Sukses

Tinjau Kilang Minyak Balongan, Ahok Minta Insiden Kebakaran Tak Lagi Terulang

Komisaris Utama Pertamina Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) meninjau Kilang Minyak Balongan di Indramayu.

Liputan6.com, Jakarta - Upaya PT Pertamina (Persero) dalam penanganan insiden Tanki T-301 di Area Kilang Pertamina di Balongan atau kilang minyak Balongan mendapat dukungan penuh dari Dewan Komisaris Pertamina.

Hal ini ditunjukkan dengan kunjungan Komisaris Utama Pertamina Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dan Komisaris, Condro Kirono ke lokasi sesaat setelah kejadian di kilang minyak Balongan.

Dalam kunjungan, kedua Dewan Komisaris Pertamina tersebut didampingi Chief ExecutiveOfficer (CEO) Refining & Petrochemical Subholding Pertamina, Djoko Priyono pada Senin 29 Maret 2021.

Komisaris Utama Pertamina, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok menyampaikan apresiasi penanganan yang dilakukan Tim Pertamina, baik dalam upaya pemadaman api maupun penanganan warga terdampak.

"Saya mengapresiasi langkah-langkah yang telah dilakukan Pertamina untuk penanganan insiden dan dampaknya kepada masyarakat," ujar Ahok.

Selain itu, Dewan Komisaris juga meminta agar dilakukan evaluasi menyeluruh atas insiden yang terjadi supaya ke depannya tidak terulang lagi.

Setelah memantau upaya penanganan insiden, kunjungan Dewan Komisaris Pertamina dilanjutkan ke fasilitas utama Kilang untuk memastikan kilang minyak Balongan kondisinya tetap aman karena tanki yang terbakar berada cukup jauh dari kilang.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Berhasil Isolasi Api

Saat menerima peninjauan tersebut, Chief Executive Officer (CEO) Refining & Petrochemical Subholding Pertamina, Djoko Priyono menyampaikan update terkait penanganan insiden serta warga yang terdampak.

Saat ini kunjungan tersebut, Pertamina telah berhasil mengisolasi api sehingga tidak merambat ke tanki yang lain.

"Sejak kejadian, tanki yang terbakar dilakukan penyemprotan menggunakan foam dan apiberhasil dilokalisir dengan adanya bundwall di sekitar tanki T-301," papar Djoko.

Untuk masyarakat yang terdampak, Djoko meyakinkan kepada Dewan Komisaris bahwa Pertamina akan memberikan perhatian penuh dengan menyiapkan tempat yang nyaman bagi warga untuk pengungsian sementara.

3 dari 3 halaman

Infografis Kebakaran Kilang Pertamina Balongan Indramayu

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.