border supply), seperti online retail, online health dan online education,” ujarnya.

Wamendag, menegaskan, perdagangan jasa terbukti meningkatkan perekonomian Indonesia. Untuk itu, diperlukan pembangunan sektor jasa yang menyeluruh dan berkelanjutan, dalam rangka mendukung salah satu visi dan misi RPJMN 2020-2024, yakni mewujudkan bangsa yang berdaya saing.

“Sosialisasi ini penting untuk memastikan dan juga menegaskan manfaat-manfaat hasil dari perundingan. Kita perlu sediakan sosialisasi khususnya dengan para pengusaha. Pemerintah dalam hal ini Kementerian Perdagangan sudah melakukan negosiasi, Indonesia sudah menyelesaikan 22 perundingan perdagangan,” kata Wamendag Jerry.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kembali Pulih

Kendati begitu, Wamendag menegaskan meskipun sektor jasa terdampak. Namun dengan adanya perundingan perdagangan jasa bisa membantu dan mendorong para pelaku sektor jasa untuk tetap bertahan dan pulih kembali.

Adapun manfaat-manfaat dari perundingan perdagangan jasa, yakni pertama, adanya peningkatan kesadaran atas pentingnya kontribusi sektor jasa dalam perekonomian negara, dan mendorong usaha untuk membangun sektor jasa.

Kedua, pembangunan sektor jasa dilakukan melalui usaha yang dilakukan oleh pemerintah dan pelaku bisnis. Ketiga, pelaku bisnis bidang jasa akan secara aktif memasuki pasar (domestik atau internasional)

“Pemerintah berperan sebagai pembuat kebijakan dalam rangka pembangunan sektor jasa yang modern dan pembuka akses pasar sektor jasa di pasar internasional melalui perundingan perdagangan bidang jasa,” pungkasnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.