Jatah Vaksin untuk Opang dan Ojol Tunggu dari Sentra Vaksinasi Bersama di Istora

Oleh Maulandy Rizki Bayu Kencana pada 11 Mar 2021, 14:00 WIB
Diperbarui 11 Mar 2021, 14:00 WIB
FOTO: Atlet, Pelatih, dan Tenaga Pendukung Jalani Vaksinasi COVID-19 di Istora Senayan
Perbesar
Petugas melakukan pendataan saat program vaksinasi COVID-19 kepada para atlet di Istora Senayan, Jakarta, Jumat (26/2/2021). Sebanyak 5.000 atlet diprioritaskan karena mereka dijadwalkan mengikuti beberapa kejuaraan single event maupun multievent dalam waktu dekat. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi tengah mempersiapkan program vaksinasi untuk kru transportasi seperti ojek pangkalan (opang), ojek online (ojol) hingga pilot. Rencananya, itu akan dimulai Selasa (16/3/2021) pekan depan di kawasan Gambir, Jakarta Pusat.

"Saya dalam kesempatan ini minta kepada pak Presiden (Jokowi), juga sudah mengirim surat kepada Menkes (Budi Gunadi Sadikin). Tahap pertama ini kita menargetkan sejumlah yang akan kita lakukan minggu depan. Insya Allah mungkin Selasa atau Rabu di Gambir," kata Menhub Budi di Kantor Pusat Kemenhub, Jakarta, Kamis (11/3/2021).

Dikatakan Menhub, penyuntikan untuk opang dan ojol ini juga dilakukan sembari menunggu jatah vaksin dari Kementerian BUMN, yang telah melakukan program Sentra Vaksinasi Bersama Covid-19 di Istora Senayan.

"Sebagian lagi kami mendapat jatah dari Kementerian BUMN. Terimakasih Pak Erick sudah memberikan jatah kepada kami," ujar Menhub Budi.

Pelaksanaan vaksinasi untuk kru transportasi ini dilakukan lantaran pergerakan sektor tersebut dinilainya jadi salah satu potensi titik tular terbesar.

"Kalau kita sudah menyelesaikan titik tular, satu sisi pekerja transportasi ini dia confident dan melaksanakan dengan tulus, dia juga tidak menjadi faktor perantara untuk penularan ke tempat yang lain," ungkapnya.

 

**Ibadah Ramadan makin khusyuk dengan ayat-ayat ini.

2 dari 3 halaman

Percepatan Vaksinasi

FOTO: Atlet, Pelatih, dan Tenaga Pendukung Jalani Vaksinasi COVID-19 di Istora Senayan
Perbesar
Seorang atlet disuntik vaksin COVID-19 oleh petugas di Istora Senayan, Jakarta, Jumat (26/2/2021). Sebanyak 5.000 atlet diprioritaskan karena mereka dijadwalkan mengikuti beberapa kejuaraan single event maupun multievent dalam waktu dekat. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Selain itu, ia menambahkan, percepatan program vaksinasi tersebut bisa memberikan rasa percaya diri kepada masyarakat yang anti disuntik dan menganggap pemberian vaksin itu tidak perlu.

Oleh karenanya, Menhub Budi juga menunggu kabar pengiriman jatah dari Istora Senayan agar program vaksinasi kru transportasi bisa segera dilakukan.

"Saya meyakini bahwa ini sangat perlu. Jadi Selasa atau Rabu kita akan lakukan di Gambir. Yang jatah dari BUMN di Istora nanti kita tunggu kabar. Kita sudah ada perencanaan dan akan segera lakukan," pungkasnya.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓