Libur Paskah 2021, Jumlah Penumpang Pesawat di Bandara Bali Cetak Rekor

Oleh Andina Librianty pada 06 Apr 2021, 10:45 WIB
Diperbarui 06 Apr 2021, 10:45 WIB
Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali yang dikelola Angkasa Pura I
Perbesar
Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali yang dikelola Angkasa Pura I (dok: AP I)

Liputan6.com, Jakarta Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai - Bali pada momen libur Paskah selama 31 Maret - 4 April 2021, tercatat melayani 62.345 penumpang. Total penumpang tersebut diangkut 577 pesawat udara.

Kepadatan penumpang yang masuk Pulau Dewata terlihat pada Kamis (1/4/2021). Tercatat sebanyak 8.875 penumpang datang, sedangkan puncak arus balik terjadi pada 4 April 2021 dengan 9.907 penumpang berangkat.

"Pada momen libur Paskah tahun 2021, di Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai - Bali terdapat lonjakan penumpang harian mencapai 14.764 per hari, berbeda dengan hari biasa pada penerbangan adaptasi kebiasaan baru," ungka General Manager Kantor Cabang PT Angkasa Pura I (Persero) Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai - Bali, Herry A.Y Sikado, dalam keterangannya pada Selasa (6/4/2021).

Rincian penumpang yang dilayani selama 5 hari yaitu 29.588 penumpang berangkat melalui Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai - Bali dan 32.577 kedatangan penumpang. Sebanyak 289 pesawat udara untuk kedatangan dan 288 keberangkatan.

"Berdasarkan data yang dihimpun penumpang masuk Pulau Bali, 3 rute terbanyak berasal dari Jakarta, Surabaya dan Lombok, serta 3 maskapai penumpang terbanyak selama 5 hari masa libur paskah yakni Citilink Indonesia, Batik Air dan Lion Air," tutur Herry.

 

Cetak Rekor Tertinggi

Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali. (Dewi/Liputan6.com)
Perbesar
Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali. (Dewi/Liputan6.com)

Berdasarkan data statistik, ini merupakan capaian tertinggi harian dengan 14.764 penumpang baik untuk kedatangan maupun keberangkatan di masa adaptasi kebiasaan baru pada 2021.

"Untuk antisipasi yang dilakukan Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai – Bali, kami konsisten dalam menerapkan protokol kesehatan baik dalam fasilitas pengecekan suhu tubuh, maupun tim yang kami siagakan untuk memonitoring pelaksanaan protokol kesehatan di Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai - Bali," ujar Herry.

Mengenai persyaratan penerbangan, ia mengimbau calon penumpang memperhatikan kelengkapan dokumen persyaratan penerbangan sesuai. Saat penumpang tiba, maka akan diperiksa kembali untuk memastikan uji tes kesehatan bebas dari Covid-19, begitu juga sebaliknya.

"Penumpang yang akan berangkat terlebih dahulu akan divalidasi dokumen uji tes kesehatan hasil negatif Covid-19," kata Herry.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by