Sukses

Pariwasata Mulai Bangkit, Bali Dikunjungi 8.000 Pelancong saat Libur Paskah

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menyebut sektor pariwisata sudah mengalami kebangkitan

Liputan6.com, Jakarta Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menyebut sektor pariwisata sudah mengalami kebangkitan dari dampak pandemi Covid-19 secara berangsur-angsur.

Melansir laman resmi Instagramnya, @sandiuno, kebangkitan itu terbukti dari meningkatnya jumlah wisatawan di libur paskah.

"Liburan paskah kemarin kami pantau di beberapa titik, seperti di destinasi pariwisata unggulan dan tulang punggung Bali, Jabodetabek, Batam dan Riau menunjukkan angka yang meningkat," ujar Sandi, dikutip Liputan6.com, Rabu (7/4/2021).

Menurut Sandi, selama libur paskah, sekitar 8.000 wisatawan domestik berkunjung ke Bali, baik melalui jalur udara maupun jalur penyebrangan.

"Bali menembus 8.000 wisatawan nusantara per hari melalui bandara Ngurah Rai dan Gilimanuk," ujarnya.

Sandi melanjutkan, hal ini perlu disyukuri karena membawa harapan bagi sektor pariwisata Indonesia.

Tak lupa, hal ini juga menjadi pengingat agar elemen masyarakat termasuk pelaku parekraf untuk mematuhi protokol kesehatan dengan ketat.

"Ini hal yang positif, hal yang betul-betul membesarkan hati dan semangat, dan ini harapan, pariwisata dan ekonomi kreatif akan bangkit," ujar Sandiaga Uno.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Libur Paskah 2021, Jumlah Penumpang Pesawat di Bandara Bali Cetak Rekor

 Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai - Bali pada momen libur Paskah selama 31 Maret - 4 April 2021, tercatat melayani 62.345 penumpang. Total penumpang tersebut diangkut 577 pesawat udara.

Kepadatan penumpang yang masuk Pulau Dewata terlihat pada Kamis (1/4/2021). Tercatat sebanyak 8.875 penumpang datang, sedangkan puncak arus balik terjadi pada 4 April 2021 dengan 9.907 penumpang berangkat.

"Pada momen libur Paskah tahun 2021, di Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai - Bali terdapat lonjakan penumpang harian mencapai 14.764 per hari, berbeda dengan hari biasa pada penerbangan adaptasi kebiasaan baru," ungka General Manager Kantor Cabang PT Angkasa Pura I (Persero) Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai - Bali, Herry A.Y Sikado, dalam keterangannya pada Selasa (6/4/2021).

Rincian penumpang yang dilayani selama 5 hari yaitu 29.588 penumpang berangkat melalui Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai - Bali dan 32.577 kedatangan penumpang. Sebanyak 289 pesawat udara untuk kedatangan dan 288 keberangkatan.

"Berdasarkan data yang dihimpun penumpang masuk Pulau Bali, 3 rute terbanyak berasal dari Jakarta, Surabaya dan Lombok, serta 3 maskapai penumpang terbanyak selama 5 hari masa libur paskah yakni Citilink Indonesia, Batik Air dan Lion Air," tutur Herry.

Berdasarkan data statistik, ini merupakan capaian tertinggi harian dengan 14.764 penumpang baik untuk kedatangan maupun keberangkatan di masa adaptasi kebiasaan baru pada 2021.

"Untuk antisipasi yang dilakukan Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai – Bali, kami konsisten dalam menerapkan protokol kesehatan baik dalam fasilitas pengecekan suhu tubuh, maupun tim yang kami siagakan untuk memonitoring pelaksanaan protokol kesehatan di Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai - Bali," ujar Herry.

Mengenai persyaratan penerbangan, ia mengimbau calon penumpang memperhatikan kelengkapan dokumen persyaratan penerbangan sesuai. Saat penumpang tiba, maka akan diperiksa kembali untuk memastikan uji tes kesehatan bebas dari Covid-19, begitu juga sebaliknya.

"Penumpang yang akan berangkat terlebih dahulu akan divalidasi dokumen uji tes kesehatan hasil negatif Covid-19," kata Herry.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.