Ciptakan Regenerasi Milenial Berkualitas dan Berkualitas, BRI Andalkan 2 Program BFLP dan BBOP

Oleh stella maris pada 11 Apr 2021, 18:48 WIB
Diperbarui 11 Apr 2021, 18:57 WIB
BRI
Perbesar
BRI.

Liputan6.com, Jakarta Agar kualitas layanan yang diberikan perusahaan tetap terjaga dari waktu ke waktu, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk yang melayani Indonesia selama 125 tahun menilai bahwa persiapan terkait regenerasi sumber daya manusia dalam hal kepemimpinan harus dilakukan optimal. 

Dengan berorientasi pada pertumbuhan berkelanjutan, regenerasi kepemimpinan dalam tubuh BRI pun dilakukan dengan dua program andalan, yaitu BRIlian Future Leader Program (BFLP) dan BRILiaN Banking Officer Program (BBOP). Dua program andlan ini dilakukan untuk menjaring dan menyeleksi kandidat-kandidat bertalenta. 

Untuk diketahui BFLP adalah sebuah rekrutmen sekaligus pendidikan eksternal yang dibuka BRI untuk kandidat pemimpin di masa depan. Sementara BBOP atau rekrutmen sekaligus pendidikan untuk mempersiapkan pegawai baru di level Corporate Title Assistant.

“Program BFLP dan BBOP merupakan bagian dari proses regenerasi pegawai BRI. Melalui seleksi yang ketat dan terukur serta pendidikan yang mumpuni sesuai nilai-nilai perusahaan, maka akan didapatkan calon-calon pegawai berkualitas dan siap untuk berkarya,” ujar Corporate Secretary BRI Aestika Oryza Gunarto.

BFLP adalah program yang bisa diikuti calon pegawai lulusan S1 atau S2 dari universitas terkemuka dan memiliki IPK di atas 3,00 (untuk S1) dan 3,25 (untuk S2). Untuk mengikuti program BFLP, calon peserta harus dipastikan berusia maksimal 25 tahun dan 28 tahun untuk lulusan S1 dan S2. Sepanjang 2020, terdapat lebih dari 60 ribu lulusan S1 dan S2 yang mendaftar di program BFLP. 

BFLP dibagi menjadi dua jalur, yakni BFLP General dan BFLP IT. BFLP General adalah proses seleksi kandidat pemimpin BRI di masa depan yang dibuka bagi seluruh lulusan fakultas/jurusan universitas terkemuka di Indonesia. 

Kemudian, BFLP IT merupakan jalur seleksi khusus mereka alumni fakultas/jurusan teknik informatika, elektro, telekomunikasi, elektro telekomunikasi, sistem informasi, ilmu komputer, teknik jaringan, dan teknik komputer.

 

BRI
Perbesar
BRI.

Selama menjadi peserta BFLP, calon pegawai akan mendapat banyak manfaat diantaranya uang saku setiap bulan dari BRI, asuransi BRILife, dan kesempatan fast track career. 

Selain itu, selama pendidikan peserta BFLP dibekali pengetahuan perbankan secara umum dan pengetahuan BRI Group secara khusus. 

Tidak hanya ilmu berupa teori dan materi di kelas, peserta juga mendapatkan kesempatan untuk praktik langsung melalui program On Job Training (OJT) di unit kerja BRI Group. Peserta yang lulus program BFLP akan ditempatkan di berbagai Unit Kerja BRI Group.

Bila peserta berkeinginan untuk mendaftar sebagai pegawai di BRI selain dari BFLP, masih ada kesempatan untuk mengikuti seleksi BBOP yang merupakan program rekrutmen untuk calon pengisi jabatan di level corporate title assistant. Program ini terbuka bagi seluruh calon pegawai diutamakan lulusan S1 dari perguruan tinggi terakreditasi.

Program rekrutmen BFLP dan BBOP dari awal hingga selesai dilakukan secara gratis/tanpa dipungut biaya. Seluruh informasi mengenai rekrutmen pegawai BRI diinfokan dan diperbaharui secara berkala melalui https://e-recruitment.bri.co.id.

“BRI bertekad Memberi Makna Indonesia melalui program pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) atau Human Capital.  Tekad mulia tersebut diantaranya diimplementasikan dengan program BFLP dan BBOP untuk turut mendidik dan mengembangkan bakat-bakat generasi muda agar lebih optimal menghadapi dunia kerja,” ujar Aestika.

 

(*)