BTN Siap Dukung Pembiayaan Perumahan Ramah Lingkungan

Oleh Athika Rahma pada 22 Mar 2021, 20:00 WIB
Diperbarui 22 Mar 2021, 20:00 WIB
Pemulihan Ekonomi Nasional Lewat Rumah Bersubsidi
Perbesar
Pekerja menyelesaikan pembangunan rumah bersubsidi di Ciseeng, Bogor, Jawa Barat, Rabu (16/2/2021). Bank BTN menargetkan realisasi KPR mencapai lebih 200 ribu rumah pada 2021. (Liputan6.com/Johan Tallo)

 

Liputan6.com, Jakarta PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) siap mendukung pembiayaan perumahan yang ramah lingkungan atau green housing. Salah satu konsep yang dikembangkan dalam green housing adalah dengan mengembangkan hutan kota dalam kompleks perumahan.

Direktur Bank BTN Hirwandi Gafar mengatakan, selain mendukung pembiayaan perumahan, perseroan juga siap membantu para developer yang ingin mengembangkan konsep perumahan ramah lingkungan. Untuk itu, Bank BTN siap menyalurkan bantuan berupa corporate social responsibility (CSR), seperti pada perumahan Buana Cicalengka Raya, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

"Sebagai bentuk kepedulian dan tanggung jawab sosial kepada masyarakat, khusunya untuk fokus terkait bantuan sarana dan prasarana di Perumahan dan mendukung bidang pelestarian alam, Bank BTN memberikan bantuan CSR kepada Perumahan Buana Cicalengka Raya untuk penanaman Hutan Kota," ujar Hirwandi saat peresmian Masjid Kassiti dan Penanaman Hutan Kota di Bandung, Senin (22/3/2021).

Hirwandi mengaku sangat mengapresiasi atas dibangunnya fasilitas Hutan Kota di Perumahan Buana Cicalengka Raya yang akan memberikan kenyamanan bermukim, serta dapat dijadikan sebagai sarana edukatif dan rekreatif bagi masyarakat. Menurutnya, pengembangan perumahan tetap harus menjaga keseimbangan lingkungan.

"Pembangunan Hutan Kota ini dapat merupakan suatu upaya untuk mengembalikan dan meningkatkan efektivitas lahan agar dapat berfungsi dengan baik dan secara optimal. Sebagai pengatur tata air untuk mencegah banjir maupun untuk melindungi lingkungan, yaitu mencegah timbulnya pencemaran," katanya.

Hirwandi menuturkan, perseroan selama ini telah menyarankan kepada para pengembang yang membangun rumah dan mendapatkan kredit dari Bank BTN untuk menerapkan konsep satu rumah satu pohon. Diharapkan dengan konsep tersebut perumahan akan terlihat hijau.

Lebih lanjut Hirwandi mengungkapkan, tahun 2020 merupakan tahun yang cukup sulit bagi kita semua. Bangsa Indonesia mengalami cobaan yang luar biasa akibat Covid-19 yang hampir meluluhlantahkan ekonomi secara nasional. Seluruh sektor industri hampir secara umum mengalami kontraksi akibat pandemi tersebut.

"Namun di tahun 2021 ini, kita berharap pandemi akan segera dapat diatasi seiring dengan program vaksinasi nasional yang sudah dilakukan oleh pemerintah. Tahun ini kita harus optimistis bahwa perekenomian dapat segera pulih," jelasnya.

 

2 dari 3 halaman

Industri Mulai Bangkit

BTN Targetkan 250 Ribu KPR pada 2021
Perbesar
Anak-anak saat bermain di perumahan subsidi Green Citayam City, Ragajaya, Bojong Gede, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Sabtu (13/2/2021). PT BTN Tbk optimis realisasi Kredit Pemilikan Rumah atau KPR mencapai 200-250 ribu unit pada 2021. (merdeka.com/Iqbal S Nugroho)

Tahun 2021, lanjut dia, menjadi momentum untuk semua sektor industri bangkit. Bank BTN juga optimistis bisnis perseroan akan tumbuh positif. Pemerintah telah banyak melakukan kebijakan untuk bagaimana ekonomi nasional dapat segera pulih.

Seperti misalnya kebijakan terkait dengan stimulus melalui kebijakan program pemulihan ekonomi nasional (PEN) yang dampaknya sudah dirasakan oleh banyak sektor industri dan diharapkan dapat mengalir positif pada penguatan sektor ekonomi secara nasional.

"Bank BTN bersyukur pada masa pandemi tahun lalu masih mencatatkan kinerja yang positif. Ini adalah karena fokus bisnis perusahaan di bidang pembiayaan perumahan yang masih tetap bertumbuh walaupun di masa pandemi," ujarnya.

Dia mengaku, kinerja positif BTN juga berkat dukungan seluruh stakeholder dan mitra kerja yang sangat loyal kepada Bank BTN, seperti PT Buana Kassiti yang telah menjadi mitra kerja Bank BTN selama ini. Tercatat sekitar 5.400 unit rumah sudah dibangun oleh Buana Kassiti Grup dengan nilai kredit mencapai sekitar Rp 660 miliar.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓