Sukses

5 Ribu Petugas Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali Bakal Divaksin Covid-19 Pekan Ini

Sebanyak 5 ribu orang petugas di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali akan mendapatkan vaksinasi Covid-19 pekan ini.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan pekan ini akan ada 5 ribu orang frontliner Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali akan mendapatkan vaksinasi Covid-19. Hal ini dilakukan dalam rangka persiapan pembukaan penerbangan internasional yang rencananya dibuka pada Juni-Juli 2021.

"Vaksinasi ini di prioritaskan untuk para petugas frontliner airlines dan Bandara. Jadi tadi kita lihat BMKG, JAS, Gapura semua sejumlah 1.000 orang, jumlah yang akan di vaksinasi hingga hari Jumat ada 5.000 orang," kata Sandiaga saat meninjau vaksinasi Covid-19 di Bandara I Gusti Ngurah Rai bersama Gubernur Bali Wayan Koster, Senin (22/3).

Vaksinasi di kawasan Bandara I Gusti Ngurah Rai ini merupakan langkah cepat dari pemerintah untuk mendukung keputusan pembukaan penerbangan internasional. Selain vaksinasi, Pemerintah juga mempersiapkan berbagai persiapan mengenai sarana dan prasarana protokol kesehatan.

"Saya tadi berjalan bersama Gubernur sejauh 800 meter, dari depan melihat kesiapan protokol kesehatan, masker, menjaga jarak, dan beberapa spot mencuci tangan," kata dia.

Sebelumnya, 600 orang pegawai Angkasa Pura I kata Sandiaga sudah mendapatkan vaksin di program lain pada Sabtu pekan lalu. Masifnya vaksinasi massal di Bali ini merupakan upaya pemerintah untuk menindaklanjuti kunjungan Presiden Joko Widodo beberapa waktu lalu.

Sandiaga berharap, setelah penerbangan rute internasional kembali dibuka semua pegawai sudah divaksin. Mereka sudah dalam keadaan aman, nyaman dan siap menyambut wisatawan baik mancanegara maupun dalam negeri.

"Harus banyak berdoa, agar program ini berjalan sesuai dengan rencana. Ekonomi Bali bisa segera bangkit," lanjut Sandiaga Uno.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3 Juta Warga Bali Bakal Divaksin

Sandi menambahkan, pemerintah akan memenuhi permintaan Gubernur Bali untuk memvaksin 3 juta masyarakatnya. Dari jumlah tersebut masyarakat yang beraktivitas di sekitar bandara akan menjadi prioritas.

"Sesuai permintaan Gubernur, vaksinasi warga Bali 3 juta orang, pasti di prioritaskan di Bandara, dan semua akan di vaksinasi," katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Sandiaga mengaku telah bertemu dengan Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin. Kedatangan Budi juga bersamaan dengan datangnya vaksin Covid-19 sebanyak 290 ribu dosis.

"Ada pengiriman vaksin sebanyak 290 ribu dosis sudah datang di Bali, dan akan terus datang sesuai jadwal kedatangan vaksin masuk ke Indonesia. (Ini) Perintah Bapak Presiden untuk melakukan prioritas di Bali," kata dia mengakhiri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.