Sukses

140 Hotel Accor Group Siap Bantu Pasarkan Produk UMKM

Kementerian Koperasi dan UKM melalui Smesco Indonesia bekerja sama dengan jaringan hotel Accor Group untuk mendukung Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Koperasi dan UKM melalui Smesco Indonesia bekerja sama dengan jaringan hotel Accor Group untuk mendukung Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Kerja sama ini bertujuan membantu para pelaku UMKM di tengah pandemi Covid-19.

Senior Vice President Operations and Government Relations Accor Indonesia and Malaysia, Adi Satria, mengatakan kerja sama ini merupakan komitmen Accor untuk terus mendukung kegiatan UMKM.

Melalui kerja sama ini, jaringan hotel Accor yang tersebar di lebih dari 34 provinsi dan kota madya di Indonesia akan membantu menyukseskan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI) dan Bangga Berwisata Indonesia (BWI).

"Kami berkomitmen terus mendukung kegiatan UMKM yang saat pandemi ini juga merasakan kesulitan. Kami juga di pariwisata sangat berdampak karena pandemi. Kami sangat bersyukur dapat secara aktif mendukung pemerintah dan komunitas UMKM yang beroperasi di lingkungan hotel-hotel kita," ungkap Adi dalam dalam acara Penandatanganan MoU Kementerian Koperasi dan UKM melalui Smesco Indonesia dengan Accor Group pada Sabtu (3/4/2021).

Adi menjelaskan jaringan hotel Accor di Indonesia sebelumnya sudah aktif menggunakan produk-produk UMKM. Melalui penandatanganan ini, kerja sama dengan UMKM akan lebih ditingkatkan.

Beberapa hotel Accor yang sudah mendukung Gernas BBI antara lain Novotel Manado, Novotel Semarang, Ibis Balikpapan, dan Grand Mercure Surabaya City. Bentuk kerja sama pun bermacam seperti kolaborasi untuk dekorasi acara, penggunaan produk makanan, hingga mendukung bazar produk-produk UMKM.

Total lebih dari 140 hotel di Indonesia berada di bawah naungan Accor Group. "Kami bersyukur dengan Smesco Indonesia, kami bisa kerja sama lebih lanjut untuk mendukung seluruh kegiatan UMKM, yang nantinya bisa meningkatkan kondisi ekonomi yang sedang dilanda pandemi di Indonesia," tutur Adi.

MenkopUKM, Teten Masduki, menyambut baik upaya Accor untuk membantu memasarkan produk-produk UMKM di jaringan hotelnya.

"Kerja sama ini menjadi terasa istimewa di tengah pandemi Covid-19 karena UMKM terpukul dari permintaan, omzet turun, dan bermasalah dengan pembiayaan, jadi kerja sama ini akan sangat membantu. Ke depan kita berharap makin banyak produk UMKM yang bisa terhbung dengan ekosistem Accor Grup," kata Teten.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tingkatkan Branding UMKM

Ia berharap kolaborasi ini bukan sekadar showcase, tapi juga akan sangat bermanfaat dan penting untuk mempromosikan dan meningkatkan branding produk UMKM di jaringan hotel.

"Dari pihak kami pun berkepentingan untuk membantu standarisasinya agar ada nilai tambah. Misalnya minum kopi, karena kita di tiap daerah punya kekhasan kopi sendiri sehinga orang merasakan keberagaman Indonesia," jelasnya.

Direktur Utama Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi dan UKM (Smesco Indonesia), Leonard Theosabrata, menjelaskan terkait implementasi kerja sama ini, Smesco sudah membuka pendaftaran untuk UMKM binaannya. Lebih dari 600 UMKM telah mendaftar, dan selanjut akan diseleksi oleh pihak Accor dan Smesco.

Ia berharap nantinya kerja sama ini akan menyerap ribuan UMKM.

"Pak menteri (MenkopUKM, Teten Masduki) tadi bilang mungkin ada beberapa hal yang bisa kita lakukan bersama, tentunya ini untuk mencapai level yang lebih tinggi lagi serapannya di Accor," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.