Top 3: Kilang Balongan Terbakar

Oleh Tira Santia pada 30 Mar 2021, 06:30 WIB
Diperbarui 30 Mar 2021, 06:30 WIB
Kilang Balongan Terbakar
Perbesar
Tangkapan kamera drone kebakaran hebat yang melanda kilang minyak Balongan milik Pertamina di Kabupaten Indramayu, Jawa Barat. (Liputan6.com/ BPBD Indramayu)

Liputan6.com, Jakarta PT Pertamina (Persero) terus berupaya menangani ledakan di Kilang Balongan, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat yang terjadi pada Senin (29/3/2021) dini hari pukul 00.45 WIB. Kebakaran ini tepatnya terjadi pada tangki T-310G.

Corporate Secretary Subholding Refining & Petrochemical PT Kilang Pertamina Internasional Ifki Sukarya mengatakan, pihaknya saat ini tengah fokus melakukan pemadaman api di Kilang Balongan yang masih terbakar.

Artikel mengenai terbakarnya Kilang Balongan ini menjadi salah satu artikel yang banyak dibaca. Selain itu masih ada beberapa artikel lain yang layak untuk disimak.

Lengkapnya, berikut ini tiga artikel terpopuler di kanal bisnis Liputan6.com pada Selasa 30 Maret 2021:

1. Kilang Minyak Balongan Terbakar, Berapa Total Kerugian Pertamina?

PT Pertamina (Persero) terus berupaya menangani ledakan di Kilang Balongan, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat yang terjadi pada Senin (29/3/2021) dini hari pukul 00.45 WIB. Kebakaran ini tepatnya terjadi pada tangki T-310G.

Corporate Secretary Subholding Refining & Petrochemical PT Kilang Pertamina Internasional Ifki Sukarya mengatakan, pihaknya saat ini tengah fokus melakukan pemadaman api di Kilang Balongan yang masih terbakar.

"Saat ini kita masih fokus melakukan pemadaman, supaya api bisa segera kita atasi, dan kemudian tentunya operasi bisa segera normal kembali," kata Ifki kepada Liputan6.com, Senin (29/3/2021).

Saat ditanya terkait perkiraan waktu pemadaman api di Kilang Balongan, Ifki menjawab, Pertamina belum bisa memberi estimasi waktu kapan kobaran api dapat diselesaikan.

Baca berita selengkapnya di sini

2 dari 4 halaman

2. Kapan Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 17 Dibuka?

Ilustrasi Program Kartu Prakerja. Dok prakerja.go.id
Perbesar
Ilustrasi Program Kartu Prakerja. Dok prakerja.go.id

Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja mengaku belum bisa memastikan kapan pembukaan pendaftaran kartu prakerja gelombang 17 dilakukan. Gelombang 17 sendiri baru akan dibuka jika ada kepersertaan dari gelombang 12-16 dicabut.

Head of Communication Manajemen Pelaksana Prakerja, Louisa Tuhatu mengatakan, pihaknya masih memantau kemajuan para penerima Kartu Prakerja dalam membeli pelatihan pertama.

Menurut Permenko, para pesrerta harus sudah membeli pelatihan pertama dalam waktu 30 hari setelah ditetapkan sebagai penerima Kartu Prakerja. Bila tidak maka kepesertaannya akan dicabut.

"Nanti kami mungkin akan membuka gelombang tambahan untuk menampung ini. Gelombang 17 akan dibuka bila ada kepesertaan dari gelombang 12-16 yang dicabut karena tidak membeli pelatihan pertama dalam waktu 30 hari sejak mereka ditetapkan sebagai penerima Kartu Prakerja," kata dia kepada wartawan, Senin (29/3/2021).

Baca artikel selengkapnya di sini

3 dari 4 halaman

3. Kilang Minyak Pertamina Balongan Sudah 3 Kali Terbakar, Simak Rentetannya

Kebakaran Kilang Balongan
Perbesar
Petani beraktivitas dengan latar belakang akibat kebakaran Kilang Balongan di Indramayu, Jawa Barat, Senin (29/03/2021). Kilang Balongan milik PT Pertamina di Indramayu terbakar pada 29 Maret 2021 mulai sekitar pukul 00.45 dini hari. (merdeka.com/Arie Basuki)

Kawasan Kilang Minyak Pertamina Balongan, Indramayu, Jawa Barat, beberapa kali mengalami kebakaran, padahal fasilitas pengolahan minyak tersebut berperan penting salam memasok Bahan Bakar Minyak (BBM) ke Jakarta.

Berdasarkan catatan Liputan6.com, berikut insiden kebakaran di wilayah Kilang Minyak Balongan.

Kilang Balongan terbakar pada Oktober 2007. Dengan adanya insiden tersebut, api tidak merusak fasilitas produksi dan hanya mengganggu fasilitas pembuangan limbah.

Kebakaran pada January 2019 kembali terjadi di kawasan Kilang Minyak Balongan. Insiden tersebut terjadi pada fasilitas pemasok gas milik PT Pertamina EP Aset 3 ke pengolahan minyak (kilang) Balongan, Jawa Barat.

Baca artikel selengkapnya di sini

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓