Sukses

Kilang Balongan Dipantau 24 Jam, Antisipasi Api Muncul Lagi

PT Pertamina (Persero) hingga saat ini masih memantau perkembangan di Kilang Balongan, Indramayu meski semua tanki sudah berhasil dipadamkan

Liputan6.com, Jakarta PT Pertamina (Persero) hingga saat ini masih memantau perkembangan di Kilang Balongan, Indramayu meski semua tanki sudah berhasil dipadamkan pada Rabu (31/3/2021).

Senior Vice President Corporate Communication & Investor Relation Pertamina Agus Suprijanto mengatakan, pihaknya masih tetap melakukan pendinginan dan pengawasan di area tanki T-301 sambil memastikan tidak ada potensi api akan muncul lagi.

"Pengawasan 24 jam terus dilakukan dan Offensive fire fighting segera dilakukan apabila ditemui ada titik api yang muncul kembali," ucapnya kepada wartawan, Jumat (2/4/2021).

Sampai saat ini, peralatan pemadam dan foam tetap standby disekitar area tanki. Dijelaskan Agus, jika ada titik api yang mungkin muncul kembali memang sudah diantisipasi sebagai bagian dari proses pendinginan.

"Mohon dukungan dan doa dari seluruh masyarakat Indonesia agar kami dapat menangani insiden (kebakaran Kilang Balongan) ini hingga benar-benar aman," pungkas Agus. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pertamina: Seluruh Kebakaran di Kilang Minyak Balongan Sudah Padam

Direktur Utama PT Pertamina Nicke Widyawati memastikan kobaran api yang membakar tangki kilang minyak Balongan, Indramayu, telah padam.

"Saya ingin laporkan, empat tangki yang terbakar, titik apinya sudah berhasil dipadamkan," ujar Nicke saat ditemui di Legok, Rabu (31/3/2021).

Nicke melanjutkan, untuk memastikan tidak ada api yang menjalar ke tangki lain, pihaknya tengah melakukan pendinginan di area yang terbakar tersebut.

Dirinya juga memastikan, seluruh api yang melahap tangki di kilang minyak Balongan sudah padam.

"Hari ini semua kita pastikan titik api sudah padam semua, tidak ada lagi kemungkinan terjadi kebakaran lagi," katanya.

Ia mengatakan, Pertamina juga akan melakukan pengecekan terhadap kondisi peralatan di kilang minyak untuk memastikan persiapan operasional kilang minyak Balongan.

Nicke bilang, dari 180 hektare luas kilang minyak Balongan, kebakaran hanya menjalar di area tangki seluas 2 hektare.

"Dari 180 hektare, 178 hektarenya aman. Kemarin kita ajak (bersama media), keliling menggunakan bis, itu hanya 2 hektare di tangki T301 yang terbakar," ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.