Sukses

Wamendag Pacu Kinerja Sistem Resi Gudang Jawa Tengah

Wamendag Jerry Sambuaga dan Gubernur Ganjar Pranowo mengumpulkan 11 Bupati di Jawa Tengah untuk memacu kinerja Sistem Resi Gudang (SRG)

Liputan6.com, Jakarta Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga dan Gubernur Ganjar Pranowo mengumpulkan 11 Bupati di Jawa Tengah untuk memacu kinerja Sistem Resi Gudang (SRG). SRG adalah sistem logistik yang diarahkan untuk menjadi buffer dalam sistem perdagangan.

SRG berfungsi menyerap komoditas bahan pokok masyarakat saat terjadi panen raya sehingga harganya tidak turun dan sebaliknya menjual produknya ketika terjadi penurunan pasokan sehingga harganya tidak melonjak tajam.

Baik produsen yaitu petani dan peternak maupun konsumen mendapatkan manfaat berupa harga yang wajar dan tidak fluktuatif. Ini memberikan kepastian usaha bagi ekonomi masyarakat sehingga mereka bisa berproduksi secara berkelanjutan.

Beberapa Daerah di Jawa Tengah punya cerita sukses dengan SRG, yaitu Wonogiri untuk produk beras dan Brebes untuk produk bawang merah. Namun masih ada beberapa Daerah yang diberikan bantuan gudang oleh pemerintah pusat belum optimal kinerjanya. Karena itulah Jerry berkolaborasi dengan Ganjar.

“Peran Kepala Daerah sangat besar. Karena itu, dengan bantuan Pak Ganjar kita kumpulkan para bupati agar SRG di daerah mereka yang belum berfungsi sebagaimana mestinya bisa kita berdayakan,” kata Jerry, Kamis (18/3/2021).

Selain Wonogiri dan Brebes, SRG lain di Jawa Tengah ada di 11 kabupaten. Mereka rata-rata menggarap komoditas kebutuhan pokok seperti beras, cabai, dan jagung.

Beberapa daerah mulai mengembangkan ke produk lain. Purwodadi misalnya mulai melirik komoditas kedelai yang permintaan pasarnya besar dan terus meningkat. Sementara Wonogiri mulai membuka wacana untuk mengelola empon-empon yang menopang industri jamu khas Jawa Tengah.

Kementerian Perdagangan sendiri hingga Maret 2021 ini telah menerbitkan 392 resi gudang senilai Rp 76,4 miliar. Nilainya diharapkan meningkat sekitar 7 persen pada tahun ini. Untuk itu, upaya-upaya menggenjot peran stake holder terus dilakukan.

Beberapa waktu lalu misalnya, Wamendag Jerry Sambuaga menggandeng BRI untuk makin intensif terjun di SRG. BRI memang banyak terlibat dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat. Bank lain di Jawa Tengah yang turut berkolaborasi dengan SRG adalah Bank Jateng dan Bank BJB Tandamata.

“Kita senang, perbankan makin terlibat dalam SRG. Sistem resi gudang ini memang punya prospek cerah bukan hanya di sisi sosial tetapi juga dari sisi bisnis. Jika dikelola dengan benar, maka aset ekonomi yang dikelola sangat besar karena menyangkut konsumsi keseharian masyarakat,” tambah Wamendag.

Selain dengan perbankan, Kemendag juga bekerja sama dengan lembaga lain seperti Bulog dan PTPN. Kedua BUMN tersebut memang dikenal punya instalasi gudang dan mekanisme produksi dan perdagangan yang berkaitan dengan kebutuhan pokok.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Peresmian Gudang SRG

Setelah pagi harinya mengumpulkan para bupati di Semarang, Wamendag langsung menuju ke Brebes untuk meresmikan gudang SRG untuk bawang merah.

SRG di Brebes ini dilengkapi dengan tekhnologi controlled atmosphere system (CAS) yang berguna untuk mengendalikan mutu pasca panen bawang merah. Dampaknya, masyarakat tidak mengalami penurunan harga yang berarti kala produknya disimpan di SRG.

“Mutu produk sangat tejaga dengan tekhnologi CAS jadi harganya tak turun. Bahkan karena SRG melepas produk saat terjadi penurunan supply di pasar, harganya tetap bagus dan menguntungkan petani,” kata Jerry.

Bupati Brebes Idza Priyanti bergembira dengan peluncuran gudang SRG ini. Ia berterima kasih atas bantuan kemendag dan berharap bisa ditingkatkan. Menurutnya, SRG akan mendukung upaya Brebes mempertahankan status sebagai pemasok bawang merah utama nasional.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.