Sukses

Baru Mulai Investasi, Ketahui Dulu Istilah Berikut

Investasi adalah cara terbaik untuk meningkatkan sisi finansial seseorang. Kini, banyak investasi yang bisa dilakukan. Mulai dari investasi emas, reksadana, sampai saham.

Liputan6.com, Jakarta Investasi adalah cara terbaik untuk meningkatkan sisi finansial seseorang. Kini, banyak investasi yang bisa dilakukan. Mulai dari investasi emas, reksadana, sampai saham. 

Namun, sebelum Anda memutuskan untuk berinvestasi, ada baiknya mengenal alur dan cara kerja investasi yang dipilih. 

Mulai dari investasi properti, emas, Saham, Reksa Dana, Valuta Asing, Obligasi dan sebagainya. Nah, biar Anda tak salah kaprah alangkah baiknya mengenal istilah-istilah berikut ini. 

Investasi 

Seperti yang dijelaskan di atas, investasi adalah solusi untuk meningkatkan keuntungan finansial Anda. 

Atau bisa dibilang investasi merupakan aktivitas menempatkan modal atau dana seseorang yang berupa uang ke dalam benda, lembaga atau dengan suatu pihak untuk mendapatkan keuntungan dalam waktu tertentu. 

Selain keuntungan, investasi juga terdapat risiko kerugian. Hal itu memiliki banyak faktor, tergantu jenis investasi yang Anda jalankan. 

Sebagai contoh, jika Anda memilih investasi emas dengan membeli 1 gram Rp 600 ribu pada tahun ini, jika disimpan, harga emas bisa meningkat, mungkin sampai Rp800 ribu per gram. 

AUM

Asset Under Management merupakan bagian dari investasi. istilah yang disingkat AUM ini, merupakan total nilai pasar dari investasi yang dikelola seseorang atau enititas. 

Dalam penjelasannya, perhitungan AUM beberapa lembaga keuangan memasukkan deposito bank, reksa dana, dan uang tunai dalam perhitungannya. 

Jadi, bisa dibilang AUM adalah salah satu aspek yang digunakan dalam mengevaluasi perusahaan atau investasi. 

AUM menjadi sangat penting karena manajemen perusahaan akan memantau AUM karena berkaitan dengan strategi investasi dan aliran produk investor dalam menentukan kekuatan perusahaan. 

Selain itu, AUM dapat membantu investor mendapatkan indikasi ukuran operasi perusahaan terhadap pesainyan. AUM uga dapat menjadi pertimbangan untuk pembiayaan. 

Nilai Aktiva Bersih (NAB)

Istilah Nilai Aktiva Bersih (NAB) adalah nilai yang menggambarkan total kekayaan bersih reksa dana setiap harinya jika diartikan secara sederhana. Dalam bahasa Inggris, NAB dikenal juga dengan istilah Net Asset Value (NAV).

NAB dalam investasi reksa dana sendiri selalu berubah setiap harinya dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti transaksi pembelian dan penjualan reksa dana, harga pasar, hingga perubahan dana kelolaan.

Kalau sudah begitu, Anda tinggal pilih deh jenis investasi yang akan Anda jalani. Kini berinvestasi sudah mudah dengan berbagai platform yang ditawarkan. Ada banyak platform investasi yang tersedia dan dapat membantu Anda belajar sambil langsung memulai investasi. Salah satunya Tokopedia. Di sana Anda bisa investasi emas dan reksa dana. 

Dengan mengetahui istilah – istilah di atas, setidaknya Anda sudah mengenal lebih banyak mengenai investasi dan bahasa keuangan. 

Yuk, mulai investasi

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini