Sukses

Sri Mulyani Bandingkan Ekonomi Indonesia dengan Negara G20, Mana Lebih Baik?

Kontraksi ekonomi yang terjadi di Indonesia tidak lebih besar jika dibandingkan dengan beberapa negara-negara lainnya.

Liputan6.com, Jakarta - Ekonomi Indonesia mengalami kontraksi selama 2020. Namun, Indonesia tidak sendiri. Sebanyak 170 negara lain juga mengalami hal yang sama. Bahkan, Bank Dunia mengatakan kontraksi ini menjadi terburuk dalam 150 tahun terakhir.

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengatakan, pandemi Covid-19 memberikan tekanan luar biasa ke dunia termasuk juga Indonesia. Akibatnya, ekonomi domestik tidak tertolong dan terkontraksi minus 2,07 persen di 2020.

"Pada 2020 kita kontraksi ekonomi adalah negatif 2,07 persen. Jadi kita termasuk 170 negara yang mengalami kontraksi," kata dia dalam Webinar IAEI, secara virtual, Selasa (6/4/2021).

Namun, tingkat keparahan terjadi terhadap Indonesia tidak lebih besar jika dibandingkan dengan beberapa negara-negara lainnya. Baik di ASEAN, G20, bahkan negara di dunia lainnya.

"Saya sering melakukan pembandingan supaya kita tahu karena hidup itu ada perspektif. Kita melihat kita tidak hidup sendiri, maka kita kemudian melihat berbagai perbandingan. Atau bahkan saya sekarang membandingkan juga negara-negara Islam di seluruh dunia, supaya kita bisa punya sense di mana kita berada," sebutnya.

Bendahara Negara itu mengatakan, jika dibandingkan negara-negara G20 kontraksi ekonomi Indonesia masih relatif baik. Tidak seperti Argentina dan beberapa negara lainnya yang justru mengalami kontraksi paling dalam.

Misalnya saja Prancis mengalami kontraksi ekonomi hingga minus 9 persen, India minus 8 persen, Italia minus 9,2 persen, Meksiko minus 8,5 persen, Inggris minus 10 persen. Atau negara-negara lain seperti Kanada minus 5,5 persen, Brasil minus 4,5, dan negara-negara seperti Saudi Arabia minus 3,9 persen. "Ini di G20," katanya.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

ASEAN

Sementara jika melihat ASEAN, memang Vietnam masih bisa tumbuh positif. Namun, negara-negara tetangga dekat Indonesia seperti Singapura, Filipina, Thailand, dan Malaysia semuanya tersungkur. Di mana masing-masing mengalami kontraski 6 persen, 9,6 persen, 6,6 persen, dan 5,8 persen.

"Ini negara-negara ASEAN yang relatif disebut ASEAN 5 biasanya Indonesia masuk di dalam konteks ini," jelasnya.

Selanjutnya, jika dibandingkan dengan negara-negara Islam lainnya, Indonesia juga masih relatif lebih baik angka pertumbuhan ekonominya. Sebab Iran masih minus 1,5 persen, Irak 12 persen, Kuwait 8 persen, Qatar 4,5 persen dan United Arab Emirates minus 6,6 persen.

"Poin saya adalah ini adalah situasi yang tidak memandang bulu siapa saja dihadapkan dan mengalami dampak konsekuensi yang luar biasa dan tentu dengan adanya kontraksi ekonomi akan terjadi konsekuensi kenaikan pengangguran kenaikan kemiskinan dan juga dampak kepada kesejahteraan masyarakat," tandasnya.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.