Sukses

Harga Minyak Terhempas, Turun 7 Persen Akibat Memburuknya Virus Corona di Eropa

Turunnya harga minyak di tengah meningkatnya kekhawatiran tentang meningkatnya kasus Covid-19 di Eropa dan penguatan Dolar AS.

Liputan6.com, Jakarta Harga minyak mentah dunia jatuh pada hari kelima berturut-turut, membukukan penurunan terbesar satu hari sejak musim panas tahun lalu. Turunnya harga minyak di tengah meningkatnya kekhawatiran tentang meningkatnya kasus Covid-19 di Eropa dan penguatan Dolar AS.

Beberapa negara besar Eropa harus memberlakukan kembali lockdown karena beban kasus yang meningkat. Sementara program vaksinasi melambat karena kekhawatiran tentang efek samping dari vaksin AstraZeneca yang didistribusikan secara luas di Eropa.

Tercatat harga minyak mentah berjangka Brent turun USD 4,72 atau 6,9 persen menjadi USD 63,28 per barel. Sementara harga minyak mentah US West Texas International (WTI) turun USD 4,60 atau 7,1 persen menjadi USD 60 per barel.

Kedua kontrak turun lebih dari 11 persen sejak mencapai posisi tertinggi baru-baru ini pada 8 Maret. Penurunan lima hari berturut-turut adalah yang terpanjang untuk WTI sejak Februari 2020 dan untuk Brent sejak September 2020.

Itu terjadi setelah spekulan membangun posisi buy terbesar di CME- memperdagangkan minyak mentah berjangka AS dan opsi sejak 2018.

Setelah penutupan pasar, kedua patokan minyak mentah terus melemah, masing-masing merosot lebih dari USD 6 per barel atau 9 persen.

Adapun harga minyak pemanas dan bensin AS juga turun lebih dari 5 persen. "Skenario kasus terbaik untuk pemulihan permintaan telah diperhitungkan dalam pasar ini. Semua orang merayakan peluncuran vaksin dan pengurangan pembatasan," kata John Kilduff, mitra di Again Capital di New York seperti melansir laman businesstimes, Jumat (19/3/2021).

"Sekarang di Eropa, hampir sepenuhnya hilang. Penguncian di Polandia dan Italia menjadi inti dari seluruh narasi dan tesis pemulihan permintaan yang menaikkan harga," jelas dia.

 

 

Saksikan Video Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Program Vaksin Melambat

Perlambatan dalam program vaksinasi di Eropa dan prospek lebih banyak pembatasan untuk mengendalikan virus korona telah menurunkan ekspektasi untuk pemulihan penggunaan bahan bakar.

Inggris harus memperlambat peluncuran vaksin Covid-19 bulan depan karena krisis pasokan yang disebabkan penundaan pengiriman jutaan suntikan AstraZeneca dari India, dan kebutuhan untuk menguji stabilitas 1,7 juta dosis tambahan.

"Eropa melihat minggu ketiga berturut-turut meningkatnya kasus Covid-19 dan dengan rintangan vaksinasi yang masih ada," kata Edward Moya, Analis Pasar Senior di Oanda di New York.

Sejumlah negara Eropa telah menghentikan penggunaan suntikan AstraZeneca karena kekhawatiran tentang kemungkinan efek samping, meskipun Organisasi Kesehatan Dunia mengatakan Eropa harus terus menggunakan vaksin tersebut.

Persediaan minyak mentah AS naik untuk empat minggu berturut-turut setelah cuaca dingin yang parah di Texas dan bagian tengah negara itu pada Februari memaksa penutupan di kilang.

Pedagang mengatakan stok bisa tumbuh lebih lanjut setelah WTI pada 12 Maret beralih dari mundur ke contango, di mana kontrak bulan depan lebih murah daripada bulan kedua.

Sementara itu, premi bulan depan Brent selama bulan kedua adalah yang terendah sejak awal Februari.

Kenaikan dolar AS juga berkontribusi pada aksi jual minyak. Dolar yang lebih kuat membuat minyak lebih mahal bagi pemegang mata uang lainnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.