Sukses

6 Hal Populer yang Biasa Orang Lakukan saat Belanjakan Gaji Pertama

Sangat mudah untuk menghabiskan gaji pertama Anda dengan rasa kemandirian finansial dan otonomi sosial yang baru ditemukan, terutama jika Anda masih muda dan baru lulus.

Liputan6.com, Jakarta Ada banyak hal menarik yang datang dengan mendapatkan pekerjaan baru. Rekan kerja baru, jadwal baru dan mungkin yang terpenting adalah penghasilan tambahan.

Sangat mudah untuk menghabiskan gaji pertama Anda dengan rasa kemandirian finansial dan otonomi sosial yang baru ditemukan, terutama jika Anda masih muda dan baru lulus.

Apakah Anda memutuskan untuk mengambil jalan yang bertanggung jawab dalam menabung dan berinvestasi di masa depan atau membelanjakan secara lebih spontan, pilihannya tidak terbatas.

Berikut adalah 6 pembelian paling populer yang dilakukan orang-orang dengan gaji pertama mereka, dilansir dari laman Freemalaysiatoday.com, Selasa (13/4/2021).

1. Rekening tabungan

Menyimpan uang adalah salah satu keputusan paling cerdas yang dapat Anda buat di usia berapapun. Tidak peduli di mana Anda memulai, menyisihkan uang untuk masa depan memungkinkan lebih banyak kebebasan untuk melakukan aktivitas yang diinginkan di kemudian hari.

Tujuan setiap orang berbeda-beda; beberapa memilih untuk mulai menabung lebih awal untuk masa pensiun sementara yang lain menggunakan penghasilan mereka untuk bepergian atau membeli rumah.

Pilih tujuan yang selaras dengan tujuan dan Anda akan memiliki cukup uang yang dihemat dalam waktu singkat untuk hidup sesuai keinginan. Jika Anda lebih cenderung menabung, ada banyak kiat luar biasa untuk memastikan Anda tetap cerdas secara finansial.

2. Furniture baru

Kemungkinan ketika seseorang mendapatkan pekerjaan pertama, mereka juga mendapatkan tempat tinggal sendiri untuk pertama kalinya.

Dalam hal ini, melengkapi apartemen yang baru disewa mungkin berada di urutan teratas daftar mereka adalah membeli furniture.

 

 

Saksikan Video Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Tiket pesawat

Bepergian selama akhir pekan bisa menjadi cara khusus untuk menghilangkan stres. Intinya, Anda membeli lebih dari sekadar tiket pesawat saat Anda berlibur ke tempat-tempat menarik.

Membuat kenangan baru membantu membuat waktu libur menjadi lebih bermakna dan Anda akan memiliki banyak cerita untuk dibawa kembali ke kantor. Jangan lupa, ada juga cara lain untuk berwisata.

Beli tiket bus, naik feri, atau cukup pergi ke cagar alam terdekat untuk tamasya santai untuk menghemat biaya tanpa mengorbankan kepuasan.

4. Transportasi

Transportasi umum adalah cara yang bagus untuk berkeliling, tetapi terkadang tidak dapat diakses dengan mudah. Sepeda atau skuter dapat membantu mempermudah perjalanan ke tempat-tempat lokal dan pusat transportasi di sekitar kota.

Jika Anda tidak dapat bepergian dengan transportasi umum atau lebih memilih bergerak sesuai keinginan Anda, dana yang baru tersedia dapat dianggap sebagai pembelian kendaraan baru.

Memiliki mobil sendiri juga dapat membantu Anda mendapatkan uang tambahan dengan berbagi tumpangan. Jika Anda mencari pekerjaan sampingan, ini mungkin cara yang harus Anda tuju.

 

3 dari 3 halaman

5. Tingkatkan perangkat elektronik

Elektronik yang ditingkatkan dapat membantu produktivitas dan kinerja pekerjaan. Namun, terlalu banyak mengganggu waktu menggunakan ponsel atau laptop dapat mempengaruhi etos kerja Anda. Pantau terus dengan aplikasi produktivitas bermanfaat yang memastikan Anda menggunakan waktu dengan bijak.

6. Peralatan memasak

Memasak adalah keterampilan yang dipelajari setiap orang dengan kecepatan mereka sendiri. Bagi banyak orang, keahlian kuliner mulai berkembang ketika mereka mulai hidup sendiri.

Orang dewasa muda yang memasuki dunia kerja mungkin perlu membeli peralatan masak yang cukup untuk persediaan dapur kecil dan mulai mengembangkan selera untuk makanan buatan sendiri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.