Sukses

UMKM di Lampung Bisa Dapat Pinjaman dari BNI Buat Buka Pertashop

Pertamina meresmikan Pertashop di Provinsi Lampung.

Liputan6.com, Jakarta - Pertamina meresmikan Pertashop tepatnya di Provinsi Lampung. Pengoperasian infrastruktur penyalur resmi ini merupakan program sinergi dengan BNI, untuk memfasilitasi pembiayaan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Direktur Keuangan PT Pertamina Patra Niaga, SH C&T PT Pertamina (Persero), Arya Suprihadi mengatakan, salah satu tugas Pertamina adalah memastikan ketahanan energi di seluruh wilayah Indonesia, sebagai bentuk pelayanan bagi masyarakat salah satunya melalui Pertashop yang merupakan bagian dari Program One Village One Outlet (OVOO) untuk mewujudkan energi berkeadilan.

“Seluruh masyarakat berhak menikmati energi berkualitas. Melalui program Quick Win dan Pertashop masyarakat tidak hanya dapat mengakses energi dengan mudah tanpa harus menempuh jarak yang jauh, namun memberikan kesempatan kepada seluruh masyarakat, UMKM, dan seluruh calon mitra lainnya untuk berkontribusi dalam memenuhi kebutuhan energi negeri,” kata Arya, di Jakarta, Sabtu (20/3/2021).

Sebagai lembaga penyalur resmi berskala kecil milik Pertamina, Pertashop memiliki standar kualitas, operasional, dan harga yang sama. Karena itu, masyarakat sebagai konsumen tidak perlu khawatir akan kualitas dan harga produknya, dan bagi calon mitra, yakni pengusaha daerah ataupun UMKM tidak perlu khawatir pasokan dan prosedur operasional pelayanan yang akan diberikan karena semuanya akan melalui pelatihan.

“Saat ini sudah 1.371 Pertashop yang beroperasi di seluruh Indonesia. Harapannya, Pertashop dapat mempermudah aktivitas masyarakat sekaligus memberdayakan masyarakat diwilayah sekitar sehingga dampak kehadiran Pertashop tidak hanya dalam memudahkan akses energi, tetapi juga turut meningkatkan produktivitas dan perekonomian masyarakat di daerah tersebut,” papar Arya.

Arya mengungkapkan, masyarakat memiliki kesempatan menjadi mitra Pertashop masih sangat terbuka besar dan syaratnya juga mudah. Seluruh informasi dan persyaratan dapat dicek langsung melalui website https://kemitraan.pertamina.com/.

“Selain syarat yang mudah, dengan fasilitas pembiayaan yang diberikan BNI, harapannya pengusaha lokal, UMKM, dan masyarakat dapat terbantu dan memudahkan niat baik kita bersama untuk membangun Pertashop. Dengan pemberdayaan ini, ekosistem ekonomi daerah juga bisa terbangun dengan layanan tambahan seperti pangkalan LPG, pelumas, ataupun toko kelontong dan bisnis lain yang dapat dilakukan di titik Pertashop tersebut,” tambahnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pemberdayaan Nasabah BNI

Dikesempatan yang sama, Direktur Bisnis UMKM BNI, Muhammad Iqbal mengatakan, BNI dan Pertamina saat ini mengimplementasikan Program Quick Win dengan tujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat pedesaan dan UMKM melalui Program Pertashop.

“Pertashop merupakan potensi untuk memberdayakan nasabah BNI terkhusus masyarakat di desa dan UMKM sekaligus memastikan ketersediaan energi diseluruh wilayah di Indonesia. Memfasilitasi hal ini merupakan salah satu bentuk implementasi komitmen BNI untuk mendorong perekonomian nasional di tengah kondisi pandemi,” jelas Iqbal.

Iqbal berharap agar kerjasama dengan Pertamina ini bisa terus berkembang kedepannya. Menurutnya, jika sinergi ini dapat terus dikembangkan, dampak positifnya akan makin cepat dirasakan masyarakat.

“Tentu kita ingin berkembang. Selain makin banyak masyarakat yang kebutuhan energinya terlayani dengan baik, makin banyak pula UMKM dan ekonomi desa yang diberdayakan dalam prosesnya. Mudah-mudahan Pertashop yang kita resmikan pada kesempatan ini dan Pertashop-Pertashop lainnya juga selalu memberikan manfaat positif bagi masyarakat,” tutup Iqbal.

Dibawah wilayah tim Sales Area (SA) Lampung – Bengkulu Pertamina sendiri, saat ini sudah beroperasi 102 outlet Pertashop. Program Quick Win sinergi Pertamina dan BNI juga sangat sejalan dengan program SA Lampung – Bengkulu yakni ‘Pendekar Pertashop’ atau pendekatan komunitas dan stakeholder yang menyasar penetrasi ke komunitas masyarakat serta instansi daerah lainnya untuk didorong menjadi mitra Pertashop.

Masyarakat yang tertarik untuk menjadi mitra Pertashop dapat langsung mengunjungi website https://kemitraan.pertamina.com/ , seluruh informasi dan persyaratan dapat dilihat langsung dalam website tersebut. Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, calon mitra Pertashop dapat menghubungi Pertamina Call Center 135.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Pertamina merupakan salah satu perusahaan BUMN yang bertugas mengelola pertambangan minyak dan gas bumi di Indonesia.

    Pertamina

  • BNI merupakan Bank BUMN (Badan Usaha Milik Negara) pertama yang menjadi perusahaan publik.

    BNI

  • Pertashop adalah lembaga penyalur resmi Pertamina dengan skala kecil.

    Pertashop

  • BBM atau Bahan Bakar Minyak adalah materi apapun yang bisa diubah menjadi energi.

    BBM

  • SPBU adalah singkatan dari Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum.

    SPBU