Sukses

Kebakaran Kilang Minyak Balongan Pertamina Tak Ganggu Pasokan BBM ke Jakarta

Kilang minyak Balongan, Indramayu Jawa Barat mengalami kebakaran besar, pada 29 Maret 2021 pukul 00.45 dini hari.

Liputan6.com, Jakarta - Kilang minyak Balongan, Indramayu Jawa Barat mengalami kebakaran besar, pada 29 Maret 2021 pukul 00.45 dini hari tadi, insiden tersebut membuat fasilitas produksi Bahan Bakar Minyak (BBM) ini mengalami gangguan.

Lalu bagaimana pasokan BBM ke Jakarta dan sekitarnya?

Unit Manager Communication Relations dan CSR Marketing Operation Regional (MOR) III Pertamina Eko Kristiawan menyatakan, pasokan BBM ke wilayah Jakarta sekitaranya tetap aman, meski Kilang minyak Balongan mengalami kebakaran.

"Pasokan tetap aman," kata Eko, saat berbincang dengan Liputan6.com.

Corporate Secretary Subholding Refining & Petrochemical PT Kilang Pertamina Internasional Ifky Sukarya pun menyatakan, dengan adanya kebakaran kilang minyak Balongan ini, Pertamina memastikan bahwa pasokan BBM ke masyarakat tidak terganggu dan saat ini masih berjalan normal.

Wakil Komisaris Pertamina Pahala M Mansury menyatakan, Pertamina sedang memastikan persediaan produksi dan persediaan BBM cukup untuk memenuhi konsumsi.

"Kami sedang memastikan bahwa produksi dan persediaan yg ada cukup untuk memastikan konsumsi BBM,"

Menurutnya, untuk mengetahui penyebab terbakarnya kilang minyak Balongan akan dilakukan investigasi terlebih dahulu, bersama dengan pihak Kepolisian.

"Investigasi beserta kepolisian utk memastikan penyebabnya, serta memastikan pengamanan juga di fasilitas-fasilitas kilang serta fasilitas lainnya," tutupnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kilang Balongan Terbakar, Pertamina: Saat Kejadian Turun Hujan Deras Disertai Petir

Tangki T-301G Kilang Balongan milik Pertamina terbakar pada 29 Maret 2021 mulai sekitar pukul 00.45 dini hari. 

Corporate Secretary Subholding Refining & Petrochemical PT Kilang Pertamina Internasional Ifki Sukarya mengatakan, penyebab kebakaran di Kilang Balongan belum diketahui secara pasti, namun pada saat kejadian sedang turun hujan deras disertai petir.

"Saat ini tim HSSE Kilang Pertamina Balongan tengah fokus melakukan pemadaman api di kilang yang berlokasi di Desa Balongan, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat," kata dia dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin (29/3/2021).

Saat ini juga tengah dilakukan normal shutdown untuk pengendalian arus minyak dan mencegah perluasan kebakaran di Kilang Balongan.

Sebelumnya, Indramayu meledak, Senin (29/3/2021) dini hari. Belum diketahui adanya korban jiwa dalam peristiwa ini.

Kobaran api terlihat besar dan kepulan asap hitam membumbung tinggi. Beberapa petugas pemadam berupaya memadamkan api yang kian membesar di Kilang Balongan

Ledakan begitu keras dan membuat warga yang berada dekat lokasi kejadian berlarian menyelamatkan diri.

Belum diketahui penyebab ledakan Kilang Balongan yang mengakibatkan kebakaran besar tersebut.

3 dari 3 halaman

Kilang Pertamina Balongan Meledak dan Terbakar

Kilang Pertamina Balongan Indramayu meledak, Senin (29/3/2021) dini hari. Belum diketahui adanya korban jiwa dalam peristiwa ini.

Kobaran api terlihat besar dan kepulan asap hitam membumbung tinggi. Beberapa petugas pemadam berupaya memadamkan api yang kian membesar.

Ledakan begitu keras dan membuat warga yang berada dekat lokasi kejadian berlarian menyelamatkan diri.

Belum diketahui penyebab ledakan kilang Pertamina Balongan yang mengakibatkan kebakaran besar tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.