Sukses

7 Jurus Berbelanja dengan Bijak biar Kantong Tak Jebol

Jika Anda termasuk orang yang suka berbelanja secara royal, berhati-hatilah. Jangan sampai penyesalan datang ketika kantong Anda kosong.

Liputan6.com, Jakarta Dompet kosong memang menjadi sesuatu hal yang tidak sedap dipandang seperti wajah yang memiliki bekas luka. Jika Anda termasuk orang yang suka berbelanja secara royal, berhati-hatilah. Jangan sampai penyesalan datang ketika kantong Anda kosong.

Melansir dari laman magforwoman, Jumat (19/3/2021), ada banyak cara untuk berbelanja dengan uang namun tetap dengan cara yang bijak.

1. Buat anggaran harian

Rajin menuliskan pendapatan dan pengeluaran dapat memberikan gambaran yang sangat gamblang ketika ada yang tidak beres.

Namun biasanya ketika Anda memiliki dana dan berbelanja, sama sekali tidak ada petunjuk ke mana uang mengalir. Hal itu biasanya terjadi karena terlena untuk berbelanja sampai lupa mencatatnya.

Tetaplah rajin untuk membuat anggaran setiap hari tanpa terlewatkan satu hari pun untuk hasil terbaik.

2. Tidak membeli secara impulsif

Kebanyakan orang akhirnya membeli banyak barang yang sebenarnya tidak mereka butuhkan. Meskipun sulit untuk melawan godaan untuk membeli barang tersebut, tanyakan pada diri Anda beberapa pertanyaan penting.

Jangan membeli barang hanya karena tertarik pada tampilannya. Bawa mereka pulang dan ada kemungkinan ada alternatif lain di rumah, maka itu akan mendatangkan penyesalan. Jadi pikirkan sebelum Anda mengeluarkan uang atau menggesek kartu atm.

Saksikan Video Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Perhatikan penawaran dan diskon

Keluar dan berbelanja hanya selama musim obral dan saat tempat belanja langganan Anda mengumumkan penawaran. Ada lebih banyak yang dapat dibeli dengan harga yang rendah namun berkualitas baik daripada membeli barang yang sama dengan harga lebih tinggi.

Tapi Anda harus menunggu dengan sabar. Hal-hal hebat datang kepada orang-orang yang menunggu.

4. Riset sebelum membeli

Sering kali, produk yang Anda pilih untuk dibeli tersedia di lebih dari satu tujuan. Mengambilnya dari tempat pertama yang dikunjungi mungkin bukan pilihan yang bagus tanpa mengetahui tentang penawarannya di tempat lain.

Ini berlaku terutama ketika Anda harus melakukan pembelian dalam jumlah besar. Bandingkan merek, harga, dan kualitas sebelum memusatkan perhatian pada satu merek.

Ini bahkan tidak membebani waktu, perjalanan atau uang karena internet dapat membawa banyak hal dari ujung jari Anda.

3 dari 3 halaman

5. Tetap berpegang pada daftar belanja

Banyak wanita yang hebat dalam membuat daftar barang yang akan dibeli tetapi jarang dalam menunjukkan kedisiplinan untuk menaatinya. Oleh karena itu, ketika Anda masuk ke sebuah toko, pergilah hanya ke bagian-bagian tempat yang perlu saja.

Lewati lorong lain untuk menghindari godaan. Dan yang lebih penting, jangan pergi berbelanja kemana pun tanpa daftar.

6. Mendaur ulang

Terkadang, barang lama yang disimpan bisa berguna di lain waktu. Mantel yang elegan dapat diubah menjadi rompi trendi atau beberapa bunga rajutan dapat menghiasi ikat kepala atau aksesori lainnya.

Selain membuat waktu Anda berharga, daur ulang juga baik untuk kantong dan lingkungan.

7. Buat dana darurat

Pastikan selalu memasukkan sebagian besar uang ke dalam dana ini saat menerima gaji. Dengan cara ini, Anda dibiarkan menangani pengeluaran bulanan dengan sisa yang ada dalam pikiran. Maka dari itu tidak lagi ada dana yang digunakan untuk membuat pengeluaran yang tidak perlu.

Menghemat uang dengan membelanjakannya secara bijak adalah sebuah seni. Meski sulit jika Anda orang yang boros, bukan tidak mungkin. Jadi bertindaklah bijak untuk masa depan yang aman secara finansial.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.