Sukses

Ini Kinerja CSR Antam Selama 2020 yang Fokus Tangani Pandemi Covid-19

Antam membantu dan berupaya mengembangkan usaha Mitra Binaanya, agar mampu bertahan di tengah pandemi COVID-19, melalui program kemitraan yang dilakukan di seluruh wilayah operasionalnya.

Liputan6.com, Jakarta Selama 2020, PT Antam Tbk (Antam) fokus pada penanganan pandemi Covid-19 di sekitar wilayah operasi. Melalui program Corporate Social Responsibility (CSR), Sekretaris Perusahaan Antam, Kunto Hendrapawoko menyampaikan bahwa perusahaan berkomitmen memberi manfaat berkelanjutan untuk mendukung terciptanya kemandirian wilayah. 

Dalam keterangan pers terkait kinerja 2020 pada (15/3), Antam menyebut pihaknya bersinergi dengan pemangku kepentingan dalam melakukan pencegahan dan penanganan pandemi. 

“Hal ini dilakukan agar program pengembangan masyarakat yang dijalankannya selaras dengan agenda pembangunan daerah demi mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan,” ujar Kunto. 

Kunto menambahkan, situasi yang penuh dengan tantangan tersebut tidak menyurutkan semangat Antam dalam melaksanakan Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) serta bantuan program kesehatan di sekitar wilayah operasional.

“Tercatat sepanjang tahun 2020, Antam telah merealisasikan total Rp25,59 miliar terkait kontribusi bantuan penanganan Covid-19,” kata Kunto. 

Ia juga menyebut, pada 2020, Antam mendapatkan penunjukan dari Kementerian Badan Usaha Milik Negara sebagai koordinator Satuan Tugas Bencana Nasional BUMN wilayah Provinsi Kalimantan Barat.

“Antam bersinergi dengan BUMN lain yang ada di wilayah Provinsi Kalimantan Barat dalam melakukan sosialisasi, pencegahan dan penanganan Covid-19,” paparnya. 

Pembangunan fasilitas pendukung penanganan Covid-19 di sekitar wilayah operasi pun dilakukan Antam.

“Kami juga terus mendukung percepatan penanganan Covid-19, melalui penyediaan rumah sakit ready Covid-19, penyediaan fasilitas PCR serta beberapa bentuk bantuan lainnya,” jelas Kunto.

Tak hanya itu, Antam  turut membantu dan berupaya mengembangkan usaha Mitra Binaanya, agar tetap mampu bertahan di tengah pandemi Covid-19. Melalui program kemitraan yang dilakukan di seluruh wilayah operasionalnya, di tahun 2020 Antam menyalurkan total dana sebesar Rp11,72 miliar. 

“Sebanyak Rp11,41 miliar telah disalurkan kepada 293 Mitra Binaan, sementara Rp0,31 miliar disalurkan dalam bentuk pembinanan kapasitas usaha,” imbuh Kunto. 

Kunto juga menyebut, sepanjang 2020, Antam menyalurkan Rp5,17 miliar melalui program Bina Lingkungan, dengan komposisi penyaluran terbesar untuk bantuan bencana alam dan non alam, bantuan kesehatan, bantuan sosial kemasyarakatan, bantuan pendidikan, bantuan sarana ibadah, serta bantuan pengembangan prasarana dan sarana umum.

Sementara itu, ketika ditanya rencana program CSR tahun 2021, Kunto menyebut ada empat pilar strategis yang menjadi fokus CSR Antam. 

“Untuk pelaksanaan CSR tahun ini akan berfokus pada Sinergi untuk Negeri yang dibagi menjadi empat pilar strategis yakni Sinergi Unggul, Sinergi Berdaya, Sinergi Lestari, dan Sinergi Harmoni,” kata Kunto. 

“Sebagai bagian dari Mining Industry Indonesia (MIND ID), pelaksanaan CSR Antam kedepannya akan berpedoman pada Panduan Keberlanjutan Lingkungan, Sosial, dan Tata Kelola (ESG) yang mengacu pada International Council on Mining & Metals (ICMM),” tutup Kunto.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini