Sukses

Buruan Cek SMS, Penerima Kartu Prakerja Gelombang 13 Sudah Diumumkan

Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja sudah mengumumkan penerima Kartu Prakerja Gelombang 13.

Liputan6.com, Jakarta - Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja sudah mengumumkan penerima Kartu Prakerja Gelombang 13. Hal ini diketahui dari pengumuman yang diunggah di akun Instagram @prakerja.go.id.

Pengumuman penerima disampaikan melalui SMS. Pendaftaran peserta Program Kartu Prakerja gelombang 13 telah ditutup pada Minggu (7/3/2021).

"Selamat bagi sobat yang telah mendapatkan SMS pengumuman sebagai penerima Kartu Prakerja Gelombang 13," demikian keterangan yang tertulis pada Rabu (10/3/2021).

Selain itu, pihak Kartu Prakerja juga mengungkapkan langkah untuk mengikuti pelatihan dengan Kartu Prakerja. Berikut rinciannya:

1. Cek dashboard akun Prakerja untuk memastikan dana pelatihan sudah tersedia

2. Bandingkan pelatihan di Bukalapak, Mau Belajar Apa, Pintaria, Pijar Mahir, Sisnaker, Sekolahmu, atau Tokopedia

3. Pilih pelatihan sesuai kebutuhanmu

4. Beli pelatihan dan bayar dengan Nomor Kartu Prakerja

5. Batas waktu pembelian pelatihan adalah 30 hari sejak menerima SMS pengumuman. Bila lewat dari waktu tersebut, maka kepesertaan akan dicabut.

Pengiriman Dana Bertahap

"Bantuan Kartu Prakerja tidak diberikan dalam bentuk kartu fisik. Karena itu, Sobat akan mendapatkan Nomor Kartu Prakerja yang dapat digunakan untuk membeli pelatihan," demikian keterangan yang tertulis.ㅤ

Pengiriman dana ke akun Prakerja sedang dilakukan secara bertahap. Bila dananya belum tersedia, peserta Kartu Prakerja diminta untuk mengecek akunnya secara berkala.

"Jika mengalami kesulitan saat membeli pelatihan, Sobat dapat menghubungi contact center Mitra Platform Digital Resmi Kartu Prakerja pilihan Sobat," tulis akun @prakerja.go.id.

 

**Ibadah Ramadan makin khusyuk dengan ayat-ayat ini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Berkali-kali Daftar Peserta Kartu Prakerja Tak Lolos, Harus Apa?

Program Kartu Prakerja telah memasuki gelombang 13 yang resmi ditutup pada Minggu (7/3/2021). Saat ini, peserta masih menunggu hasil pendaftaran Kartu Prakerja yang mereka ikuti.

Kuota pendaftaran Kartu Prakerja untuk gelombang ini masih sama dengan sebelumnya yaitu 600 ribu orang.

Ternyata, banyak peserta yang telah berkali-kali mendaftar mengaku tak kunjung lolos program Kartu Prakerja ini.

Jangan khawatir, ternyata masyarakat diperbolehkan terus mencoba ikut Kartu Prakerja hingga bisa lolos alias tidak ada batasan.

Ini seperti mengutip penjelasan manajeman Kartu Prakerja melalui akun instagram resminya @prakerja.go.id, Selasa (9/3/2021).

"Jika belum pernah lolos seleksi, kamu bisa tetap ikut gabung di gelombang berikutnya, ya," jelas admin akun tersebut.

Dijelaskan pula bagi peserta yang sudah mendaftarkan akun dan ingin ikut gelombang berikutnya hanya tinggal login menggunakan email yang sudah terdaftar.

Kemudian klik 'gabung' di dashboard di www.prakerja.go.id untuk kembali mencoba ikut seleksi pada gelombang berikutnya saat dibuka kembali.

Sementara bagi yang sudah pernah lolos Program Kartu Prakerja tidak diperbolehkan ikut kembali demi memberikan kesempatan kepada yang lain.

Terdapat 2 cara mengecek kelolosan Prakerja, yaitu melalui SMS atau memantau lewat dashboard.

1. SMS

Proses pengumuman peserta lolos kartu prakerja pertama adalah lewat pesan singkat. Peserta Kartu Prakerja akan mendapatkan notifikasi melalui SMS.

Sebab itu, peserta diminta memasukkan nomor telepon aktif saat mendaftar pembuatan akun. Oleh karena itu, pastikan nomor telepon yang dimasukkan saat mendaftarkan akun telah benar dan masih aktif.

2. Lewat www.prakerja.go.id

Peserta yang ingin mengetahui lolos atau tidak, bisa login ke akun di www.prakerja.go.id, kemudian cek dashboard. Melihat nomor Kartu Prakerja dan status saldo pada dashboard akun.

Jika lolos, akan muncul keterangan berikut. "Dana insentif kamu diberikan setelah penyelesaian pelatihan, bila belum ada dana yang ditransfer 7x24 jam Hubungi CS".

Akan tetapi, jika tidak lolos, akan ada keterangan "Kamu Belum Berhasil" di dashboard akun.

Patut diingat jika peserta yang tidak lolos masih berkesempatan mendaftar ke gelombang Prakerja selanjutnya. Dengan tidak lagi memasukkan semua data, seperti saat pertama kali membuat akun Prakerja.

3 dari 3 halaman

7 Tahapan

Mengutip keterangan di laman www.prakerja.go.id, program Kartu Prakerja memiliki 7 tahapan.

Pertama, masuk ke situs prakerja.go.id dan buat akun dengan data diri. Tahapan kedua, calon peserta mengikuti proses seleksi.

Pada tahapan ini, peserta harus mengikuti tes motivasi dan kemampuan dasar untuk bisa bergabung ke gelombang pendaftaran dan menunggu pengumuman hasilnya.

Setelah itu, peserta sampai ke tahapan pilih pelatihan. Dalam hal ini, peserta memilih pelatihan di mitra platform digital resmi, dan bayar dengan Kartu Prakerja.

Mitra platform digital Kartu Prakerja yang tercantum di situs resminya adalah Tokopedia, Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker), Bukalapak, Pintaria, Pijar, Mau Belajar Apa, dan Sekolah.mu.

Selanjutnya, peserta mengikuti pelatihan. Dalam tahap keempat ini, peserta harus menyelesaikan pelatihan online dan mendapatkan sertifikat elektronik.

"Tahapan kelima adalah memberi ulasan dan rating. Berikan ulasan dan rating terhadap pelatihan kamu," demikian keterangan di laman prakerja.go.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.