Ramai Diperbincangkan, Jokowi Angkat Bicara Soal Pradesain Istana Negara Ibu Kota Baru

Oleh Athika Rahma pada 04 Apr 2021, 13:35 WIB
Diperbarui 04 Apr 2021, 13:35 WIB
Pradesain istana negara di Ibu Kota Negara (IKN) baru. Instagram@jokowi
Perbesar
Pradesain istana negara di Ibu Kota Negara (IKN) baru. Instagram@jokowi

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi turut buka suara soal pradesain istana negara di Ibu Kota Negara (IKN) baru, Kalimantan Timur. Desain istana negara ibu kota baru tersebut sempat menjadi perbincangan banyak pihak.

Melalui akun Instagram resminya @jokowi, Jokowi menjelaskan proses pemilihan desain bangunan di IKN yang digagas tahun lalu.

Dia pun memamerkan pradesain Istana Negara itu melalui IGTV berdurasi 2 menit 7 detik. "Tahun lalu, Kementerian PUPR mengundang beberapa arsitek dan seniman untuk memberikan masukan dan gagasan mengenai bangunan ikonik di ibu kota negara yang baru," ujarnya, dikutip Liputan6.com, Minggu (4/4/2021).

Dari undangan tersebut, sejumlah usulan pun masuk. Salah satunya adalah pradesain Istana Negara yang kini diperbincangkan. Ternyata, desain tersebut merupakan milik seniman patung kenamaan Nyoman Nuarta.

Menurut Jokowi, usulan bangunan Nyoman Nuarta sarat dengan filosofi lambang burung Garuda sebagai pemersatu bangsa sesuai semboyan Bhinneka Tunggal Ika.

Jokowi menegaskan, pradesain yang ditampilkan ini masih akan digodok hingga menjadi desain tetap. Tentunya, pengembangannya akan disesuaikan dengan beberapa perubahan tertentu.

"Karena itu, saya sangat mengharapkan masukan dari bapak, ibu, dan saudara-saudara semua tentang pradesain Istana Negara ini," ujar Jokowi.

Jokowi melanjutkan, dirinya ingin Istana Negara tidak hanya dikenang sebagai tempat Presiden bekerja atau menjadi simbol kebanggaan bangsa, tapi juga mencerminkan kemajuan bangsa.

"Dengan masukan-masukan itu nantinya, saya akan mengundang kembali para arsitek dan para ahli lainnya untuk melakukan pengkayaan pradesain menjadi basic desain Istana Negara," katanya.

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Joko Widodo (@jokowi)

2 dari 3 halaman

Istana Negara Dibangun Tahun Ini, Bappenas: Presiden Bisa 17 Agustusan 2024 di Ibu Kota Baru

Desain Ibu Kota Baru
Perbesar
Visual desain garuda di bangunan Istana Negara Ibu Kota Baru. (dok. tangkapan layar IGTV @suharsomonoarfa)

Kementerian PPN/Bappenas menegaskan pembangunan Ibu Kota Baru yang berlokasi di Kalimantan Timur akan menciptakan pusat-pusat pertumbuhan ekonomi baru.

Selain pembangunan Ibu Kota Baru juga akan mempercepat pemerataan ekonomi di seluruh Indonesia, hingga membuka jutaan lapangan kerja dengan tumbuhnya sektor-sektor ekonomi yang bernilai tambah tinggi.

Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa telah memastikan pembangunan Istana Presiden di Ibu Kota Baru sesuai Master Plan IKN akan mulai dibangun tahun ini.

Dengan perhitungan cermat tentang sasaran program vaksinasi dan tercapainya herd immunity, Kementerian PPN/Bappenas optimistis pembangunan Istana Negara dapat dimulai pada tahun ini dan akan rampung pada 2024.

“Kita optimistis, mudah-mudahan Istana Presiden bisa di-groundbreaking pada tahun ini. Tanggal 17 Agustus 2024 itu presiden bisa melaksanakan 17 Agustusan di Ibu Kota Negara baru,” ungkap Menteri Suharso dalam Rapat Kerja bersama Komisi XI yang digelar di Gedung DPR RI dikutip Kamis (1/4/2021).

Untuk pembangunan Istana Negara, Kementerian PPN/Bappenas dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat sudah menyelaraskan materi Rencana Induk Ibu Kota Negara dan Urban Design Ibu Kota Baru.

Pembangunan Ibu Kota Negara juga akan menciptakan struktur ekonomi Kalimantan Timur yang kokoh dan setara dengan negara maju, serta mempercepat peningkatan pendapatan per kapita masyarakat Indonesia agar setara dengan negara-negara berpendapatan tinggi.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Ini

Lanjutkan Membaca ↓