Sukses

Yuk Ikut Kuis Kartu Prakerja, Total Hadiah Hingga Rp 10 Juta

Manajemen Program Kartu Prakerja menggelar kuis wawasan umum tentang pelaksanaan Kartu Prakerja yang terbuka untuk publik.

Liputan6.com, Jakarta - Manajemen Program Kartu Prakerja menggelar kuis wawasan umum tentang pelaksanaan Kartu Prakerja yang terbuka untuk publik.

Total hadiah yang ditawarkan dalam kuis Kartu Prakerja ini berupa saldo rekening atau e-wallet mencapai Rp 10 juta untuk 40 orang pemenang.

"Kuis ini terbuka untuk publik, baik peserta maupun bukan peserta Kartu Prakerja. Hati-hati terhadap penipuan. Kompetisi ini tidak dipungut biaya apa pun," demikian dikutip Liputan6.com dari laman Instagram resmi Kartu Prakerja, Senin (15/3/2021).

Adapun, kuis dimulai pada Minggu (14/3/2021) dengan 4 sesi, yaitu pukul 09.00 WIB, 12.00 WIB, 15.00 WIB, dan 18.00 WIB.

Untuk berpartisipasi, langkahnya cukup mudah. Masyarakat cukup mengikuti akun instagram @prakerja.go.id, kemudian langsung menjawab pertanyaan di kolom komentar postingan instagram Kartu Prakerja @prakerja.go.id yang bertanda "Kuisnya Kartu Prakerja".

Ada 4 pertanyaan yang harus dijawab:

1. Berapakah besar total manfaat dari Kartu Prakerja?

2. Siapakah pihak yang dilarang menerima Kartu Prakerja?

3. Berapa banyak pendaftar Kartu Prakerja sepanjang 2020?

4. Pada tanggal berapa program Kartu Prakerja pertama diumumkan?

Masyarakat bisa menemukan informasi dasar ini di laman resmi Kartu Prakerja, www.prakerja.go.id. Sertakan pula hashtag #KuisnyaKartuPrakerja saat menjawab di kolom komentar.

Namun, batas waktu kuisnya berakhir hari ini. Pemenangnya akan diumumkan pada Selasa (16/3/2021) melalui akun Instagram @prakerja.go.id.

"Setiap pemenang akan mendapatkan hadiah berupa saldo rekening atau e-wallet senilai Rp 250 ribu," demikian dikutip Liputan6.com dari akun resmi Kartu Prakerja tersebut.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Selalu Gagal Seleksi Kartu Prakerja? Ini Alasannya

Manajemen Pelaksana (PMO) telah membuka pendaftaran pogram Kartu Prakerja gelombang 14 sejak Kamis (11/3/2021) pukul 12.00 WIB. Kuota untuk seleksi kali ini masih sama dengan gelombang sebelumnya, yakni 600 ribu orang.

Selama pembukaan gelombang 1-13, masih ada beberapa pendaftar yang selalu gagal lolos seleksi. Lalu bertanya-tanya, kenapa selalu gagal mendaftarkan diri ke program Kartu Prakerja.

Head of Communications Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja Louisa Tuhatu mengatakan, salah satu alasan calon peserta gagal mendaftar yakni karena masing-masing gelombang memiliki kuota tertentu yang tidak selalu sebanding dengan jumlah pendaftar.

"Ada juga yang tidak lolos seleksi hanya semata karena jumlah pendaftar yang jauh melebihi kuota yang tersedia," kata Louisa kepada Liputan6.com, Jumat (12/3/2021).

Selain itu, dia menyampaikan, pihak manajemen juga melarang masyarakat yang telah mendapat insentif atau bantuan sosial (bansos) lain dari pemerintah untuk ikut Kartu Prakerja.

Louisa menyatakan, pihaknya mulai gelombang 14 Kartu Prakerja ini akan memberikan notifikasi kepada peserta yang tidak lolos seleksi karena nomor induk kependudukan (NIK) atau KTP-nya masuk dalam daftar terlarang.

"Ini termasuk NIK yang terdaftar sudah menerima bansos lain yaitu DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial), BSU (Bantuan Subsidi Upah/Gaji) dan BPUM (Bantuan Produktif Usaha Mikro)," ujarnya.

3 dari 3 halaman

Ayo Daftar Kartu Prakerja Gelombang 14

Sebelumnya, Pemerintah kembali membuka gelombang ke-14 Program Kartu Prakerja. Pembukaan program ini telah berlangsung sejak Kamis 11 Maret 2021,pukul 12.00 WIB.

Sebelumnya, peserta yang berhasil lolos Kartu Prakerja Gelombang 13 juga sudah diumumkan. "(Kartu Prakerja) Gelombang 14 telah dibuka. Segera Ikut seleksi di www.prakerja.go.id," dikutip dari akun Instagram @prakerja.go.id, seperti dikutip Jumat (12/3/2021).

Jika berminat untuk ikut seleksinya, bisa langsung mengunjungi situs resmi Kartu Prakerja hanya di www.prakerja.go.id untuk membuat akun dan mengikuti seleksi Kartu Prakerja.

"Bagi Sobat yang akunnya sudah diveriflkasi, jangan lupa untuk login dan klik 'Gabung' ke Gelombang 14 agar dapat masuk ke tahap seleksi," lanjut akun tersebut.

Sebelum mengikuti seleksi Kartu Prakerja, ada 3 persyaratan yang harus diperhatikan bagi yang minat ikut. Syaratnya, yaitu:

1. Warga Negara Indonesia

2. Berusia diatas 18 tahun

3. Tidak sedang sekolah/kuliah 

Cara Ikut Seleksi Kartu Prakerja:

1. Buka www.prakerja.go.id pada browser handphone atau komputer kamu

2. Siapkan nomor Kartu Keluarga serta NIK kamu, masukkan data diri, dan ikuti petunjuk pada Iayar untuk menyelesaikan proses pembuatan akun

4. Siapkan kertas dan alat tulis untuk mengikuti Tes Motivasi dan Kemampuan Dasar secara online

5. Klik Gabung pada Gelombang yang sedang dibuka

6. Nantikan pengumuman peserta yang Iolos seleksi Gelombang melalui SMS

Informasi lengkap seputar pendaftaran dapat dibaca di www.prakerja.go.id/faq 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.