Tembus Medan Sulit, PLN Listriki 947 Pelanggan di Sungai Menang Sumsel

Oleh Athika Rahma pada 19 Mar 2021, 12:50 WIB
Diperbarui 19 Mar 2021, 12:50 WIB
PLN berhasil mengoperasikan jaringan listrik di Desa Talang Makmur dan Desa Harapan Jaya, Kecamatan Sungai Menang, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Sumatera Selatan.
Perbesar
PLN berhasil mengoperasikan jaringan listrik di Desa Talang Makmur dan Desa Harapan Jaya, Kecamatan Sungai Menang, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Sumatera Selatan.

Liputan6.com, Jakarta - PT PLN (Persero) berhasil mengoperasikan jaringan listrik di Desa Talang Makmur dan Desa Harapan Jaya, Kecamatan Sungai Menang, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Sumatera Selatan.

Sebelumnya, kedua desa yang berjarak 145 kilometer (km) dari pusat kota Palembang tersebut merupakan desa yang belum berlistrik. Akses menuju lokasi yang terbilang sulit tak menyurutkan niat PLN untuk melayani masyarakat Desa Talang Makmur dan Desa Harapan Jaya.

“Sebelum menikmati listrik dari PLN, masyarakat desa menggunakan genset terpusat sebagai penerangan utama mereka. Selain biaya operasional dan pemeliharaan yang mahal, penggunaan genset di Desa tersebut hanya beroperasi selama 12 Jam,” terang Kepala Desa Harapan Jaya, Guntur, dalam keterangan tertulis, Jumat (19/3/2021). 

Dirinya juga menyampaikan rasa syukur masyarakatnya akan kehadiran listrik di desanya.

Dengan telah beroperasinya listrik di kedua Desa tersebut, maka Rasio Desa Berlistrik (RDB) di Kabupaten OKI juga meningkat, yang semula 91,44 persen menjadi 92,05 persen. Selain itu, PLN juga berharap listrik dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat desa, baik dari segi ekonomi, pendidikan, kesehatan.

General Manager PLN Unit Induk Wilayah Sumatera Selatan, Jambi dan Bengkulu (UIW S2JB), Bambang Dwiyanto menyampaikan, kontruksi jaringan ini membutuhkan waktu kurang  lebih 3 Bulan dengan nilai investasi pembangunan  senilai Rp 6.8 Milliar untuk 947 Potensi Pelanggan.

“Semoga dengan beroperasinya Jaringan Listrik ini dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat, Menumbuhkan Perekonomian,” pungkas Bambang.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

PLN Bakal Pasok Listrik Semen Tonasa

20151217-Sistem-Kelistrikan-Jakarta-AY
Perbesar
Pekerja tengah memasang Trafo IBT 500,000 Kilo Volt di Gardu induk PLN Balaraja, Banten, Kamis (16/12). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sebelumnya, PLN akan menjadi pemasok kebutuhan listrik PT Semen Tonasa, anak usaha dari PT Semen Indonesia dengan kapasitas 1 x 25 MW.

Komitmen ini dituangkan dalam penandatanganan Surat Perjanjian Jual Beli Tenaga Listrik (SPJBTL) yang dilakukan kedua belah pihak di kantor Pusat PLN, Selasa (16/3/2021).

Penandatanganan dilakukan oleh General Manager Wilayah Sulselarbar PLN Awaluddin Hafid bersama Direktur Utama, Semen Tonasa, Mufti Arimurti.

Acara ini disaksikan langsung oleh Komisaris Utama Semen Indonesia Rudiantara, Direktur Utama PLN Zulkifli Zaini, dan Direktur Produksi Semen Indonesia sekaligus Komisaris Utama Semen Tonasa Benny Wendry, serta disaksikan secara virtual oleh Wakil Menteri BUMN I Pahala Nugraha Mansury.

"Dengan adanya perjanjian ini maka PLN dan Semen Tonasa sepakat untuk melakukan kerja sama incentive captive milik Semen Tonasa sebesar 1 x 25 MW dan potensi saving yang didapatkan tentu saja menjadi lebih besar," ungkap Zulkifli dalam keterangannya, Rabu (17/3/2021).

Zulkifli menambahkan, PLN akan berfokus memberikan listrik yang andal seiring dengan fokus bisnis inti yang dilakuakan Semen Tonasa.

Sebelumnya, penyediaan tenaga listrik Semen Tonasa menggunakan pembangkit milik pribadi dan melalui layanan progresive captive power acquisition. Kedepannya pasokan listrik dialihkan menggunakan layanan PLN.

Sebagai informasi, melalui layanan Progresive Captive Power Acquisition yang dihadirkan PLN, pelanggan yang memiliki captive power untuk memenuhi kebutuhan listrik dapat beralih untuk mendapatkan pasokan listrik secara penuh melalui PLN.

"Kami ucapkan terimakasih kepada PLN, semoga kerja sama ini merupakan langkah awal upaya bersama yang akan memberikan nilai tambah bagi semua pihak. Kerja sama ini akan menambah ketahanan dan keandalan pasokan listrik bagi kami serta meningkatkan daya saing kami di tengah industri semen yang semakin meningkat," ujar Benny.

Dalam kerja sama ini, PLN juga menghadirkan benefit lebih kepada Semen Tonasa, antara lain pemberian Fly Ash dan Bottom Ash (FABA) dari PLTU Punagaya secara cuma-cuma selama 6 bulan.

Selain itu PLN juga melakukan bundling produk, yaitu StroomNet yang merupakan produk dari anak perusahaan PLN, ICON+ untuk memenuhi kebutuhan internet di Semen Tonasa.

Dalam kesempatan ini pula, PLN secara terbuka mengajak Semen Tonasa untuk menggunakan layanan Renewable Energy Certificate (REC) PLN dalam penyediaan tenaga listriknya untuk penggunaan energi yang lebih bersih.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya