Sukses

Harga Minyak Turun Usai Terusan Suez Bisa Dilalui Lagi

Harga minyak turun pada hari Selasa

Liputan6.com, Jakarta Harga minyak turun pada hari Selasa karena Terusan Suez dibuka kembali untuk lalu lintas dan dolar menguat.

Fokus di pasar bergeser ke pertemuan tingkat menteri OPEC + yang akan datang di mana analis memperkirakan grup tersebut akan memperpanjang pembatasan pasokan mengingat prospek permintaan yang redup.

Dikutip dari CNBC, Rabu (31/3/2021), harga minyak mentah Brent turun 84 sen, atau 1,3 persen, menjadi USD 64,14 per barel. Sementara harga minyak West Texas Intermediate AS mengakhiri sesi turun USD 1,01, atau 1,6 persen, pada USD 60,55 barel.

Kapal-kapal bergerak melalui Terusan Suez lagi sehari setelah kapal tunda mengapung kembali pengangkut kontainer Ever Given, yang telah memblokir jalur tersebut selama hampir seminggu. Tunggakan 422 kapal bisa dibersihkan dalam 3-1 / 2 hari, kata ketua kanal.

"Kenaikan harga yang terakumulasi selama blokade Suez, seperti yang diharapkan, berumur pendek dan sekarang sedang terhapus dengan kembalinya lalu lintas normal secara bertahap," kata analis pasar minyak Rystad Energy, Louise Dickson.

Dolar naik terhadap mata uang utama dan naik ke level tertinggi satu tahun terhadap yen. Ini membebani harga minyak karena penguatan greenback membuat minyak mentah yang dihargakan dalam dolar lebih mahal bagi pembeli dalam mata uang lain.

Dengan kekhawatiran tentang kekurangan pasokan fisik yang mereda, dia pasar akan menyaksikan pertemuan Organisasi Negara Pengekspor Minyak (OPEC) Kamis dan sekutunya termasuk Rusia, yang secara kolektif dikenal sebagai OPEC +.

Arab Saudi siap menerima perpanjangan pemotongan produksi hingga Juni dan untuk memperpanjang pemotongan tambahannya sendiri di tengah gelombang terbaru penguncian virus corona, kata sumber yang menjelaskan masalah tersebut pada hari Senin.

"Goyangan yang kita lihat pada harga berarti bahwa OPEC + kemungkinan akan perlu mengambil pendekatan yang hati-hati sekali lagi," kata bank ING. “Kami berpandangan bahwa grup kemungkinan akan menahan tingkat output tidak berubah,” tambahnya. Ini menjadi salah satu penggerak harga minyak.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sentimen OPEC

JPMorgan yakin OPEC + sebagian besar akan menghentikan pemotongan produksinya hingga Mei dan bahwa Arab Saudi akan memperpanjang pemotongan sukarela dua bulan lagi hingga akhir Juni.

"Kami mengharapkan aliansi untuk mulai menambah produksi dalam kenaikan 500.000 barel per hari (bpd) mulai Juni dan berlangsung hingga Agustus," katanya dalam catatan penelitian.

Penguncian yang diperbarui dan masalah dengan vaksinasi dapat mencegah pemulihan hingga 1 juta bpd permintaan minyak pada tahun 2021, kata Rystad Energy.

Salah satu tantangan dalam membatasi pasokan global adalah ekspor di bawah radar oleh anggota OPEC Iran ke China, mengabaikan sanksi AS dan PBB terhadap Teheran, menurut para pedagang dan analis.

China dapat menerima hingga 1 juta barel per hari minyak mentah Iran bulan ini yang disahkan sebagai minyak mentah dari negara lain, kata mereka.

Persediaan minyak mentah dan bahan bakar AS mungkin naik minggu lalu, analis yang disurvei oleh Reuters memperkirakan menjelang data industri dari American Petroleum Institute pada pukul 4:30 sore. EDT (2030 GMT). Data pemerintah jatuh tempo pada hari Rabu pukul 10:30 EDT.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.