Pendaftaran Sekolah Kedinasan Dibuka, Didominasi Kemenhub

Oleh Andina Librianty pada 09 Apr 2021, 11:58 WIB
Diperbarui 10 Apr 2021, 07:16 WIB
Sekolah Kedinasan.
Perbesar
Sekolah Kedinasan.

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah pada hari ini, Jumat (9/4/2021), resmi membuka pendaftaran sekolah kedinasan 2021 secara serentak mulai pukul 09.21 WIB. Total ada 29 sekolah kedinasan yang membuka pendaftaran mulai dari 9 April hingga 30 April 2021.

Pendaftaran sekolah kedinasan dilakukan melalui sistem seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) yang dilaksanakan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN). Ada 8 Kementerian/Lembaga yang membuka pendaftaran.

"Penetapan sekolah kedinasan 2021 itu antara lain meliputi Politeknik Keuangan Negara, Institut Pemerintah Dalam Negeri (IPDN), Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN), Politeknik Siber dan Sandi Negara, dan Politeknik Statistika," jelas Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), Tjahjo Kumolo, dalam konferensi pers pengadaan CASN 2021 pada Jumat (9/4/2021).

Rinciannya antara lain, Politeknik Keuangan Negara STAN di bawah Kementerian Keuangan membuka 275 formasi, IPDN yang berada di bawah naungan Kemendagri sebanyak 1.164 formasi, dan Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN) dari BIN membuka 250 formasi.

Kemudian BSSN membuka 100 formasi untuk Politeknik Siber dan Sandi Negara, BPS membuka 600 formasi untuk Politeknik Statistika STIS, Poltekip dan Poltekim di bawah Kemenkumham membuka 600 formasi, serta Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (STMKG) yang dikelola BMKG membuka 265 formasi.

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dengan 21 sekolah kedinasan di bawah naungannya membuka 3.210 formasi.

Puluhan sekolah kedinasan ini antara lain Politeknik Transportasi Darat Indonesia, Politeknik Perkeretaapian Indonesia Madiun, Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan Tegal, Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran Jakarta, dan Politeknik Penerbangan Makassar.

Adapun Kementerian PANRB dan BKN masih belum menentukan lokasi seleksi. Namun intinya akan dilaksanakan di kantor pusat BKN, kantor regional atau UPT BKN, atau lokasi mandiri yang ditetapkan oleh sekolah kedinasan.

Video Pilihan Hari Ini

BERANI BERUBAH: Soto Gratis Warga Isoman