Sukses

Kabar Baik, Program Kartu Prakerja Berlanjut saat Pandemi Covid-19 Kelar

Program kartu prakerja disebut sukses meningkatkan keterampilan kerja peserta melalui beragam pelatihan yang ditawarkan.

Liputan6.com, Jakarta Program Kartu Prakerja dipastikan masih tetap berlanjut meski pandemi Covid-19 telah usai. Program ini disebut sukses meningkatkan keterampilan kerja peserta melalui beragam pelatihan yang ditawarkan.

Ini diungkapkan Direktur Eksekutif PMO Kartu Prakerja Denni Puspa Purbasari dalam webinar bertajuk Sosialisasi Penguatan Wirausaha Alumni Program Kartu Prakerja Melalui Pembiayaan KUR, Kamis (8/4/2021).

"Ini adalah apa yang dilakukan pasca program Prakerja, karena ini ekosistem kolaboratif kita nggak cuma akan berhenti di sini. Oke alumni selesai, thank you good bye enggak.Temen-temen masih bisa follow Instagram di @Prakerja.go.id dan disitu banyak pelatihan-pelatihan gratis dan program-program bagus yang teman-teman bisa ikuti," ujar dia.

Bahkan, usai pandemi Covid-19 nanti, program Kartu Prakerja bisa diikuti oleh kalangan masyarakat luas. Termasuk bagi mereka yang telah memperoleh Bantuan bagi Pelaku Usaha Mikro (BPUM) atau BLT UMKM.

"Penerima bansos lainnya juga bisa ambil Prakerja. Tetapi nanti di luar pandemi, di masa normal teman-teman yang penerima bansos lainnya boleh mengambil Kartu Prakerja," tambah Denni.

 

Saksikan Video Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Fokus Saat Ini

Dia bilang, keputusan untuk menunda perluasan penerima program Kartu Prakerja tersebut lantaran saat ini masih banyak masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19 belum memperoleh akses bantuan.

Sehingga, pemerataan penyaluran bansos menjadi penting untuk dilakukan di tengah situasi sulit ini.

"Di masa pandemi Covid-19 kita harus memeratakan bantuan pemerintah. Misalnya saja teman-teman tau penerima BPUM ga terima Prakerja, penerima bansos juga ga bisa ambil Prakerja ya untuk saat ini," ucap dia menekankan.

Oleh karena itu, dia mengimbau, kepada seluruh masyarakat yang telah menerima bantuan di luar Kartu Prakerja untuk bersabar terlebih dahulu saat ini.

Mengingat fokus manajemen PMO Kartu Prakerja hanya akan meloloskan peserta yang telah memenuhi ketentuan berlaku saat ini guna pemerataan penyaluran bansos.

"Jadi teman-teman tidak perlu berkecil hati, termasuk aparat desa dan sebangainya untuk mengikuti Kartu Prakerja. Karena manfaat Kartu Prakerja tidak berhenti sampai 31 Desember saja. Tapi InsyaAllah akan terus ada selama teman-teman juga mencarinya," tandasnya.

Reporter: Sulaeman

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Pemerintah membuka Program Kartu Prakerja sejak 2020 untuk membantu masyarakat yang terkena dampak pandemi Covid-19.

    Kartu Prakerja

  • Program Kartu Prakerja adalah program pengembangan kompetensi kerja & kewirausahaan berupa bantuan biaya yang ditujukan untuk pencari kerja.
    Program Kartu Prakerja adalah program pengembangan kompetensi kerja & kewirausahaan berupa bantuan biaya yang ditujukan untuk pencari kerja.

    Prakerja