Sukses

Ampuh, Coba Cara Cerdas Berhemat Uang

Ayo berhemat uang dengan cara ini.

Liputan6.com, Jakarta Dalam kegilaan mengejar pekerjaan impian dan memenuhi keinginan dalam hidup, satu hal yang selalu menjadi momok adalah masalah uang.

Untuk mengatasi semua masalah yang melelahkan ini, rumusnya cukup sederhana. Anda hanya perlu menabung. Meskipun merasa sulit untuk melakukannya, manfaat dari latihan menabung akan terus memotivasi saat nanti melihat hasilnya.

Ada banyak hal yang dapat dilakukan seseorang untuk menabung demi masa depan. Jika melakukannya dengan benar, maka Anda lebih cepat untuk mendapatkan yang diinginkan.

Mulailah dari yang kecil, dan akhirnya Anda dapat menetapkan tujuan yang lebih besar untuk mewujudkan impian. Melansir dari laman magforwoman, Jumat (2/4/2021), berikut beberapa cara cerdas untuk menghemat uang.

1. Hemat belanjaan

Cara terbaik untuk dapat menghemat uang belanja adalah dengan membuat daftar barang yang akan dibeli. Tantangannya adalah tetap berpegang pada daftar, apa pun yang terjadi.

Supermarket adalah tempat yang sangat menggiurkan, dan pada akhirnya Anda selalu membeli lebih dari yang sebenarnya dibutuhkan. Namun, jika tetap berpegang pada daftar, Anda akan menghemat sedikit demi sedikit pengeluaran.

Bawalah uang terbatas dan jangan ada kartu tambahan atau uang tunai. Itu akan membuat lebih disiplin dan akan membantu mengendalikan segala sesuatunya.

Dianjurkan juga untuk makan sedikit sebelum pergi berbelanja. Seseorang cenderung berbelanja lebih banyak dengan perut kosong. Semua jenis makanan yang tidak diinginkan tampaknya diinginkan saat merasa lapar.

2. Buat sekitar Anda juga ikut menabung

Aktivitas apa pun menjadi dua kali lipat lebih menyenangkan tanpa harus mengeluarkan banyak biaya, bila Anda bersama sahabat-sahabat terbaik. Jadikan menabung sebagai aktivitas bersama. Namun terkadang, menjadi sangat sulit untuk menabung ketika orang-orang di sekitar membelanjakan uang secara berlebihan.

Dalam hal ini, doronglah orang-orang di sekitar untuk ikut bergabung dalam kegiatan menabung tersebut. Jadikan itu seperti tantangan.

Seluruh proses akan menjadi lebih menyenangkan dan efektif, dan Anda juga dapat menikmati keuntungan bersama, di mana Anda sesekali memperlakukan diri sendiri untuk tabungan yang baik.

3. Hemat fasilitas media

Saat ini, semuanya tersedia online dan sebagian besar gratis. Seseorang dapat membaca apapun surat kabar online yang diinginkan. Bagian terbaiknya adalah surat kabar dari semua negara tersedia di internet.

Anda dapat menemukan apa saja bahkan yang terbaru tentang dunia dengan menjelajahi situs-situs tersebut. Bahkan sebagian besar acara televisi juga dapat dilihat secara online dan gratis tanpa Anda harus memiliki televisi.

Ini adalah generasi online, di mana orang menjadi lebih cepat dan lebih pintar. Anda akan dapat menghemat banyak uang disini. Semua memiliki akses ke segalanya. Jadi batalkan semua langganan berbayar, dan dapatkan informasi dan hiburan harian secara gratis.

Saksikan Video Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

4. Buat anggaran bulanan

Itu adalah ide yang bagus untuk meletakkan sesuatu di atas kertas dan merencanakannya. Tidak ada gunanya menghabiskan semua uang hasil jerih payah tanpa tujuan, tanpa memiliki gagasan sedikit pun tentang seberapa banyak uang itu pergi.

Buat semua rencana keuangan sebelum memulai segalanya. Rencanakan semua yang akan ditabung dan pengeluaran yang akan digunakan. Ingat, waktu untuk memulainya adalah sedini mungkin dan secepatnya.

Buatlah judul untuk mempermudah prosesnya. Jangan lupa cantumkan anggaran makanan dan belanja sehingga Anda tidak bisa menghabiskan lebih dari anggaran untuk itu. Jika berlebihan pada sesuatu, Anda perlu memangkasnya untuk kebutuhan lain.

Jika semuanya tercatat, maka akan lebih disiplin untuk melakukan penghematan.

5. Pantau pengeluaran setiap hari

Sangat penting untuk mengetahui berapa banyak uang yang Anda habiskan dan kemana uang tersebut pergi. Membuat anggaran bulanan memang baik, tetapi Anda juga harus mencatat berapa banyak yang akan belanjakan setiap harinya.

Jika semua pengeluaran tercatat, kegiatan belanja yang spontan dan tidak realistis akan mencubit Anda dan akan memberi pelajaran. Dengan memantau anggaran maka apat memegang kendali atas berbagai hal. Selain itu, selama peninjauan, Anda dapat melihat pengeluaran yang tidak perlu dan memotongnya sesuai kebutuhan.

Disiplin dan pemantauan pengeluaran yang lebih baik dapat membantu dan mendorong untuk tetap berpegang pada anggaran dan rencana tabungan. Ada berbagai perangkat lunak yang tersedia untuk hal yang sama. Anda dapat membuat semua rencana secara online, sehingga tidak membuang kertas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.