Sukses

Vaksinasi di Mal Ciputra Tangerang Targetkan 3.000 Lansia

Mal Ciputra Tangerang menyelenggarakan kegiatan vaksinasi COVID-19 bagi lanjut usia (lansia) mulai tanggal 16-27 Maret 2021 dengan target 3.000 penerima.

Liputan6.com, Jakarta - Mal Ciputra Tangerang menyelenggarakan kegiatan vaksinasi COVID-19 bagi lanjut usia (lansia) mulai tanggal 16-27 Maret 2021 dengan target 3.000 penerima.

Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar menyambut baik kolaborasi yang diusung oleh Ciputra Residence dengan menyediakan fasilitas di Mal Ciputra Tangerang dan mengerahkan tenaga medis dari Ciputra Hospital CitraRaya Tangerang untuk kegiatan ini.

"Ini adalah bagian dari upaya membantu Pemerintah Kabupaten Tangerang dalam menangani pandemi dengan target yang telah kita canangkan, yakni 15.000 akseptor sehari. Sebab, pemda tak bisa bekerja sendiri dan butuh kerja sama dengan pihak swasta maupun RS dalam mempercepat vaksinasi," kata Bupati Ahmed Zaki Iskandar dikutip dari Antara, Senin (22/3/2021).

Presiden Direktur Ciputra Residence Budiarsa Sastrawinata mengatakan dengan kolaborasi antarunit usaha di dalam Grup Ciputra ini, diharapkan masyarakat Kabupaten Tangerang dapat segera kembali beraktivitas normal dan geliat ekonomi dapat segera kembali.

"Bila masyarakat sudah terbebas dari COVID-19, kita harapkan perekonomian bisa kembali bertumbuh, lapangan kerja kembali terbuka dan masyarakat dapat menjalankan kegiatan dengan lebih leluasa." katanya.

Direktur Ciputra Hospital CitraRaya Tangerang Dr. Ridwan T. Lembong menuturkan 12 tenaga medis diturunkan setiap harinya dalam pelaksanaan vaksinasi ini.

"Kami membuka delapan sampai 10 pos suntikan untuk mempercepat antrean, target kami 250-500 orang per hari," katanya.

Pelaksanaan vaksinasi ini pun tetap menaati protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah. Sejak awal masyarakat mendaftar sampai selesai vaksin, semua tahap mengurangi kontak langsung dan menghindari kerumunan.

"Kami menggunakan link daring untuk pendaftaran, sehingga masyarakat dapat mendaftar dari rumah masing-masing. Untuk di lapangan, kami membuat jarak fisik antarpeserta sejak pendaftaran sampai selesai vaksin. Setiap tempat duduk kami beri jarak 1,5 meter, pintu masuk dan di dalam area terdapat handrub, setiap petugas kami memakai APD (Alat Pelindung Diri) lengkap, dan masyarakat yang hadir harus menggunakan masker dan selalu menjaga jarak," paparnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ada Vaksinasi, Pusat Perbelanjaan Diprediksi Pulih Awal 2022

Bisnis pusat perbelanjaan dan ritel di Indonesia diprediksi mulai menggeliat vaksinasi Covid-19 secara massal sudah dilakukan terhadap masyarakat. Prediksinya, sektor ritel dan pusat perbelanjaan akan pulih di awal tahun 2022.

Ini diungkapkan Ketua Umum Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) Alphonzus Widjaja.  "Pemulihan secara signifikan diperkirakan baru akan mulai terjadi pada awal tahun depan," jelas Alphonzus saat dihubungi Liputan6.com, Minggu (21/3/2021).

Adapun saat ini, vaksinasi baru digelar untuk kelompok tertentu, seperti petugas layanan publik dan lanjut usia (lansia).

Rencananya, proses pelaksanaan vaksinasi untuk masyarakat umum baru akan dimulai, paling cepat, pada kuartal II tahun 2021.

"Tentunya ini masih memerlukan waktu yang cukup panjang, sehingga kondisi usaha ritel pada 2021 ini masih akan mengalami tekanan yang cukup berat," jelas dia.

Tahun ini, sejumlah gerai pusat perbelanjaan setop beroperasi. Hal ini murni karena dampak pandemi Covid-19 yang membuat masyarakat memilih untuk berdiam di rumah Menurut Alphonzus, masing-masing perusahaan memiliki daya tahan yang berbeda dalam menghadapi pandemi ini.

"Bagi yang sudah tidak mampu bertahan, maka terpaksa menutup usaha atau menjualnya," jelasnya 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.