Sukses

Amankan Pasokan Jabodetabek, Pertamina Kilang Cilacap Kirim Pertalite Lewat Laut

Pertamina Refinery Unit (RU) IV Cilacap sukses melakukan pengiriman perdana produk Pertalite melalui jalur laut di awal pekan ini.

Liputan6.com, Jakarta - Pertamina Refinery Unit (RU) IV Cilacap sukses melakukan pengiriman perdana produk Pertalite melalui jalur laut di awal pekan ini. Pengiriman ini menjadi bagian skema alih suplai kebutuhan BBM, menyusul insiden kebakaran tangki BBM T-301 di area Kilang Pertamina RU VI Balongan, Indramayu, Jawa Barat.

Dari Dermaga III Area Oil Movement (OM) 70 Komplek Pantai Teluk Penyu, Cilacap, kapal bernama lambung Ratu Ruwaidah ini bertolak langsung menuju Integrated Terminal Balongan.

“Ini komitmen kami guna mengamankan stok BBM untuk wilayah Jabodetabek yang sebelumnya disuplai dari Kilang Balongan,” ujar Area Manager Communication, Relations, & CSR Pertamina RU IV Cilacap, Hatim Ilwan, dikutip dari keterangan tertulis, Kamis (8/4/2021).

Hatim mengungkapkan loading Pertalite sejumlah 200 ribu barel atau setara 32 ribu kilo liter (KL) ini, sekaligus menjadi catatan sejarah pengiriman BBM khususnya Pertalite melalui jalur laut.

“Sebelumnya, sejak awal tahun ini Pertalite dari RU IV Cilacap dikirim ke Fuel Terminal Lomanis yang kemudian didistribusikan melalui jalur pipa ruas Cilacap – Yogyakarta dan Cilacap – Bandung,” jelasnya.

Masih menurut Hatim, keberhasilan ini menjadi wujud implementasi tata nilai BUMN, AKHLAK yakni Adaptif. Adaptasi kilang terbesar milik Pertamina itu ditunjukkan dengan membangun fasilitas tambahan sehingga Pertalite bisa loading via dermaga di Area OM 70 langsung ke kapal pengangkut.

“Ke depan dengan fasilitas ini kami bisa lebih fleksibel mengirim BBM, termasuk Pertamax dan Pertamax Turbo ke wilayah manapun,” ujarnya.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tambahan Produksi

Hatim menjelaskan, pengiriman Pertalite ini merupakan bagian dari tambahan produksi sebesar 400 ribu barel per bulan atau 20 persen dari produksi Pertalite RU IV sebelumnya yang sebesar 2 juta barel per bulan atau setara 320 juta liter.

“Pertalite merupakan Bahan Bakar Khusus (BBK) dengan Research Octane Number (RON) minimal 90 dan kandungan sulfur maksimal 500 ppm. Artinya Pertalite jelas lebih ramah lingkungan,” jelas Hatim.

Pengapalan perdana dari kilang terbesar milik Pertamina ini diawali doa bersama dan santunan anak yatim di Masjid Hasbunallah Area OM 70, dihadiri oleh General Manager (GM) RU IV, Joko Pranoto; SMOM, Didik Subagyo; tim manajemen dan section head. Doa bersama dipimpin oleh K.H. Hasan Makarim yang juga disebarluaskan melalui layar virtual.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.