Sukses

Gandeng Perusahaan India, Indika Energy Bangun PLTS Senilai Rp 7 Triliun

Indika Energy memastikan tidak lagi bertumpu kepada revenue dari batu bara, tapi beralih pada energi terbarukan.

Liputan6.com, Jakarta - Dalam 5 tahun kedepan, PT Indika Energy Tbk memastikan tidak lagi bertumpu kepada revenue dari batu bara, tapi beralih pada energi terbarukan.

Transformasi itu antara lain direalisasikan dalam bentuk kerjasama PT Indika Energy Tbk dan Fourth Partner Energy (4PEL) untuk menggarap bisnis tenaga surya di Indonesia. Kongsi tersebut melahirkan perusahaan baru bernama PT Empat Mitra Indika Tenaga Surya (EMITS).

Direktur Utama Indika Energy, Arsjad Rasjid mengatakan, EMITS akan menggabungkan kompetensi Fourth Partner Energy dalam membangun dan mengoperasikan lebih dari 550 MW pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) di India dan sejumlah negara lainnya. Dengan estimasi kurs Rp14.000 per dolar AS, nilai investasi EMITS setara dengan Rp 7 triliun.

Menurut Arsjad Rasjid, kerja sama dengan Fourth Partner Energy juga merupakan wujud komitmen perusahan dalam mendukung upaya pemerintah dalam mencapai target bauran Eenergi Baru Terbarukan (EBT) sebesar 23 persen pada tahun 2025.

Suka tidak suka, menurut dia, saat ini Indonesia masih bertumpu pada gas dan batu bara. Namun tidak ada kata terlambat untuk beralih ke energi terbarukan. Selain solar energy, hutan tanaman energi juga menjadi obsesi bisnis kelompok usaha Indika.

“Memang take time. Tapi harus dimulai, supaya mengurangi ketergantungan terhadap batu bara,” tuturnya dikutip Senin (15/3/2021). 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bioenergi

Menurut Arsjad, program pengembangan bioenergi berbasis hutan energi merupakan upaya pencadangan kawasan hutan produksi yang khusus diperuntukan untuk pembangunan hutan energi sebagai sumber bahan baku bio energi. Indonesia memiliki banyak pohon yang bisa dijadikan sumber bahan baku bio energi.

Calon Ketua Umum Kadin Periode 2021-2026 ini berbagi kiat sukses. Menurutnya, bisnis itu harus memikirkan social impact. Dia lebih suka menyebutnya sustainability program daripada Corporate Social Responsibility (CSR). Prinsipnya, semaksimal mungkin memanfaatkan sumber daya lokal.

“Kita beli baju seragam kerja dari home industry setempat. Makanan karyawan pun beli dari penduduk setempat, ukm tumbuh, dan mereka menjadi bagian dari Indika,” jelasnya.

“Konsep ekonomi Indonesia adalah ekonomi gotong royong. Konsep bisnis yang mengedepankan sosial enterprise. Muhamadyah. Misalnya, buat perusahaan, sekaligus mendirikan Yayasan,” ujarnya.

Menurut lulusan Pepperdine University, Malibu California, Amerika Serikat (AS) ini, gagasan besar social enterprise diimplementasikan menjadi Indika Foundation. Sebuah institusi wirausaha sosial yang memperjuangkan toleransi, pemberdayaan kaum muda dan dialog antaragama. Di lembaga ini berkumpul individu-individu yang berpikiran maju dan tergerak untuk mengeksplorasi ide-ide untuk menjadikan Indonesia lebih baik.

“Kedepan kata Energy dalam brand Indika Energy, bermakna energi untuk Indonesia,” pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.