Sukses

Kadin Dorong Pengusaha Sumsel Bantu Pemerintah Pulihkan Ekonomi

Wakil Ketua Umum Kadin Pusat Anindya Novyan Bakrie menghadiri pelantikan Pengurus Kadin Sumatera Selatan (Sumsel)

Liputan6.com, Jakarta Wakil Ketua Umum Kadin Pusat Anindya Novyan Bakrie menunjukkan perhatian dan dukungannya bagi Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) di seluruh penjuru Negeri.

Peran Anindya yang telah berkiprah selama 15 tahun di Kadin Pusat dan terbukti berhasil menyelesaikan tugas-tugas sulit dengan baik menjadikan Anindya memperoleh dukungan dari berbagai daerah untuk menjadi Ketua Umum Kadin 2021-2026, menyusul Rosan Roeslani yang diangkat sebagai Duta Besar AS.

Kali ini, dalam pelantikan Pengurus Kadin Sumatera Selatan (Sumsel) di bawah kepemimpinan kembali Dodi Reza Alex Noerdin, Anindya hadir melantik dan mendorong peran Kadin Sumatera Selatan dalam kontribusinya bagi masyarakat dan perekonomian daerah serta nasional.

Pada 19 Maret lalu, sejumlah Ketua Kamar Kadin Provinsi se-Sumatera menyatakan dukungannya kepada Anindya Bakrie untuk memimpin Kadin Indonesia 2021-2026 dan optimistis seluruh daerah mendukung Anindya.

Kadin Sumatera Selatan juga langsung menyerahkan mandat dan dukungannya kepada Anin untuk menjadi Ketum Kadin Pusat.

"Kadin Pusat mengapresiasi terobosan-terobosan Kadin Sumsel di bawah nahkoda Dodi Reza. Sejumlah inisiasi serta inovasi yang dibuat sangat terbukti dan berdampak langsung ke masyarakat," kata Anindya Novyan Bakrie dalam Pelantikan Pengurus Kadin Sumatera Selatan 2020-2025 di Palembang, Kamis (25/3/2021).

Menurut Anindya, kiprah Kadin Sumsel sangat nyata dan terbukti berkontribusi pada upaya peningkatan ekonomi Sumsel di bidang perindustrian.

"Saat ini, ekonomi sudah membaik, tetapi belum maksimal. Inilah tantangan Kadin untuk bekerja sama dengan pemerintah pusat dan daerah dalam pemulihan ekonomi. Kita harus optimistis. Alhamdulillah, di Kadin Sumsel sudah berhasil menciptakan iklim ekonomi yang stabil dan positif," kata Anindya.

Anindya mengingatkan Kadin mempunyai 3 hal penting, yakni maju bersama, naik kelas membangun infrastruktur konektivitas, dan merangkul semua pelaku industri.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Siap Bersinergi

Pada kesempatan itu, Pengurus Kadin Sumsel periode 2020-2021 resmi dilantik. Dodi Reza Alex Noerdin kembali terpilih menjadi Ketua Kadin Sumsel.

Dodi Reza mengatakan Kadin Sumsel merupakan jembatan untuk bersinergi mewujudkan pemulihan ekonomi nasional.

"Kadin Sumsel ini jembatan untuk bersinergi mewujudkan pemulihan ekonomi pada masa pandemi COVID-19 saat ini," ujar Dodi yang juga Bupati Musi Banyuasin ini.

Dodi yang juga memperoleh predikat Kepala Daerah Inovatif ini memberikan rekomendasi kepada Pemda di Sumsel, khususnya Pemprov Sumsel dalam upaya mempercepat pemulihan ekonomi.

"Kami Kadin Sumsel mendorong Pemerintah di Sumsel untuk melakukan vaksinasi, dan memaksimalkan konektivitas pembangunan infrastruktur, seperti pelabuhan di antaranya Tanjung Carat dan jalan tol," katanya.

Dodi berharap pemerintah daerah juga lebih memaksimalkan hilirisasi komoditas perkebunan, seperti karet dan kelapa sawit. "Hilirisasi ini juga terbukti berhasil mendorong perekonomian daerah," ujar Dodi.

Semantara itu, Gubernur Sumsel Herman Deru memberi harapan besar kepada Kadin Sumsel di bawah kepemimpinan Dodi Reza agar mewadahi semua unsur usaha di Sumsel.

"Pak Dodi sudah terbukti sukses dan berhasil mendongkrak perekonomian di Sumsel dan dengan terobosan inisiasi inovasi aspal karet dan pengolahan bensin dari kelapa sawit," kata Herman Deru.

Untuk itu, Herman Deru mengajak Kadin Sumsel untuk bersama-sama menjadi pemrakarsa Sumsel ekspor beras.

"Saya ingin bergandengan dengan Kadin Sumsel dalam kaitan ini," pungkas Herman Deru.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.