Sukses

Wapres Ma'ruf Amin: Bukan Indonesia, Produsen Produk Halal Dunia Justru Brasil

Wapres KH Ma'ruf Amin mengatakan, pemerintah terus mendorong pengembangan keuangan syariah di Indonesia, khususnya produk halal.

Liputan6.com, Jakarta Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia KH Ma'ruf Amin mengatakan, pemerintah terus mendorong pengembangan keuangan syariah di Indonesia.

Dimulai dari industri syariah, meski 78 persen masyarakat Indonesia beragama Islam, Indonesia disebut masih menjadi konsumen produk halal saja, belum menjadi produsennya.

"Kenapa harus didorong, karena potensi kita besar. Sebagai bangsa dengan 78 persen umat muslim, potensi ekonomi besar. Ini kita baru jadi konsumen halal terbesar di dunia saja, belum jadi produsen. Produsennya justru negara nonmuslim seperti Brasil dan lainnya," jelas Ma'ruf dalam tayangan virtual, Rabu (24/3/2021).

Selain industri halal, lanjut Ma'ruf, pemerintah juga mendorong pengembangan keuangan syariah yang persentasenya masih 6,7 persen dari potensi yang ada. Untuk mewujudkan dukungan tersebut, pemerintah melakukan penggabungan tiga bank syariah BUMN ke dalam satu bank besar, yakni Bank Syariah Indonesia.

"Ini supaya bisa melayani transaksi lokal dan global, kecil UKM hingga besar, sehingga pengembangannya makin besar. Begitu juga lembaga mikro, kita kembangkan," tuturnya.

Kemudian, langkah pengembangan keuangan syariah lain yang dilakukan pemerintah ialah dengan menggerakkan wakaf uang di Indonesia. Ma'ruf mengatakan, sebagaimana disampaikan Presiden Jokowi, potensi wakaf uang di Indonesia mencapai Rp 188 triliun.

Selama ini, penerapan wakaf hanya dimanfaatkan untuk sektor sosial dan kultural, seperti pembangunan masjid, madrasah dan makam, sehingga potensinya belum termaksimalkan.

Ma'ruf bilang, wakaf uang memiliki banyak kelebihan yang dapat memudahkan masyarakat dalam pelaksanaannya.

"Pertama lebih fleksibel untuk diinvestasikan, lalu kedua wakafnya nggak harus besar seperti tanah yang bermeter-meter persegi, jadi bisa kecil, bisa besar. Kemudian, wakaf uang ini bisa diinvestasikan melalui cara yang lebih profesional," tutur Wapres.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Wapres Ma'ruf Amin Ingin Masyarakat Ekonomi Syariah Jadi Motor Penggerak Usaha Kecil

Wakil Presiden sekaligus Ketua Dewan Pembina Pengurus Pusat Masyarakat Ekonomi Syariah (MES), Ma'ruf Amin, menyampaikan harapan untuk Pengurus Pusat Masyarakat Ekonomi Syariah. Ia ingin organisasi tersebut menjadi motor penggerak dalam pengembangan dunia usaha.

"Saya meminta secara khusus organisasi ini dapat menjadi motor penggerak dalam pengembangan usaha, termasuk usaha kecil dan mikro. Yang dapat didorong untuk memacu pertumbuhan usaha dan peningkatan ketahanan ekonomi masyarakat dan pemulihan ekonomi nasional," tulis Ma'ruf Amin di akun Instagrma miliknya, seperti dikutip pada Selasa (23/3/2021).

Ma'ruf Amin pun menyambut baik visi dan misi, serta arah kebijakan Masyarakat Ekonomi Syariah yang sejalan dengan rencana kerja Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS). Ia berharap dapat terjalin kerja sama dalam mewujudkan cita-cita pembangunan ekonomi dan keuangan syariah bersama-sama.

"Insya Allah dengan dukungan dan keterlibatan kita semua, pemerintah dapat memastikan industri ekonomi syariah tumbuh lebih kuat berdaya saing, baik dalam lingkup nasional maupun internasional," tuturnya.

Diketahui sebelumnya, Menteri BUMN Erick Thohir resmi dilantik sebagai Ketua Umum Pengurus Pusat Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) untuk periode waktu 1442-1445 Hijriah, atau pada rentang waktu 2021-2023.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.