Sukses

Genap Setahun, Sandiaga Uno Akui Manfaat Luar Biasa Kartu Prakerja

Kartu Prakerja yang kini telah berjalan selama 1 tahun.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengapresiasi program Kartu Prakerja yang kini telah berjalan selama 1 tahun. Dia pun berterimakasih pada program yang telah memberi banyak manfaat bagi masyarakat di tengah krisis pandemi Covid-19.

"Selamat ulang tahun program kartu prakerja. Terimakasih telah menjadi manfaat yang luar biasa bagi masyarakat Indonesia," ujar Sandiaga Uno dalam video Instagram pada akun @prakerja.go.id, dikutip Kamis (18/3/2021).

Dia pun berharap program Kartu Prakerja yang telah berjalan hingga gelombang 14 ini dapat memberi kesempatan bagi masyarakat untuk memulai langkahnya menjadi seorang pengusaha.

"Hadirnya program Kartu Prakerja telah membuka lebar akses masyarakat untuk meningkatkan keahlian dan beragam pelatihan dari ratusan lembaga mitra," ujar Sandiaga Uno.

Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta ini pun ingin peserta Kartu Prakerja dapat mengikuti jejaknya menjadi seorang pengusaha besar yang merintis usaha dari nol.

"Saya sendiri diberi kesempatan oleh Rumah Siap Kerja, perusahan rintisan yang saya terlibat dari awal untuk berbagi pengalaman ketika dulu saya merintis usaha menjadi seorang pengusaha muda. Dari nol hingga saat ini perusahaan kami sedang membuka lapangan kerja bagi 30 ribu karyawan," tuturnya.

"Ayo, manfaatkan program Kartu Prakerjamu untuk belajar memulai usaha dan ciptakan lapangan kerjamu sendiri. Sukses guys, siap kerja, siap usaha," imbuh Sandiaga Uno.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

600 Ribu Peserta Lolos Kartu Prakerja Gelombang 14 Diumumkan, Buruan Cek SMS

Manajemen Pelaksana (PMO) Kartu Prakerja telah mengumumkan 600 ribu peserta yang lolos pada gelombang 14 melalui SMS. Peserta lolos akan segera dikucurkan dana sebesar Rp 1 juta untuk mengikuti pelatihan dalam program tersebut.

"Saat ini, kami sedang mengirimkan dana ke akun Prakerja Sobat secara bertahap. Bila dananya belum tersedia, silakan cek kembali akun Prakerja Sobat secara berkala, ya," tulis akun Instagram @prakerja.go.id, dikutip Kamis (18/3/2021).

Adapun uang Rp 1 juta tersebut akan jadi bekal bagi peserta Kartu Prakerja gelombang 14 mengikuti pelatihan. Berikut langkah mengikuti pelatihan dengan Kartu Prakerja:ㅤㅤ

1. Cek dashboard akun Prakerja untuk memastikan dana pelatihan sudah tersedia

2. Bandingkan pelatihan di Bukalapak, Mau Belajar Apa, Pintaria, Pijar Mahir, Sisnaker, Sekolahmu, atau Tokopedia

3. Pilih pelatihan sesuai kebutuhanmu

4. Beli pelatihan dan bayar dengan Nomor Kartu Prakerja

5. Batas waktu pembelian pelatihan adalah 30 hari sejak menerima SMS pengumuman. Bila lewat dari waktu tersebut, maka kepesertaan akan dicabut

"Bantuan Kartu Prakerja tidak diberikan dalam bentuk kartu fisik. Karena itu, Sobat akan mendapatkan Nomor Kartu Prakerja yang dapat digunakan untuk membeli pelatihan," tulis PMO Kartu Prakerja. 

3 dari 3 halaman

Dana Insentif

Selain uang Rp 1 juta, peserta lolos Kartu Prakerja gelombang 14 nantinya juga akan menerima dana insentif pasca-pelatihan Rp 2.400.000 yang akan diberikan sebesar Rp 600 ribu selama 4 bulan. Peserta juga bakal mendapatkan Rp 150 ribu untuk pengisian 3 kali survei.

Peserta Kartu Prakerja gelombang 14 juga diminta untuk memilih pelatihan dengan seksama. Sebab, kesempatan untuk mengikuti program Kartu Prakerja hanya dibuka sekali untuk satu orang.

"Jika mengalami kesulitan saat membeli pelatihan, Sobat dapat menghubungi contact center Mitra Platform Digital Resmi Kartu Prakerja pilihan Sobat," imbuh PMO Kartu Prakerja. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.