Sukses

Baru Diresmikan Jokowi, Tol Serpong-Cinere dan Cengkareng-Kunciran Gratis 14 Hari

Jalan Tol Serpong-Cinere Seksi I Serpong-Pamulang dan Jalan Tol Cengkareng-Batu Ceper-Kunciran telah diresmikan dan mulai beroperasi pada hari ini, Kamis (1/4/2021).

Liputan6.com, Jakarta - Jalan Tol Serpong-Cinere Seksi I Serpong - Pamulang dan Jalan Tol Cengkareng - Batu Ceper - Kunciran telah diresmikan dan mulai beroperasi pada hari ini, Kamis (1/4/2021). Kedua jalan tol tersebut akan gratis selama 14 hari ke depan.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), Danang Parikesit. Tarif gratis tersebut merupakan bagian dari sosialisasi.

"Sosialisasi pengoperasian tidak berbayar dahulu," kata Danang kepada Liputan6.com pada Kamis (1/4/2021).

Kendati demikian, ia belum bisa memastikan mengenai besaran tarif untuk kedua jalan tol tersebut. Penetapan tarif akan dilakukan setelah ada surat keputusan dari Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

"Ditunggu saja SK tarifnya," tutur Danang.

Seperti diketahui, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Jalan Tol Serpong-Cinere sepanjang 10,14 km dan Tol Cengkareng - Batuceper - Kunciran sepanjang 14,19 km pada hari ini, Kamis (1/4/2021). Keduanya merupakan bagian dari ruas tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) II.

Jalan Tol Serpong-Cinere terdiri dari dua seksi. Seksi 1 ruas Serpong IC - Pamulang IC sepanjang 6,5 km, dan seksi 2 ruas Pamulang IC - Cinere IC sepanjang 3,64 km. Konstruksi untuk seksi 2 ditargetkan rampung pada 2023.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jokowi: Tol Serpong-Cinere dan Cengkareng-Kunciran Pecahkan Kemacetan Jakarta

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan Jalan Tol Serpong-Cinere dan Cengkareng-Batuceper-Kunciran dapat membantu memecahkan masalah kemacetan yang selama ini menumpuk di wilayah DKI Jakarta.

Jalan Tol Serpong-Cinere dan Cengkareng-Batuceper-Kunciran merupakan bagian dari ruas tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) II.

Hal tersebut disampaikan oleh Jokowi saat meresmikan Tol Serpong-Cinere ruas Serpong-Pamulang dan Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran pada hari ini, Kamis (1/4/2021).

"Jalan tol ini akan melancarkan mobilitas masyarakat, memecahkan kemacetan yang selama ini menumpuk di kota Jakarta, dan melancarkan mobilitas komuter di Jakarta maupun kota-kota lain di sekitar Jakarta," jelas Jokowi melalui YouTube Sekretariat Presiden pada Kamis (1/4/2021).

Selain itu, Tol Serpong-Cinere dan Cengkareng-Batuceper-Kunciran juga diharapkan melancarkan distribusi barang ke berbagai kawasan.

"Sehingga menghemat waktu tempuh dan menurunkan biaya logistik," sambungnya.

Jokowi mengatakan, jalan tol tidak hanya berfungsi menghubungkan antar wilayah, tapi juga meningkatkan daya saing daerah dan membangkitkan ekonomi di kawasan sekitarnya.

"Dan juga mempercepat pertumbuhan sentra-sentra ekonomi baru, dan mengembangkan simpul-simpul pertumbuhan ekonomi yang produktif," tuturnya. 

3 dari 3 halaman

Jokowi Resmikan Tol Serpong-Cinere dan Cengkareng-Kunciran

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Jalan Tol Serpong - Cinere sepanjang 10,14 km pada hari ini, Kamis, 1 April 2021. Jalan tol ini merupakan bagian dari ruas tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) II.

Jalan tol ini terbagi menjadi seksi 1 ruas Serpong IC - Pamulang IC sepanjang 6,5 km, dan seksi 2 ruas Pamulang IC - Cinere IC sepanjang 3,64 km. Konstruksi untuk seksi 2 ditargetkan rampung pada 2023.

Selain itu, Jokowi juga meresmikan Jalan Tol Cengkareng - Batuceper - Kunciran sepanjang 14,19 km.

"Alhamdulillah, Jalan Tol Serpong – Cinere Ruas Serpong – Pamulang sepanjang 10,1 km, dan jalan tol Cengkareng – Batuceper –Kunciran sepanjang 14,19 km telah selesai dan dapat digunakan," kata Jokowi dalam acara peresmian jalan tol yang ditayangkan melalui YouTube Sekretariat Presiden pada Kamis (1/4/2021).

Jokowi mengatakan, jalan tol ini merupakan bagian dari JORR II untuk melengkapi struktur jaringan jalan di kawasan metropolitan Jabodetabek dan akan melengkapi ruas tol JORR II di sisi barat.

"Pengoperasian jalan tol ini sangat dinantikan oleh masyarakat, terutama masyarakat Tangerang dan Tangerang Selatan karena dapat menjadi alternatif bagi masyarakat khususnya masyarakat Jawa Barat dan Jakarta bagian selatan untuk menuju Bandara Soekarno Hatta," jelasnya. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.